Biografi  Hebat Seorang Recep Tayyip Erdogan Beserta Fakta Seputar Erdogan

April 5, 2019

Recep Tayyip Erdogan merupakan seorang pemimpin Turki. Seorang pemimpin yang terlahir di Istanbul sekitar 64 tahun yang lalu. Sejarah mencatat, Erdogan termasuk salah satu pemimpin dunia yang cukup disegani. Terjun ke dunia politik secara serius membuat nama Erdogan sampai detik ini masih berkibar dan masih disegani oleh lawan politiknya. Bagi lawan politiknya, nama Erdogan masih sangat diperhitungkan. Bukan hanya pada kancah politik dalam negeri saja, akan tetapi di Luar Negeri cukup diperhitungkan. Karir politik Erdogan terbilang cukup mulus sehingga menjadi presiden menjadi sebuah prestasi yang mengagumkan baginya. Pemimpin kelahiran Istanbul tersebut mampu menunjukkan diri untuk terus berprestasi sepanjang usia.

Biografi Hebat Seorang Recep Tayyip Erdogan Pemimpin Hebat Dunia

Bagi penggemar Erdogan, sangat layak untuk lebih memahami mengenai pemimpin Muslim terkuat di Dunia melalui Biografi Hebat Seorang Recep Tayyip Erdogan. Ada beberapa hal menarik mengenai seorang Erdogan yang layak diketahui orang banyak sepanjang perjalanan hdupnya:

  • Terlahir tanggal 26 Februari sekitar 64 tahun lalu termasuk seorang yang berasal dari keluarga kelas menengah.  Meskipun berasal dari kelas menengah, namun Erdogan  mengalami masa-masa buruk dalam hidupnya. Seorang ayah yang merupakan seorang yang bertugas sebagai seorang penjaga pantai dari angkatan laut. Terlahir di Istanbul akan tetapi kehidupannya dibesarkan di sekitar pesisir laut hitam. Kebetulan ayahnya ditugaskan di Kota Rize berdekatan dengan laut hitam.
  • Dibesarkan di Rize membawa Erdogan kembali ke Istanbul pada saat menginjak usia 13 tahun. Kehidupan di Istanbul cukup berat. Erdogan tidak serta merta terjun ke dunia politik. Namun terlebih dahulu sebenarnya menjadi seorang pesepak bola yang semi profesional pada saat usianya menginjak 16 tahun. Guna menghidupi dirinya sendiri, Erdogan remaja juga bekerja di sebuah perusahaan swasta yang bergerak di bidang angkutan kota. Sembari bekerja di perusahaan angkutan kota dan menjadi pesepak bola Erdogan sudah memulai debut politiknya di dunia politik di sebuah partai keselamatan nasional. Akan tetapi melakukan sebuah aksi kudeta politik yang pada akhirnya membuat partai tersebut terpaksa harus dibubarkan pada tahun 1980.
  • Pasca tragedi kudeta dan pembubaran partai keselamatan nasional, Erdogan memutuskan untuk meninggalkan dunia sepak bola pada tahun 1983. Memilih meninggalkan dunia sepak bola, Erdogan kemudian serius menjalani wajib militer yang memberinya tugas khusus sebagai seorang perwira. Tugas itu dijalaninya dengan baik. Tugas wajib militer di Negara Turki termasuk wajib dijalani oleh setiap warga negara yang sudah cukup usianya. Oleh karenanya, Erdogan juga melakukan kewajiban tersebut dengan baik. Meskipun sudah pernah melakukan kudeta dengan partai lamanya, tidak membuat Erdogan berhenti berkarir dan berpolitik apalagi jera berpolitik.

pexels.com

Perjalanan Politik Erdogan

Banyak yang mengatakan politik memang kejam. Akan tetapi setelah pembubaran partai keselamatan, Erdogan dalam Biografi Hebat Seorang Recep Tayyip Erdogan sama sekali tidak ada kata menyerah dan jera dalam berpolitik. Ini dia buktinya:

  • Tahun 1983, Erdogan dan kawan-kawan lamanya dari partai keselamatan mendirikan sebuah partai  Proses demokrasi di Turki yang sempat dihentikan, namun tahun 1983 proses demokrasi dipulihkan di Turki. Proses pemulihan demokrasi tersebut membawa angin perubahan dan juga angin segar untuk perpolitikan di Turki termasuk untuk Erdogan. Sehingga dua tahun kemudian Erdogan berhasil menduduki posisi sebagai ketua umum partai kesejahteraan.
  • Kembalinya proses demokrasi membawa perubahan pada Terbukti pada tahun 1990, terjadi pemilihan umum untuk walikota. Termasuk untuk calon majelis agung di Turki. Pada tahun yang sama, partai kesejahteraan yang dipimpin oleh Erdogan berhasil meraih ambang batas sekitar 10% agar bisa memperoleh kursi di Parlemen. Hal inilah yang membuat partai tersebut bisa ambil bagian dalam pemilihan walikota.  Pada saat itu, Erdogan terpilih sebagai anggota parlemen dalam majelis agung Turki. Akan tetapi sangat disayangkan beberapa saat kemudian kursi tersebut dicabut oleh komisi pemilihan umum Turk sebab proses pemilihan umum yang berlaku pada saat itu. Meskipun demikian, tidak mengendurkan semangat Erdogan untuk terus berkarir secara aktif dalam bidang politik.
  • Meskipun sempat dicabut kursinya,pada tahun  1994, di dalam pemilihan umum lokal partai kesejahteraan berhasil membuahkan prestasi luar biasa sebagai partai baru. Partai tersebut berhasil menduduki kursi sebagai partai paling besar pada saat itu. Pada tahun tersebut menjadi tahun sukses besar untuk partai kesejahteraan. Selain itu, kesuksesan besarnya ini membawa Erdogan berhasil menduduki sebagai walikota untuk Istanbul raya untuk pertama kalinya. Selain berhasil menduduki jabatan sebagai walikota Istanbul raya, tetapi juga berhasil membuat Erdogan juga sekaligus menduduki jabatan sebagai  presiden dewan metropolitan Istanbul Raya. Kedudukan inilah yang menjadi awal keemasan di dalam karir politik Erdogan di Turki.
  • Ketika berhasil menduduki jabatan sebagai walikota tercatat dalam Biografi Hebat Seorang Recep Tayyip Erdogan, bahwa seorang walikota sekelas Erdogan berhasil menuliskan prestasi yang cukup baik. Terutama untuk membangun kota sekaligus memberikan sebuah pembaharuan yang berbeda dari pemimpin yang sebelumnya. Cara berfikirnya yang sangat kritis, membuatnya mampu menata kota dengan cukup efektif. Terbukti salah satu kinerja terbaiknya adalah mampu memberikan penataan yang cukup efektif dan efisien untuk sistem administratif di Istanbul raya. Menyingkat beberapa proses administratif menjadi lebih efisien namun tetap efektif.  Hal ini tentu saja memudahkan untuk mengontrol seluruh kinerja pemerintahan di bawah kepemimpinannya.
  • Hal lainnya yang membuat seorang Erdogan benar-benar sulit dilupakan dan akan selalu diingat oleh warganya adalah saat di bawah kepemimpinannya, Istanbul raya mampu memperbaiki pengadaan air bersih dan juga mengalami kemajuan dalam hal sarana dan prasarana lingkungan. Air bersih yang tadinya menjadi barang istimewa, saat Erdogan menjadi walikota, air bersih menjadi lebih mudah di dapatkan. Sarana dan prasarana lingkungan dan juga wilayah semua diperbaiki guna meningkatkan dan memudahkan akses warga untuk kebutuhan ekonominya. Hal lainnya yang membuat warga mencintai sosok Erdogan adalah mampu mengurangi kadar polusi dengan melakukan beberapa penanaman pohon di perkotaan dan membuat udara menjadi lebih sejuk.
  • Hal besar lain yang dilakukan Erdogan saat menjabat sebagai walikota dan tercatat dalam Biografi Hebat Seorang Recep Tayyip Erdogan adalah mampu mengurangi tindak kejahatan. Seperti praktik prostitusi, dan juga melarang mengkonsumsi minuman keras. Tindakan mulia Erdogan yang akan selalu dikenang adalah mampu memberikan penghidupan dan pekerjaan yang lebih layak untuk kaum wanita sehingga terhindar dari praktik prostitusi. Terbukanya kesempatan dan juga lapangan kerja untuk para wanita tidak lupa aturan yang cukup ketat perihal bagaimana memperlakukan seorang wanita, membuat para wanita semenjak kepemimpinan Erdogan memiliki kedudukan yang lebih terhormat dan tidak lagi dipandang rendah oleh kaum pria. Kemajuan inilah yang akan dikenang selamanya oleh warga yang dipimpinnya.

pexels.com

Fakta Sejarah Seputar Recep Tayyip Erdogan Yang Belum Banyak Orang Ketahui

Sebagai seorang politikus yang cukup sukses, tentu saja tidak lepas dari kerja keras yang dilakukan untuk membangun karir politiknya. Termasuk ketika terpilih untuk pertama kalinya sebagai presiden Turki pada Tahun 2014 pasca tidak adanya pemilihan presiden di Turki sejak 91 tahun lalu. Akan tetapi ternyata ada sekelumit fakta yang belum diketahui oleh banyak orang. Ada beberapa diantaranya yang tercatat dalam Biografi Hebat Seorang Recep Tayyip Erdogan seperti berikut:

  • Erdogan terpilih sebagai presiden dengan perolehan suara sekitar 52% mampu mengungguli pesaingnya yang juga luar biasa dalam pemilihan presiden. Keunggulan ini tentu menjadi sebuah prestasi luar biasa bagi seorang Erdogan. Pasca dilantik sebagai presiden resmi, Erdogan melakukan sebuah gebrakan besar-besaran yang merubah wajah Turki menjadi lebih baik. Yakni dituntut untuk melakukan perubahan dari segi konstitusi yang menurut pendapatnya memang sudah tidak lagi memihak rakyat.
  • Setelah resmi menjadi seorang presiden Turki, Erdogan memiliki sebuah prestasi yakni mampu meningkatkan nilai ekspor negara Turki. Tadinya hanya senilai 23 milyar hingga menjadi 153 milyar dolar. Tentunya nilai ini tidak main-main sebab dilakukan dalam waktu yang cukup singkat. Nilai eksport ini meningkat untuk produk seperti mobil, elektronik dan beberapa barang lainnya.
  • Meskipun sempat dipenjara karena puisi yang dibuatnya membuat masalah, akan tetapi pada saat menjadi presiden Erdogan membuktikan diri bahwa kinerjanya layak mendapatkan pujian. Ternyata meskipun pernah mendekam di penjara mampu menempa dirinya menjadi lebih keras untuk meningkatkan kualitas kinerja dalam perjalanan politiknya. Termasuk pada saat sudah terpilih sebagai presiden. Paling menonjol adalah pada saat Erdogan mampu menutup defisit anggaran negara turki. Selain itu, pada saat berada dalam posisi sebagai presiden, Turki memiliki nama yang cukup buruk. Terbukti memiliki hutang ke IMF sebesar 300 milyar dolar. Selain itu, Erdogan berhasil pula menambah cadangan devisa untuk Turki dengan menggenjot peluang ekspor ke lebih dari 100 negara di dunia.
  • Catatan kinerja dan program kerja yang dilakukan oleh Erdogan salah satunya adalah mampu mengubah masalah sampah menjadi sebuah inovasi serta solusi baru. Sampah pada masa kepemimpinan Erdogan mampu diolah dengan baik sehingga menjadi sebuah alternatif tenaga listrik baru yang dinikmati secara menyeluruh oleh warga Turki. Bahkan hampir 98% warga Turki sekarang sudah menikmati tenaga listrik baru yang berasal dari hasil pengolahan limbah sampah yang dahulu menjadi masalah besar di Turki. Proses tersebut tidaklah mudah. Pembuatan pembangkit listrik dari sampah ini menjadi solusi atas permasalahan listrik sekaligus masalah sampah. Otomatis mampu membuat lingkungan dan juuga limbah menjadi berkurang.
  • Pemimpin sekuler arab pernah melontarkan pernyatan sekaligus anggapan bahwa Erdogan merupakan pemimpin yang memihak kepada Israel. Akan tetapi Erdogan berhasil memberikan bantahan sekaligus tamparan yang cukup dasyat untuk Israel. Yakni dengan cara memberikan peringatan keras. Peringatan tersebut berupa memaksa pihak israel untuk mengajukan permintaan maaf atas tragedi yang terjadi pada kapal Marmara. Kapal tersebut secara sadis di tembak oleh Israel. Meskipun Israel telah meminta maaf, bukan berarti secara serta-merta Turki menerima permintaan maaf Israel. Turki mengajukan persyaratan yakni melakukan pencabutan embargo atas jalur gaza. Ternyata cara ini cukup efektif untuk mengubah pandangan pemimpin dunia lainnya terhadap kepemimpinan Erdogan.
  • Di dalam sejarah, ternyata Erdogan pernah duduk dengan seorang anak usia 12 tahun untuk berdiskusi seputar pembangunan yang ada di Turki. Perdebatan yang dilakukan keduanya cukup sengit. Sehingga membuat Erdogan benar-benar mengakui kecerdasan anak tersebut. Meskipun masih berusia 12 tahun, ternyata anak tersebut sudah berhasil membuat takjub dengan apa yang menjadi pemikirannya. Terutama tentang bagaimana pemikirannya perihal pembangunan Turki di masa yang akan datang. Beliau merasa bangga dengan kecerdasan dan pemikiran kritisnya yang sudah dilontarkan untuk kemajuan Turki. Setelah kejadian itu, beliau meminta untuk mendidik seluruh anak-anak muda turki harus bisa berfikir kritis serta mampu memikirkan masa depan negaranya dengan ide-ide yang lebih cemerlang.

pexels.com

Ada hal lainnya yang cukup mengejutkan dunia perihal Erdogan. Pada saat banyak pemimpin dunia banyak yang bertepuk tangan atas pidato yang disampaikan oleh Simon Perez dalam acara konferensi ekonomi dunia, namun pemimpin Turki yang cukup keras ini ternyata justru memilih untuk pergi dari pertemuan tersebut. Alasannya adalah Israel telah membantai wanita dan anak-anak di Palestina. Hal ini juga menjadi sebuah tamparan yang super keras untuk pemimpin dunia. Bagaimana mungkin seluruh dunia bertepuk tangan atas apa yang sudah dilakukan oleh israel di Gaza terhadap wanita dan anak-anak. Tentu saja hal ini membuat pemimpin dunia menarik kembali pemikiran perihal Erdogan yang menjadi teman Israel.

Tindakan menarik yang dilakukan oleh Erdogan saat menghadapi para demonstran juga berbeda dari pemimpin lainnya. Apabila kebanyakan menembak dengan pesawat tempur dan yang lainnya, akan tetapi pemimpin yang satu ini memilih untuk menembakkan para demonstran tersebut dengan menggunakan air. Tujuannya adalah untuk membuat para demonstran tenang tanpa harus membuatnya takut. Hal ini membuat Erdogan benar-benar dihargai oleh warga negaranya. Pandangan warga bahwa Erdogan keras ternyata memiliki pemikiran serta keinginan yang berbeda dari lainnya. Kelebihan lainnya benar-benar membuat Erdogan tercatat sebagai pemimpin yang cukup luar biasa yang mampu merubah wajah Turki menjadi lebih baik.

Bukan hanya untuk negara saja. Ternyata Erdogan merupakan pemimpin dalam keluarga yang cukup keras. Terutama dalam hal mendidik putri-putrinya. Putri dari Erdogan sama sekali tidak boleh melepas hijabnya saat pergi ke sekolah. Hal ini dilakukan untuk menjaga harga diri putrinya dengan baik. Erdogan memilih untuk mengirimkan putrinya sekolah di negara lain di seputaran eropa yang sama sekali tidak mempermasalahkan penggunaan hijab di sekolah. Kejadian ini membuat perubahan besar pada seluruh universitas di Turki yang tadinya melarang siswa wanitanya menggunakan hijab, sekarang seluruh universitas di Turki memperbolehkan siswinya menggunakan hijab saat di sekolah.

Sebagai pemimpin yang mengutamakan masalah kemanusiaan, ternyata Erdogan dan istrinya membuktikan dengan cara berkunjung ke Burma saat terjadi masalah kemanusiaan di negara tersebut.  Meskipun banyak anggapan bahwa Erdogan menjadi pemimpin yang sangat keras, akan tetapi perubahan demi perubahan telah dilakukan untuk memperbaiki Turki. Seperti peraturan selama 90 tahun lalu yang diberikan oleh pemerintah sekuler di masanya berhasil dihapuskan jejaknya oleh Erdogan. Kemajuan inilah yang menjadi prestasi mengagumkan dalam sejarah. Jika ingin lebih banyak mengenal tetang bagaimana kinerja pemerintahan Erdogan, wisatawan dapat memilih melakukan tour ke Turki untuk membuktikan sekaligus menikmati kemajuan negara Turki setelah Erdogan memimpin Turki. Termasuk mengetahui jejak sejarah Turki yang cukup panjang sebelum dipimpin oleh Erdogan.