Manfaat Dari Buah Jeruk Dan Kulit Jeruk Yang Menyegarkan

April 14, 2019

Di musim pancaroba, tubuh rentan sekali terkena penyakit terutama demam, flu dan juga batuk. Untuk mencegahnya maka tubuh harus diperkuat dengan banyak vitamin C agar tidak mudah sakit. Paling mudah mendapatkan asupan vitamin C dari buah jeruk. Tidak hanya vitamin C, jeruk juga kaya akan antioksidan sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mampu melawan infeksi serta virus dengan lebih baik tanpa perlu mengkonsumsi suplemen ataupun obat-obatan yang terbuat dari bahan-bahan kimia.

Manfaat buah jeruk

Jeruk memang terkenal sebagai sumber vitamin C dan sering digunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Namun selain itu sebenarnya jeruk memiliki manfaat lainnya yang tidak kalah penting untuk kesehatan tubuh. Langsung saja, berikut adalah beberapa manfaat dari jeruk yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang:

  1. Untuk sembelit

Seperti buah-buah lainnya, jeruk juga mengandung serat yang baik untuk pencernaan tubuh. Serat tersebut dapat membantu anda bila mengalami sembelit karena serat dalam jeruk mampu membantu mengeluarkan feses agar sindrom iritasi usus besar dapat dicegah. Tidak hanya itu saja, jeruk juga dapat merangsang produksi cairan pencernaan sehingga mampu memperlancar buang air besar.

pexels.com

  1. Untuk tekanan darah

Selain kaya akan vitamin C dan antioksidan, jeruk juga kaya akan magnesium yang berfungsi membantu mengatur tekanan darah dalam tubuh. Kandungan hesperidin dalam jeruk juga dapat membantu tekanan darah menjadi lebih terkendali.

  1. Untuk penyakit jantung

Buah jeruk memiliki antioksidan, seperti yang telah disinggung di atas. Antioksidan ini akan membantu tubuh dalam melawan radikal bebas dan juga membantu mencegah terjadinya oksidasi kolesterol. Biasanya kolesterol yang telah teroksidasi akan menempel di arteri bagian dalam dan dapat membatasi suplai darah ke jantung yang nantinya dapat berakibat fatal yaitu memicu terjadinya serangan jantung. Dengan adanya antioksidan maka efek dari radikal bebas tersebut dapat dinetralkan dan secara tidak langsung dapat melindungi jantung.

  1. Untuk virus

Kandungan vitamin C dalam jeruk dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan begitu tubuh dapat melawan virus dengan lebih baik, contohnya adalah virus penyebab flu. Tubuh yang mendapatkan vitamin C yang cukup mampu membunuh virus sebelum ia dapat menyebabkan kerusakan yang parah dan sebelum virus menyebabkan tubuh jatuh sakit.

  1. Untuk tulang dan gigi

Makanan yang memiliki kandungan kalsium tinggi harus dibarengi dengan makanan yang kaya akan vitamin D agar tubuh dapat menyerap kalsium dari makanan dengan baik. Jeruk memiliki kandungan vitamin D yang cukup sehingga dapat membantu tubuh dalam menyerap kalsium dari makanan lainnya yang mana kalsium sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan juga gigi. Selain itu kandungan asam askorbat atau vitamin C juga dapat membantu penyerapan kalsium. Manfaat lainnya adalah jeruk mampu memperkuat pembuluh darah dan juga jaringan ikat sehingga cocok untuk menjaga kesehatan gusi dan juga mampu mencegah perkembangan plak dalam mulut.

  1. Untuk penambah darah

Buah jeruk dikenal juga sebagai buah penambah darah karena vitamin C di dalamnya mampu membantu menyerap zat besi dengan lebih baik. Seperti yang anda ketahui bahwa zat besi sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

pexels.com

Manfaat kulit jeruk

Selain rasanya yang enak dan juga menyegarkan, jeruk memiliki banyak sekali manfaat seperti yang telah dijelaskan di atas. Tapi tahukah anda bahwa selain buahnya, kulit jeruk juga memiliki banyak sekali manfaat. Berikut beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengolah kulit jeruk:

  1. Cegah batu ginjal

Sitrat yang ada di dalam jeruk tidak hanya menghasilkan rasa asam saja, namun sitrat juga mampu membantu tubuh untuk mencegah munculnya batu ginjal. Karena asam dari sitrat akan ikut keluar bersama dengan air seni, dengan begitu akan membuat lingkungan sekitarnya menjadi asam dan membuat batu ginjal menjadi lebih susah untuk terbentuk.

  1. Turunkan berat badan

Hal yang satu ini pasti sudah diketahui oleh banyak orang. Kebanyakan orang-orang yang ingin mulai berdiet menggunakan infused water berisi buah jeruk ataupun kulit jeruk karena air jeruk dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh serta menghilangkan lemak jahat. Apalagi jeruk dapat membantu menekan rasa ingin makan.

pexels.com

  1. Menjaga kesehatan mata

Jeruk tidak hanya mengandung vitamin C saja namun juga vitamin A dan juga Potasium yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi jeruk secara rutin maka anda tidak perlu khawatir akan menggunakan kacamata di masa depan. Tapi ingat, hal ini juga harus dibarengi dengan mengkonsumsi sayur-sayuran serta buah-buahan yang mengandung vitamin A dan juga menghindari membaca di tempat yang gelap.

  1. Wajah menjadi glowing

Anda bisa menggunakan kulit jeruk sebagai toner karena infused water dari kulit jeruk mampu membantu membersihkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Kandungan antioksidan dalam kulit buah jeruk juga bisa membantu melawan radikal bebas akibat sengatan matahari yang mampu merusak kulit dan juga mempercepat tanda-tanda penuaan kulit. Gantilah infused water untuk toner tersebut beberapa hari sekali agar anda mendapatkan toner yang segar.