Cara Melamar Kerja Pendamping Desa Paling Mudah di Tahun 2019

Tidak seperti posisi lain di pemerintahan desa seperti Kepala Desa, Sekretaris Desa hingga Balai Desa dimana sudah diketahui oleh masyarakat secara umum. Posisi pendamping desa, hanya sedikit sekali masyarakat yang mengetahuinya. Mungkin disebabkan oleh kurangnya informasi mengenai hal tersebut. Ditambah dengan tidak banyaknya artikel yang memberitahukan mengenai posisi tersebut.

Padahal posisi pendamping desa merupakan jabatan yang sangat penting. Terutama di era presiden Joko Widodo. Pasalnya, pendamping desa ini adalah seseorang yang kelak akan membantu seluruh kegiatan dalam lingkup perdesaan agar terciptanya self governing. Tidak hanya itu, jabatan tersebut juga ikut memantau kegiatan desa agar dana yang digelontorkan oleh pemerintah dapat terkelola secara efektif.

Jumlah Kebutuhan Pendamping Desa Tahun 2019

Seperti yang sudah disinggung di atas, pendamping desa adalah posisi begitu penting dalam suatu pemerintahan kewilayahan. Sehingga karena pentingnya posisi tersebut, pemerintah Indonesia membukakan lowongan untuk seluruh masyarakat di posisi pendamping desa. Kapasitas lowongan tersebut ialah mencapai lebih dari 40.000 orang. Dimana, jumlah tersebut kelak akan terbagi lagi sehingga setiap desa rata - rata menerima pendamping desa sehanyak 10 - 20 orang.

Cara Melamar Kerja di Posisi Pendamping Desa

Besarnya kuota yang disediakan oleh Pemerintah Indonesia untuk duduk di posisi pedamping desa tersebut. Sehingga mengundang banyak sekali masyarakat yang tertarik serta melamar di jabatan itu. Namun, bagi Anda yang tidak mengetahui bagaimana cara melamarnya. Berikut ini adalah cara mudah melamar kerja di posisi pendamping desa 2019 :

  1. Penuhi Persyaratan

Sebelum melamar sebagai pendamping desa. Seseorang ada baiknya memenuhi persyaratan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia. Persyaratan tentang hal itu antara lain :

  • Usia min.18 tahun

  • Pendidikan minimal SMA

  • Punya pengetahuan dan bisa mengorganisasikan program desa

  • Pengalaman di kegiatan desa selama 2 tahun

  • Bisa menggunakan microsoft office

  1. Buat dan Kirim Lamaran ke Situs Pemerintah

Setelah hal tersebut, ketika melamar pendamping desa wajib membuat surat lamaran dan berkas lain. Seperti daftar riwayat hidup, identitas diri seperti KK dan KTP. Tidak hanya itu, jika sudah membuat berkas, para pelamar mengirimkannya ke situs pemerintahan Indonesia.

  1. Ikuti Seleksi

Jika sudah mengirimkan lamaran ke situs pemerintah. Para pelamar di posisi pendamping desa harus mengikuti seleksi cpns pendamping desa. Jika sudah ikut tes dan lulus, maka pelamar bisa menjadi seorang pegawai di jabatan itu.