Cara Mengatasi Keputihan Yang Aman Dengan Bahan Alami

Wanita memang makhluk yang sempurna dan diciptakan dengan keadaan tubuh yang istimewa. Wanita bisa menahan sakit saat melahirkan dimana rasa sakit yang dirasakan wanita saat melahirkan lebih besar dari rasa sakit yang dapat diterima oleh tubuh manusia. Wanita juga diberikan keistimewaan untuk dapat mengandung dan dapat memberikan asupan gizi terbaik bagi bayinya melalui Asi. Bahkan sejak masa pubertas wanita juga harus menghadapi siklus menstruasi yang tidak mudah dimana bukan hanya sakit di bagian perut saja yang dirasakan tapi perempuan juga memiliki masalah emosional saat sedang mengalami tamu bulanan dan ada perempuan yang harus menggunakan obat telat bulan. Dengan semua itu wanita memang memiliki sistem tubuh dan sistem reproduksi yang lebih kompleks dibandingkan dengan laki-laki.

Selain memiliki banyak kesempatan emas tersebut, perempuan juga makhluk yang memiliki resiko lebih besar untuk terserang beberapa penyakit mematikan yang bahkan hingga saat ini belum dijumpai penawarnya. Seperti kanker payudara, kanker serviks, kanker rahim dan banyak penyakit lainnya. Salah satu yang paling banyak diderita oleh wanita adalah kanker payudara dan kanker serviks atau kanker mulut rahim. Dua penyakit ini memang hanya akan menyerang wanita dan banyak wanita yang telah kehilangan nyawa akibat dari dua penyakit berbahaya tersebut. Banyak aktivitas dan gerakan perempuan yang bahkan menyerukan dan melakukan sosialisasi tentang bahaya kanker serviks dan kanker payudara ini.

Kanker serviks atau kanker mulut rahim adalah penyakit yang sangat ditakuti oleh perempuan. Bukan hanya karena resiko kematian yang tinggi dari penyakit kanker mulut rahim ini tapi jika memang ada jalan untuk mengatasi kanker ini adalah dengan mengankat rahim yang artinya wanita tidak akan memiliki kesempatan untuk mendapatkan keturunan. Masalah ini tentu saja akan menjadi beban psikis tersendiri bagi wanita. Karena walau bagaimanapun semua wanita yang ada di dunia ini pastinya menginginkan keturunan dengan orang yang mereka sayangi. Sehingga bisa dikatakan jika kanker mulut rahim ini tidak hanya bisa menghancurkan kesehatan fisik wanita tapi juga dapat mengganggu kesehatan psikologis wanita.

Ada banyak penyebab terjadinya kanker mulut rahim ini dan beberapa penyebab munculnya penyakit ini adalah aktivitas yang kita lakukan setiap harinya dan bahkan menjadi aktivitas yang tidak kita sadari selalu kita lakukan. Untuk memberikan pengetahuan bagi kita sebagai wanita maka berikut adalah beberapa penyebab munculnya kanker serviks:

  1. Gaya hidup tidak sehat. Ini memiliki andil yang sangat besar, dimana gaya hidup tidak sehat seperti sering memakan makanan dan tidak sehat dan tidak higenis, sering makan junk food, mengonsumsi alkohol dan pola hidup yang tidak teratur membuat resiko terjadinya kanker mulut rahim semakin besar.
  2. Kehidupan seks yang tidak sehat. Sering berganti pasangan merupakan salah satu ciri kehidupan seks yang tidak sehat. Perilaku sering berganti pasangan akan membuat resiko terserang penyakit kanker mulut rahim akan semakin besar.
  3. Menggunakan alat kontrasepsi. Meskipun tidak banyak kasus kanker mulut rahim yang terjadi akibat menggunakan alat kontrasepsi tapi ada beberapa kasus yang menunjukkan jika alat kontrasepsi dapat memicu terjadinya kanker mulut rahim.
  4. Keputihan mungkin hal yang dianggap biasa dan sepele bagi wanita. Namun keputihan adalah salah satu tanda jika ada yang tidak beres dengan sistem reproduksi wanita. Wanita yang mengalami keputihan yang berlebihan dalam waktu yang lama bisa mengalami kanker mulut rahim.

Dari sekian banyak penyebab terjadinya kanker mulut rahim, penyebab yang paling sering disepelekan adalah keputihan. Mengalami keputihan memang hal yang banyak dianggap wajar oleh wanita. Bahkan banyak wanita yang tidak mengambil pusing saat mengalami keputihan. Padahal keputihan merupakan salah satu tanda dari sistem reproduksi yang tidak baik dan sebaiknya kita mencari tahu cara mengatasi keputihan dari beberapa sumber yang dapat kita percaya. Sehingga kita bisa memahami dengan baik apa itu keputihan dan bagaimana cara yang paling aman dan paling tepat yang bisa kita lakukan jika kita mengalami keputihan.

Sebenarnya keputihan ini juga bisa menimbulkan banyak masalah yang akan mengganggu wanita dalam melakukan aktivitas. Seperti kita akan merasa tidak nyaman pada bagian miss V yang selalu becek. Bahkan terkadang akan timbul rasa gatal yang membuat kita tidak akan merasa nyaman. Keputihan juga akan menimbulkan bau yang tidak sedap yang akan membuat wanita tidak akan merasa percaya diri untuk melakukan beberapa aktivitas. Walau bagaimanapun masalah keputihan yang terjadi pada wanita memang bukan masalah yang bisa kita sepelekan. Kita sebagai wanita harus memiliki kepekaan pada apa yang terasa tidak normal terjadi pada sistem reproduksi dan area miss V kita dan keputihan adalah salah satu masalah yang harus diketahui dan dipahami oleh wanita dengan baik.

www.pexels.com

Tidak Hanya Cara Mengatasi Keputihan, Penyebab Terjadinya Keputihan Juga Hal Yang Patut Dipelajari

Sebagai masalah yang sering dialami oleh wanita maka kita sebagai wanita harus memiliki banyak wawasan dan pengetahuan tentang keputihan. Wawasan yang dimaksud bukan hanya sekedar wawasan tentang cara mengatasi keputihan. Tapi juga berbagai hal penting lainnya tentang keputihan. Salah satunya tentang apa saja yang menyebabkan terjadinya keputihan. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab terjadinya keputihan:

  1. Infeksi bakteri. Penyebab utama terjadinya keputihan adalah adanya infeksi dari bakteri vaginosis. Di dalam vagina ada dua tipe bakteri yaitu bakteri lactobacilli yang bersifat baik dan bakteri anaerob yang bersifat jahat. Terjadinya infeksi bakteri vaginosis akibat produksi dan perkembangan bakteri anaerob yang berlebih.
  2. Bakteri protozoa. Adanya bakteri protozoa atau bakteri bersel satu ini dapat mengakibatkan terjadinya infeksi trichomoniasis yang dapat membuat keputihan berwarna kuning dan hijau serta memiliki bau yang menyengat.
  3. Infeksi jamur. Perkembangan jamur di area vagian sebenarnya adalah hal yang wajar namun jika perkembangan jamur tersebut tidak terkendali maka dapat mengakibatkan infeksi jamur yang akhirnya memunculkan keputihan yang berwarna putih dan lembut.
  4. Penyakit radang panggul. Infeksi sangat sering terjadi akibat adanya kontak seksual. Infeksi ini bisa menyerang organ reproduksi yang pada akhirnya mengakibatkan terjadinya keputihan yang memiliki bau yang sangat menyengat.

Selain faktor-faktor medis yang disebutkan di atas. Sebenarnya ada banyak faktor lain yang mengakibatkan terjadinya keputihan. Beberapa faktor penyebab ini terjadi karena perilaku kita sehari-hari dan keadaan psikologis yang kita hadapi. Berikut adalah beberapa faktor terjadinya keputihan selain faktor medis:

  1. Saat wanita mengalami stres dan keadaan psikologis yang tidak stabil maka kebanyakan wanita akan mengalami keputihan. Keadaan tekanan atas pekerjaan dan tekanan lain yang mengakibatkan stres bisa memunculkan keputihan pada wanita.
  2. Saat kita dalam kondisi yang sangat lelah dan tidak memiliki waktu istirahat yang cukup maka wanita bisa mengalami keputihan. Meskipun memang keputihan tersebut berbeda dengan keputihan yang terjadi akibat infeksi.
  3. Perilaku seksual. Keputihan banyak dialami oleh wanita yang sering berganti pasangan dan sering melakukan oral seks. Untuk wanita yang memiliki perilaku seksual seperti itu adalah wanita yang rawan mengalami keputihan.
  4. Tidak bisa merawat vagina dengan baik. Sebagai wanita kita harus mampu menjaga kebersihan dan merawat vagina dengan baik. Dengan melakukan shaving secara teratur. Membersihkan dengan air bersih dan tidak sembarangan menggunakan toilet akan membuat wanita bisa menjaga diri untuk tidak mengalami keputihan.
  5. www.pexels.com

Tanda-tanda Keputihan Yang Tidak Normal

Tingkat keparahan keputihan yang dialami oleh perempuan juga berbeda. Ada keputihan yang wajar terjadi dan ada juga keputihan yang tidak normal yang bahkan keputihan tidak normal ini menjadi tanda-tanda munculnya penyakit berbahaya dan infeksi bakteri serta jamur yang membuat kondisi vagina kita tidak baik. Untuk keputihan yang tidak normal biasanya akan memiliki tanda-tanda berikut ini:

  1. Memiliki bau yang menyengat bahkan busuk. Keputihan normal tidak akan memiliki bau yang menyengat jadi ketika kita mengalami keputihan yang memiliki bau menyengat dan bahkan bau yang busuk maka bisa dipastikan jika keputihan yang kita alami adalah keputihan yang tidak normal akibat adanya kuman yang sedang berkembang biak di vagina kita.
  2. Keputihan yang tidak normal adalah keputihan yang memiliki warna seperti kuning, hijau dan disertai dengan darah. Jika anda mengalami keputihan yang seperti ini maka anda patut curiga dan sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter.
  3. Menimbulkan gatal. Keputihan yang tidak normal akan menimbulkan rasa gatal yang tidak nyaman di daerah miss V. Hal ini karena ada infeksi bakteri dan jamur yang terjadi pada area miss V kita.
  4. Nyeri ketika kencing. Keputihan yang dapat mengakibatkan nyeri pada saat kita membuat air seni adalah salah satu tanda jika keputihan tersebut bukan keputihan yang normal dan menjadi salah satu tanda jika ada perkembangan kuman di daerah kandung kemih.

Semua tanda yang disebutkan di atas merupakan tanda-tanda dari keputihan yang tidak normal. Yang kita maksud dengan keputihan yang tidak normal adalah keputihan yang terjadi akibat adanya infeksi jamur dan infeksi bakteri berbahaya di vagina. Keputihan yang tidak normal seperti ini memiliki resiko untuk menimbulkan beberapa penyakit berbahaya seperti kanker mulut rahim. Oleh karena itu jika kita sebagai perempuan mengalami gejala keputihan seperti yang dijelaskan di atas maka sebaiknya kita melakukan tindakan yang tepat yaitu dengan datang ke dokter atau melakukan pertolongan pertama dengan cara mengobati keputihan menggunakan bahan dan obat yang kita miliki.

Vagina memang bagian dari tubuh perempuan yang sangat beresiko terjadi banyak infeksi dan penyakit berbahaya. Keputihan yang tidak kita tangani dengan cepat dan dibiarkan begitu saja tidak hanya akan membuat vagina terasa gatal dan tidak nyaman tapi kita sebagai wanita juga akan mengalami resiko mengidap penyakit kanker mulut rahim. Apalagi jika keputihan berlangsung secara berlebihan dalam jangka waktu yang lama. Wanita yang mengalami keputihan yang berlebihan untuk waktu yang lama sebaiknya harus berkonsultasi dengan dokter spesialis. Langkah untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis ini merupakan langkah yang paling tepat dan langkah awal yang baik. Dengan datang langsung ke dokter kita akan mengetahui bagaimana kondisi yang kita alami sebenarnya dan dokter akan memberikan saran pada kita tentang apa yang seharusnya kita lakukan dan akan memberikan kita beberapa obat yang akan membantu mengatasi masalah keputihan.

Tapi tentu ada banyak pilihan lain selain mengkonsumsi obat dari dokter. Mungkin ada sebagian dari wanita yang merasa takut untuk mengkonsumsi obat dari dokter karena khawatir akan menimbulkan dampak yang tidak kita inginkan. Selain itu beban biaya yang tidak murah untuk mendapatkan obat tersebut sekaligus untuk berkonsultasi dengan dokter secara langsung juga menjadi bahan pertimbangan lainnya. Oleh karena itu kita bisa memilih untuk menggunakan alternatif lain yang lebih baik yaitu dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Cara mengatasi keputihan dengan menggunakan bahan-bahan alami bisa menjadi alternatif terbaik yang dimiliki oleh wanita sekarang ini. Bukan hanya karena biaya yang harus kita keluarkan lebih murah untuk menggunakan bahan-bahan alami. Tapi juga karena bahan alami lebih aman untuk digunakan. Bahkan pemakaian bahan alami dalam waktu lama untuk mengatasi masalah keputihan tidak akan menimbulkan efek lain yang akan merugikan bagi kita. Selain itu banyak bahan alami yang ada disekitar kita yang dapat kita manfaatkan untuk mengatasi masalah keputihan yang kita alami.

www.pexels.com

Mengatasi Keputihan Dengan Bahan Alami Dan Perilaku Sederhana

Sebagai salah satu bantuan untuk mengenalkan kita cara mengatasi keputihan dengan cara dan bahan yang alami maka dalam artikel ini kita akan sedikit membahas tentang beberapa bahan alami yang dapat kita gunakan untuk mengatasi masalah keputihan yang banyak dialami oleh wanita dan berikut adalah beberapa bahan alami yang dapat kita gunakan:

  1. Ramuan kunyit. Kita dapat mengatasi masalah keputihan dengan cara alami menggunakan ramuan kunyit. Yaitu dengan memeras dua ruas kunyit dan mencampur air perasan kunyit dengan satu sendok makan madu dan air . Konsumsi ramuan kunyit ini dua kali sehari maka keputihan akan bisa teratasi. Kunyit sendiri memiliki kandungan zat anti-bakteria yang akan membantu menghilangkan bakteri dan jamur yang mengakibatkan keputihan.
  2. Biji fenugreek. Adalah salah satu bahan yang dapat kita peroleh dari tanaman fenugreek. Bahan alami yang satu ini dapat meningkatkan jumlah Ph di miss V sehingga dapat membantu kita untuk mengatasi masalah keputihan. Untuk dapat memanfaatkan khasiat dari biji fenugreek kita bisa merendam bahan ini selama satu hari penuh dan saring airnya untuk kita minum. Kita dapat minum air rendaman biji fenugreek sebelum sarapan setiap hari.
  3. Bawang putih. Bakteri adalah salah satu bahan alami yang bisa dengan sangat mudah kita jumpai di sekitar kita. Bahan yang banyak digunakan untuk bumbu dapur ini memiliki kandungan zat anti-bakteria dan zat anti-jamur yang cukup banyak yang pas untuk membantu kita dalam mengatasi keputihan. Untuk mendapatkan khasiat dari bawang putih kita bisa melakukan dengan cara apapun.
  4. Daun sirih. Khasiat daun sirih sebagai obat keputihan memang tidak perlu kita ragukan lagi. Daun yang satu ini memiliki kandungan cukup banyak zat anti-jamur dan anti bakteri yang akan membantu kita untuk mengatasi masalah keputihan. Cukup dengan merebus tiga lembar daun sirih dengan dua gelas air dan tunggu hingga air rebusan sedikit menyusut. Maka kita bisa meminum rebusan air tersebut secara rutin setiap hari.
  5. Daun sambiloto. Daun ini juga memiliki zat kandungan anti bakteria yang cukup tinggi yang dapat membantu kita untuk mengatasi masalah keputihan yang kita alami. Cukup dengan meminum air rebusan daun sambiloto setiap hari maka keputihan akan jauh dari kita.
  6. Menggunakan air hangat. Salah satu cara agar keputihan hilang adalah dengan menjaga kebersihan area miss V. Untuk itu jika kita ingin menghilangkan keputihan kita bisa mencuci vagina dengan air hangat secara lembut setiap kali kita mandi. Maka keputihan akan dapat teratasi.
  7. Kita bisa meningkatkan pengobatan antibiotik dengan rajin mengkonsumsi yogurt sehingga kita bisa mencegah terjadinya infeksi jamur yang dapat mengakibatkan keputihan.

Selain ramuan dari bahan alami yang telah banyak disebutkan di atas kita juga dapat melakukan perilaku sederhana yang akan membantu kita untuk mengoptimalkan pengobatan keputihan dengan bahan alami yang kita lakukan. Beberapa aktivitas sederhana yang akan membantu pengobatan keputihan dengan bahan alami yang kita gunakan adalah sebagai berikut:

  1. Mengganti celana dalam sesering mungkin. Jika keputihan yang kita alami cukup banyak maka sebaiknya kita mengganti celana dalam kita lebih sering. Tindakan ini memiliki tujuan untuk menjaga kelembapan vagina kita.
  2. Menggunakan kondom. Saat kita mengalami masalah keputihan maka sebaiknya saat melakukan hubungan seksual kita menggunakan kondom agar infeksi yang terjadi pada area vagina akibat bakteri dan jamur tidak akan bertambah parah.
  3. Jangan menggunakan sabun yang mengandung wewangian. Saat kita mengalami keputihan ada baiknya jika kita tidak menggunakan sabun yang mengandung wangi-wangian untuk membersihkan vagina. Karena kandungan wangi-wangian yang ada dalam sabun hanya akan memperparah keputihan yang kita alami.
  4. Rajin membersihkan vagina. Jika kita mengalami keputihan maka kita harus rajin membersihkan vagina. Membersihkan vagina dapat dengan menggunakan air hangat atau air bersih untuk menjaga vagina bersih dan infeksi jamur serta bakteri tidak akan semakin parah.
www.pexels.com

Cara mengatasi keputihan dengan bahan alami memang akan lebih maksimal jika kita dukung dengan melakukan beberapa aktivitas seperti yang disebutkan di atas. Yaitu dengan memastikan berganti celana dengan sering, menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual, menghindari menggunakan sabun yang memiliki aroma wangi dan lebih rajin untuk merawat dan menjaga kebersihan dan kelembapan vagina kita. Dengan mengkombinasikan ramuan bahan alami dengan perilaku tersebut maka kita akan mendapatkan solusi yang tepat dan efektif untuk mengatasi masalah keputihan yang kita alami.

Sebagai wanita kita memang memiliki kewajiban untuk dapat mengetahui dan memahami semua hal tentang keputihan. Keputihan adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh wanita karena beberapa faktor. Tapi kita sebagai wanita juga harus mengetahui apakah keputihan yang kita alami merupakan keputihan yang normal atau keputihan yang tidak normal sehingga kita bisa memilih cara yang paling tepat untuk mengatasi masalah keputihan yang kita alami. Selain itu pengetahuan tentang bahan-bahan alami yang dapat kita manfaatkan sebagai salah satu alternatif yang paling aman untuk mengatasi masalah keputihan juga sangat penting untuk kita pahami dan kita ketahui. Semua pengetahuan dan hal penting yang berkaitan dengan keputihan telah dirangkum dan dijelaskan dengan baik dalam artikel ini sehingga apa yang telah dijelaskan dalam artikel ini bisa memberikan bantuan pada wanita untuk lebih mengenal apa penyebab terjadinya keputihan, apa saja tanda keputihan tidak normal dan bagaimana alternatif untuk mengatasi keputihan tersebut. Untuk itu jangan ragu untuk meluangkan waktu kita belajar semua hal tentang keputihan melalui penjelasan detail dan jelas yang terdapat dalam artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *