Cara Mengatasi Sesak Napas

Tak ada gading yang tak retak dan tak ada orang yang hidupnya selalu sehat tanpa sakit. Adakalanya wujud sakit pemberian Tuhan itu berbeda pada setiap makhluk-Nya. Semua ini adalah bukti kasih  sayang. Tanpa rasa sakit, kita tentu tidak akan pernah tahu apa itu nikmat sehat. Bahkan karena sakit biasanya seseorang bisa lebih aware lagi terhadap kesehatannya di kemudian hari.

Anda pernah mengalami sulit bernapas? Rasa itu sungguh menyiksa bukan? Itu berarti Anda telah mengalami sesak napas. Ketika paru-paru tidak mendapatkan cukup pasokan udara, Anda akan merasakan sesak napas atau kesulitan bernapas. Akibatnya, napas Anda terasa cepat, dangkal, dan kadang berbunyi ‘ngik-ngik’.  Dada akan terasa nyeri seperti ada yang melilit tali sangat erat di sekitar dada Anda. Semua sensasi melemahkan ini adalah gejala asma yang paling mudah dikenali.

Sayangya, tak jarang orang salah sangka, bahwa sesak napas itu sudah pasti penyakit asma. Padahal sesak napas belum tentu asma lho. Sesak napas dapat muncul tiba-tiba (akut) atau bersifat kambuhan(kronis). Bisa jadi sejumlah masalah kesehatan adalah pemicu sesak napas selain asma.

Karena batuk berdahak seseorang juga bisa mendapatkan sesak napas pada dirinya. Batuk berdahak merupakan gangguan tenggorokan yang umumnya pernah semua orang alami. Sementara sesak napas adalah keluhan yang berhubungan dengan sistem pernapasan yang muncul selanjutnya akibat sesak napas yang belum tuntas disembuhkan. Kedepannya kami juga akan mengulas tentang cara mengatasi sesak nafas karena batuk berdahak. Simak terus artikel ini ya!

Sesak napas terkadang menjangkiti seseorang dengan daya imun rendah, padahal orang tersebut sudah berusaha untuk menjaga kesehatannya lho. Faktor pemicu sesak napas bisa juga dari lingkungan. Jika Anda pernah mengalami sesak nafas, tak harus panik sedemikian rupa. Tetaplah rileks dalam menjalani hidup, ciptakan ketenangan diri, kemudian tarik napas pelan dan panjang, lalu buang (hembuskan) napas.

Jika Anda mengalami sesak napas secara tiba-tiba atau sesak napas beberapa minggu, bahkan lebih. Ini merupakan suatu kondisi yang memerlukan perawatan medis dengan segera.

Sesak napas sering digambarkan sebagai kembang kempisnya napas atau pengencangan pada dada dengan intens. Hal ini membuat Anda kesulitan mendapatkan udara ke paru-paru.

Selanjutnya, Anda harus mengambil langkah tepat dengan melakukan pengobatan pada sesak napas sesegera mungkin. Dalam artikel ini nantinya kami akan mengulas tentang penyebab, obat alami (sesak napas tanpa obat), cara mengatasi sesak napas Anda.

Sebelum membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi sesak napas, perlu Anda tahu bahwa melakukan pengobatan sesak napas dengan obat alami merupakan pengobatan sesak napas paling aman. Efektif karena pengobatan alami diklaim aman dan tanpa risiko efek samping berbahaya.

www.pexels.com

Penyebab terjadinya sesak napas

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengalami sesak napas. Faktanya, faktor utama pemicu sesak napas adalah disebabkan oleh kondisi jantung serta paru-paru Anda. Sesak napas bisa masuk dalam kategori ringan maupun berat, jika berat itu akan sangat mengancam keselamatan si penderita sesak napas. Sesuai fungsinya jantung dan paru-paru sangat berpengaruh pada terjadinya sesak napas yang Anda alami, hal ini karena jantung dan paru-paru memegang peran utama sebagai organ pengatur lalu lintas udara yang masuk dan keluar dari tubuh. Terjadinya masalah pada salah satu organ ini dapat mempengaruhi pernapasan Anda.

Kondisi kesehatan seseorang ternyata juga dapat menyebabkan terjadinya sesak napas. Berikut kami merangkum penyebab umum sesak napas yang paling sering ditemukan :

  1. Asma (Pneumonia)
  2. Bekuan darah pada paru-paru (Emboli paru)
  3. Hal ini memblokir saluran pernapasan.
  4. Keracunan gas karbon monoksida. Gas ini biasanya dihasilkan oleh asap kendaraan bermotor.
  5. Serangan jantung
  6. Gagal jantung
  7. Kehamilan
  8. Kehilangan darah tiba-tiba
  9. Berada pada puncak ketinggian

Penyebab sesak napas yang berlangsung lama alias kronis adalah sebagai berikut :

  1. Disfungsi jantung
  2. Kegemukan atau obesitas
  3. Penyakit pada obstruktif kronik(PPOK) termasuk emfima.
  4. Otot jantung yang kaku, tebal, dan bengkak (kardiomiopati)
  5. Kanker paru-paru
  6. Fibrosis paru
  7. Hipertensi purmonal
  8. Edema paru
  9. Anemia (jumlah sel darah merah dalam tubuh rendah)

Kesemuanya membuat si penderita merasa kehabisan napas. Apabila Anda mengalami sesak napas yang teratur dan tidak mengetahui penyebab pastinya, kami sarankan untuk segera mengubungi dokter agar segera mendapatkan penanganan khusus.

Cara mengatasi sesak napas. Lakukan hal ini dengan segera. Bagi Anda yang saat ini mengeluhkan sesak napas secara tiba-tiba (akut) atau yang sudah berlangsung lama(kronis). Anda harus segera mengobatinya.

Langkah pengobatan ini akan memperbaiki kondisi sesak napas Anda, baik itu akut maupun kronis. Lakukan pengobatan sekarang juga. Pengobatan bisa menyembuhkan serta mencegah sesak napas kambuh suatu saat nanti.

Anda tidak perlu bingung obat apa yang bagus untuk sesak napas Anda. Kedepannya kami akan mengulas tentang cara mengatasi sesak napas tanpa obat alias alami.

www.pexels.com

Cara Mengatasi Sesak Napas Tanpa Obat

Cara mengatasi sesak napas tanpa obat adalah cara sederhana seseorang untuk sembuh dari sesak napas menggunakan cara alami dan tanpa obat. Cara ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, tetapi terapi ini tidak dapat menyembuhkan sesak napas Anda secara permanen lho. Karena mengobati penyebab sesak itu tidak berlaku pada cara mengobati sesak napas tanpa obat ini. Jika menemukan penyakit lain yang merupakan salah satu penyebab sesak, maka Anda tetaplah harus melakukan pengobatan yang berlanjut. Kami akan mengurai sedikit tentang metode yang dapat mengurangi rasa sesak serta mengatur napas dalam tubuh Anda. Yuk kita simak!

Sesak nafas (dyspnea) merupakan kondisi tidak nyaman yang akan menyebabkan Anda kesulitan bernapas. Hal ini disebabkan lantaran kurangnya pasokan udara (oksigen) yang masuk ke dalam organ paru-paru. Normalnya, pernapasan terjadi ketika udara masuk ke paru-paru lalu keluar dari paru-paru. Kalau dalam ilmu Biologi, udara masuk melalui hidung, melewati saluran pernapasan dan sejurus kemudian masuk ke dalam organ paru-paru begitupun sebaliknya saat membuang napas. Kesemuanya merupakan alamiah, bekerja tanpa perintah otak. Sel saraf dalam organ paru-paru aktif bekerja selama manusia masih hidup. Kita patut bersyukur akan ciptaan-Nya yang begitu sempurna. Jadi menjaga kesehatan merupakan salah satu bentuk syukur kita lho.

Proses pernapasan sendiri melibatkan bagian tubuh seperti paru-paru, diafragma, otot pada dinding dada, pusat pernapasan di otak, jaringan syaraf, molekul penyisalan impuls saraf, serta sejumlah reseptor kimia dan mekanis di otak, dan pembuluh darah. Sesak napas terjadi ketika sebagia atau semua bagian tubuh tersebut harus bekerja ekstra untuk bernapas lantaran kurangnya pasokan oksigen yang masuk melalui saluran pernapasan paling luar.

Rasa sakit pada sesak napas adalah sinyal yang memperingati tubuh akan kondisi medis yang sedang terjadi. Kesulitan bernapas atau sesak napas ini bisa menjadi sinyal kondisi medis tertentu seperti; gangguan pada paru-paru, asma, penyakit paru obstruktif kronis(PPOK), kanker paru-paru, distrofi muskular, obesitas, stroke, anemia, gagal jantung, embilo paru, efusi pleura, penyempitan jantung, kelelahan, hingga serangan panik.

Itulah mengapa sesak napas dapat dirasakan dengan derajat ringan hingga berat. Sesak napas dengan tanda-tanda seperti; kulit pucat atau tampak kebiru-biruan, jantung berdebar karena denyut nadi yang cepat, pingsan, demam, sesak napas berat serta sesak napas ringan karena reaksi alergi pada tubuh terhadap suatu rangsangan. Kesemuanya adalah kondisi kegawatdaruratan medis yang memerlukan pegangan khusus, karena dapat mengancam jiwa Anda.

Perlu kami tekankan kembali, cara untuk mengatasi sesak napas tanpa obat ini bukanlah sebagai pengganti pengobatan yang selama ini telah Anda gunakan dan bukan pula pengobatan utama untuk menangani penyakit yang mendasari keluhan sesak napas. Akan tetapi untuk membantu mengurangi gejala sesak, motede cara mengatasi sesak napas tanpa obat ini dapat Anda gunakan dan metode ini relatif aman.

www.pexels.com

Cara mengatasi sesak napas yang wajib Anda tahu

Sebagian orang mengalami sesak napas atau kesulitan dalam bernapas hanya dalam waktu yang singkat saja. Namun, sebagiannya lagi harus mengalami sesak napas dalam jangka panjang, hingga berminggu bahkan bertahun-tahun. Apabila sesak napas yang terjadi pada Anda bukan merupakan kondisi darurat medis, Anda bisa mencoba beberapa langkah berikut, sebagai cara untuk mengatasi sesak napas tanpa menggunakan obat-obatan :

  1. Pursed-lip Breathing

Teknik ini merupakan teknik bernapas sebagai cara mengatasi sesak napas yang sederhana dan sangat mudah dilakukan. Teknik ini dapat membantu memperlambat laju pernapasan Anda, yang membuat sistem napas lebih dalam serta lebih efektif. Anda dapat melakukannya kapan saja ketika Anda mengalami sesak napas, terutama saat membungkuk, mengangkat benda, atau menaiki tangga. Cara mengatasi sesak napas dengan metode ini adalah dengan merelaksasikan otot leher dan bahu Anda. Tutup mulut Anda saat menghirup udara, lalu ambil napas pelan-pelan melalui hidung dalam dua hitungan, kemudian buang napas perlahan melalui celah kedua bibir atau mulut sampai hitungan ke empat. Duduk dengan posisi condong ke depan dan sedikit membungkuk. Istirahat sambil duduk bisa membantu merilekskan tubuh Anda dan membuat pernapasan lebih mudah. Duduklah di kursi dengan telapak kaki menapak lantai, condongkan dada sedikit ke depan, perlahan letakkan siku di lutut, atau menahan dagu dengan tangan. Otot leher dan bahu Anda harus tetap rileks. Posisi duduk ini juga bida Anda lakukan dengan bertumpu pada meja, istirahatkan lengan dan kepala Anda di meja, jangan lupa pergunakan bantal untuk menyangga kepala Anda supaya posisi nyaman.

Berdiri menyandar dinding. Berdiri menyandar pada tembok atau lainnya bisa turut membantu merilekskan tubuh dan saluran pernapasan Anda. Berdiri dan bersandarlah pada dinding dengan menempelkan pinggul. Jaga agar kaki Anda terbuka lebar, selebar bahu dan tangan berada di samping kedua paha Anda. Santailah dan condongkan badan sedikit ke depan. Anda juga bisa berdiri sambil telapak tangan Anda bertumpu pada meja dengan merilekskan otot leher dan bahu Anda.

Berbaring Santai. Cobalah bernapas sembari berbaring dengan bantal di antara kedua kaki, dengan kepala ditinggikan bertumpu pada bantal. Usahakan punggung tetap lurus. Anda juga bisa berbaring telentang dengan kepala ditinggalkan menggunakan alas bantal dan lutut ditekuk dengan meletakkan bantal di bawah lutut. Kedua posisi ini membantu tubuh dan saluran pernapasan Anda rileks serta mampu membuat pernapasan menjadi lega.

Pernapasan Diafragma. Pernapasan diafragma juga dapat menjadi cara mengatasi sesak napas Anda. Caranya adalah, Anda cukup duduk di kursi, lalu rilekskan lutut, bahu, kepala, dan leher Anda. Letakkan satu tangan Anda di depan perut dan satu lagi di depan dada. Bernapaslah dengan perlahan melalui hidung, hingga tangan Anda merasakan perut Anda bergerak saat bernapas. Saat Anda menghembuskan napas kencangkan otot perut. Buanglah napas perlahan melalui mulut dengan bibir mengerucut. Beri penekanan lebih pada embusan napas dibandingkan saat menghirupnya. Jaga agar embusan napas lebih lama dari yang biasa Anda lakukan, sebelum perlahan menghirup napas lagi. Ulangi sekitar lima menit.

Batuk. Batuk yang terkontrol juga dapat membantu Anda bernapas lebih baik. Terlebih jika Anda memiliki banyak lendir dalam tenggorokan Anda, maupun di sekitar paru-paru Anda.

Kipas Angin. Beberapa riset menyebut bahwa udara sejuk dari kipas angin bisa membantu meredakan sesak napas. Wah, keren bukan? Anda cukup menyalakan kipas angin dan bernapaslah seperti biasa. Tetapi jangan lupa untuk sering membersihkan kipas angin agar tidak terpapar oleh debu.

Minum Kopi. Kafein yang terdapat pada kopi ternyata diklaim dapat melemaskan otot-otot pada saluran napas si penderita asma. Hal ini dapat memperbaiki fungsi paru hingga empat jam.

Pola Hidup Sehat. Gaya hidup yang sehat dapat membantu Anda terhindar dari serangan sesak napas. Berhentilah dari merokok atau hindarilah asap rokok, hindari paparan polusi udara, dan turunkan berat badan Anda, jika terlalu gemuk. Jaga pola makan dengan makan makanan yang sehat serta tidurlah yang cukup. Sebaiknya Anda tetap berkonsultasi ke dokter terkait kemungkinan masalah medis yang mendasari kondisi sesak napas yang Anda alami.

Langkah-langkah di atas adalah cara mengatasi sesak napas yang dapat Anda lakukan di rumah. Jika sesak napas disebabkan penyakit lain atau terjadinya gejala yang lebih berat dari yang sebelumnya Anda alami, maka biasanya sangat kecil kemungkinan sesak napas bisa ditangani tanpa adanya pengobatan medis. Dengan kata lain penyakit penyertalah yang menimbulkan sesak napas pada Anda. Selain mencoba berbagai langkah di atas, tenangkan pikiran dan emosi saat napas mulai terasa kurang nyaman atau sesak. Segeralah pergi ke dokter atau unit kesehatan terdekat jika Anda mengalami sesak napas yang berkepanjangan di malam hari, sesak napas yang disertai demam tinggi, menggigil, batuk-batuk, dan kaki atau pergelangan kaki membengkak serta terasa dingin.

www.pexels.com

Cara mengatasi sesak napas karena batuk berdahak

Cara mengatasi sesak napas karena batuk berdahak dapat dilaksanakan dengan dua cara secara bersamaan, yaitu cara umum dan cara tradisional. Kedua cara tersebut saling berkaitan dan dapat mendukung terciptanya proses penyembuhan yang relatif lebih cepat. Berikut cara mengatasi sesak napas karena batuk berdahak yang telah kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya. Cara umumnya adalah sebagai berikut :

  1. Minyak kayu putih. Cara mengatasi sesak napas karena batuk berdahak bisa dengan menggunakan minyak kayu putih. Minyak kayu putih dioleskan pada daerah seputar dada, fungsinya untuk menghangatkan tubuh serta melancarkan pernapasan supaya lega.
  2. Uap panas. Cara mengatasi sesak napas dengan uap panas. Menghirup uap panas yang sebelumnya telah ditambahkan minyak kayu putih diklaim sangat baik untuk melancarkan pernapasan dan dapat menyembuhkan sesak napas
  3. Posisi tidur. Cara mengatasi sesak napas karena batuk berdahak adalah dengan memperbaiki posisi tidur. Tidur terlentang merupakan posisi terbaik untuk menjaga jantung memompa darah senantiasa lancar dan menyebabkan saluran pernapasan tetap dalam kondisi normal.
  4. Cara mengatasi sesak napas karena batuk berdahak adalah dengan tidak mengkonsumsi kafein. Sebisa mungkin hindarilah minum kopi untuk mencegah timbulnya sesak napas. Hal ini disebabkan kafein dalam kopi dapat menyumbat jalannya napas serta menurunkan kinerja saluram pernapasan, jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.
  5. Aktivitas berat. Cara mengatasi sesak napas karena batuk berdahak dengan tidak melakukan aktivitas berat. Sebisa mungkin hindarilah aktivitas yang dapat membuat tubuh lelah atau batasi aktivitas Anda yang terlalu menekan saraf otot, otot, dan pembuluh darah sekitar dada.
  6. Merokok dan alkohol. Cara mengatasi sesak napas karena batuk berdahak adalah dengan tidak mengkonsumsi rokok dan tak minum alkohol. Hindari bahaya merokok ataupun menghisap asap rokok. Berilah kesempatan pada sistem pernapasan Anda supaya menjadi lebih baik dan terhindar dari masalah sesak napas
  7. Obat-obatan. Cara mengatasi sesak napas karena batuk berdahak adalah dengan tidak minum obat-obatan secara sembarangan. Hindari penggunaan obat tanpa resep dokter yang bisa menyumbat pernapasan ketika terjadi iritasi pada dinding saluran pernapasan. Kondisi inilah yang membuat terjadinya sesak napas.

Cara mengatasi sesak napas dengan cara tradisional

  1. Daun Kenanga. Cara mengatasi sesak napas bisa menggunakan daun kenanga sebagai obatnya. Daun kenanga dicuci kemudian direbus hingga mendidih. Setelah dingin saring, lalu tambahkan madu secukupnya. Resep ini dapat melegakan pernapasan dan dapat dikonsumsi 2X sehari.
  2. Bunga Kenanga. Cara mengatasi sesak napas juga bisa memanfaatkan bunga kenanga. Bunga kenanga punya kemampuan klinis membuka penyempitan pembuluh darah pada organ pernapasan, sehingga sesak napas bisa dihilangkan. Bunga kenanga juga dapat membantu mengencerkan dahak lho.
  3. Daun sirsak. Cara mengatasi sesak napas yang lain adalah dengan memanfaatkan daun sirsak. Daun sirsak adalah daun yang terkenal memiliki kandungan senyawa yang dapat mengatasi gangguan pernapasan dan tenggorokan paling ampuh, yaitu terdiri dari senyawa murikatosin, acetoginin, zat anopentosin dan lain-lain. Cara mengatasi sesak nafas dapat dengan cara minum rebusan air sirsak 1 kali sehari secara rutin. Hal ini untuk sistem pernapasan lebih sehat. Perlu diketahui bahwa penggunaannya yang berlebihan dapat memicu efek samping daun sirsak yang sangat berbahaya. Untuk itu minumlah rebusan daun sirsak tidak lebih dari satu cangkir setiap harinya ya!
  4. Daun paterseli, rebusan sereh, dan bawang putih.

Cara mengatasi sesak napas tradisional ini  adalah dengan menggunakan beberapa helai daun peterseli yang dicuci lalu direbus sampai mendidih. Air rebusannya efektif untuk melegakan pernapasan, membuka penyumbatan di saluran pernapasan dan merangsang dahak menjadi lebih encer. Daun paterseli dapat dikonsumsi 2 kali sehari sampai sesak napas Anda sembuh. Metode cara mengatasi sesak napas selanjutnya dengan sereh. Tanaman sereh memiliki kandungan zat anti inflamasi dan minyak atsiri yang tinggi sehingga keharumannya mampu membuak jalan napas menjadi lega kembali. Rebuslah beberapa daun dan batang sereh lalu gunakan uap panasnya untuk dihirup secara perlahan lahan. Uap panasnya bermanfaat untuk memperbaiki sistem pernapasan agar menjadi lebih baik. Cara mengatasi sesak napas dengan memanfaatkan bawang putih. Bawang putih memiliki kandungan anti inflamasi dan anti bakteri yang bertindak sebagai antioksidan yang mampu mengurangi dahak dan melegakan saluran pernapasan sehingga dapat menghilangkan sesak napas serta dada nyeri. Potonglah bawang putih menjadi beberapa bagian lalu diblender dan tambahkan madu untuk menetralisir rasa getirnya. Minumlah dengan takaran satu sendok makan saja 2 kali sehari setiap hari dan jangan berlebihan. Hal ini untuk menghindari efek samping bawang putih bagi kesehatan tubuh yang dapat menggagalkan proses penyembuhan sesak napas dan batuk berdahak itu sendiri.

  1. Jahe, madu, kunyit, dan kapulaga. Cara mengatasi sesak napas dapat memanfaatkan jahe, madu,kunyit, juga kapulaga. Keempat tumbuhan ini mengandung segudang senyawa penyembuh terdiri dari anti inflamsi, antibiotik alami, anti bakteri dan lain-lain yang terbukti ampuh untuk cara mengatasi sesak napas. Sebaiknya kapulaga tidak digunakan kepada penderita sesak napas anak-anak. Rasa pedas yang keras dan tidak cocok untuk organ tubuh anak anak.
  2. Teh herbal, jus apel, cengkeh.

Cara mengatasi sesak napas karena dengan alami alias tradisional adalah dengan memanfaatkan teh herbal dan jus apel sebagai minuman, sementara cengkeh dapat Anda minum air rebusannya ataupun sebagai tambahan aroma therapy di rumah Anda.

Demikian artikel tentang cara mengatasi sesak napas yang kami tulis. Semoga bermanfaat. Terimakasih sudah membaca.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *