11 Tips Mudah Menentukan Jasa Katering Jogja dengan Layanan Terbaik!

July 18, 2019

Acara syukuran atau acara perusahaan akan membutuhkan nasi kotak untuk sajian bagi peserta acara. Hal ini berlaku untuk semua daerah, baik di pedesaan bahkan perkotaan seperti di Jogja. Untuk menyelesaikan masalah ini biasanya digunakan jasa katering Jogja. Alasannya beragam, salah satunya agar tidak repot membeli bahan dan memasak. Karena masih banyak pekerjaan lain yang harus disiapkan untuk menerima peserta acara.

 

Masalahnya dalam memilih jasa katering, tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Karena jasa katering yang tersedia di Jogja sangat beragam dan cukup banyak. Untuk itu, diperlukan cara yang tepat untuk memilih katering dengan layanan terbaik. Sudah menemukan tips yang dapat membantu anda? Jika belum, dikesempatan kali ini akan dijelaskan beberapa tips yang dapat membantu anda. Apakah tips-tips yang harus dijalankan?

 

11 Tips Mudah Menentukan Jasa Katering Jogja dengan Layanan Terbaik

Untuk membantu anda menentukan jasa katering yang akan digunakan untuk acara, setidaknya terdapat 10 cara yang dapat dilakukan. Apakah cara yang dimaksud? Berikut informasinya,

  1. Kemasan yang Aman

Penyedia jasa katering biasanya memiliki kemasan box tersendiri. Kemasan yang dibuat oleh jasa katering juga menjadi media promosi. Karena dikemasan yang ada dimasukkan logo usaha. Namun poin terpentingnya adalah bagaimana kemasan yang dimilikki jasa katering Jogja cukup aman digunakan. Jika dirasa aman, sebaiknya gunakan jasa katering tersebut sebagai pilihan.

pexels.com

  1. Bersih, Higenis dan Sehat

Berikutnya anda harus memastikan apakah layanan yang diberikan cukup baik. Artinya, pastikan makanan yang dimilikki cukup sehat, bersih dan higienis. Caranya mudah, perhatikan bagaimana pemilihan bahan, pengolahan hingga pengemasan produk. Hal ini akan membuktikan bagaimana kualitas dari jasa katering. Jika kotak cukup baik, maka makanan yang diberikan cukup sehat.

 

  1. Memilih Menu yang Variatif

Dalam memilih jasa katering, periksalah apakah jasa katering memiliki banyak menu untuk disajikan. Menu yang variatif, membuat anda tidak bosan dengan menu yang sama. Utamanya jika banyak acara yang diadakan di kantor ataupun kebutuhan lainnya. Banyaknya menu yang tersedia, dapat membantu untuk menyesuaikan produk sesuai dengan budget yang dimilikki.

 

  1. Penyajian Makanan yang Fresh

Setiap jasa katering memiliki standar untuk penyajian makanannya. Namun sebagai pelanggan, pastikanlah makanan yang diberikan oleh jasa katering, merupakan makanan yang fresh. Caranya periksalah apakah bahan makanan yang diolah sudah diolah sebelumnya. Jangan sampai menimbulkan kekecewaan karena rasa bahan yang kurang sedap karena disimpan lama.

 

  1. Banyak Direkomendasikan

Perusahaan katering yang banyak direkomendasikan adalah jasa katering yang baik. Cara mengetahuinya mudah, yaitu mempertanyakan pada pelanggan yang sudah pernah melakukan order. Jika cukup memuaskan, maka jangan ragu menggunakan layanan katering tersebut. Namun jika tidak, sebaiknya beralihlah dan minta rekomendasi jasa katering lainnya.

 

  1. Memiliki Bahan Berkualitas

Tidak hanya penyajian, pemilihan bahan yang digunakan menjadi bagian yang penting. Karenanya disarankan untuk mengintip bagian dapur dari jasa katering sebelum melakukan pemesanan. Contohnya, jasa katering yang baik akan memilih peralatan masak yang tidak mudah terkontaminasi dengan makanan. Jadi, hasilnya benar-benar terjaga kebersihannya.

pexels.com

  1. Memberikan Kompensasi dan Garansi

Sama seperti usaha jasa lainnya, jasa katering biasanya berani memberikan garansi. Utamanya, jika makanan yang dipesan tidak sampai tepat waktu. Atau jika terjadi masalah saat makanan dikonsumsi, biaya pengobatan akan ditanggung pemilik usaha. Untuk itu, penting memperhatikan apakah layanan katering yang digunakan menyediakan garansi untuk anda.

 

  1. Makanan yang Nikmat

Bagian utama dalam pemilihan jasa katering adalah makanan yang disajikan. Artinya, pastikan bahwa makanan yang dibuat adalah makanan yang nikmat. Hal ini menjadi bagian utama, jika tidak dirasa nikmat, tidak ada salahnya beralih dari jasa katering tersebut. Untuk bisa menilainya, lakukanlah pengecekan ke dapur dan minta tester salah satu makanan dalam menu.

 

  1. Sudah Lama Beroperasi

Usaha yang sudah cukup lama beroperasi biasanya memiliki kualitas yang memadai. Dari segi pengalaman, setidaknya pemain lama sudah mengetahui bagaimana keinginan pelanggan. Bahkan jika terjadi masalah, jasa katering akan segera mengatasinya. Dengan adanya pengalaman, masalah mutu dan pelayanan yang diberikan akan menjadi bagian utama.

pexels.com

  1. Fasilitas yang Diberikan

Masing-masing penyedia jasa tentu memiliki fasilitas yang beragam. Contohnya, tersedia jasa katering yang memiliki layanan perlengkapan meja dan staf pelayan. Namun ada pula layanan yang tidak menyediakan perlengkapan meja, yaitu hanya layanan makanan. Hal ini yang perlu diperhatikan pada saat memilih jasa katering, sehingga tidak ada layanan yang terlewat.

 

  1. Harga yang Ditawarkan dan Budget

Terakhir, perhatikanlah tentang harga yang ditawarkan. Penyesuaian dapat dilakukan dengan memperhatikan budget yang dimilikki. Jangan sampai, budget yang dimilikki habis hanya untuk menyediakan menu nasi box Jogja atau menu lainnya. Hingga akhirnya, pos-pos pengeluaran lainnya tidak dapat dipenuhi dan membuat acara berantakan.

 

Dalam melakukan pemilihan jasa katering, pilihlah beberapa tempat untuk dikunjungi. Setelahnya, barulah pastikan jasa katering Jogja yang akan dipilih. Tentunya, didasarkan pada beberapa tips yang telah dijelaskan di atas. Jika belum mendapatkan pilihan, mungkin anda yang terlalu selektif. Jadi, turunkanlah standar, sesuai kebutuhan utama.