Ide Desain Dapur Minimalis Sederhana

September 10, 2019

Sekarang ini orang-orang cenderung menyukai hal-hal yang berkonsep minimalis. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang memiliki rumah kecil, minimalis, dan juga sederhana sebagai tempat tinggal mereka. Meskipun minimalis, namun rumah ini tetap memberikan kesan nyaman dan juga hangat yang dapat dirasakan oleh seluruh anggota keluarga.

Rumah minimalis dipilih juga dikarenakan keterbatasan lahan dan harga tanah yang sangat mahal. Terlebih lagi di daerah perkotaan. Dengan memiliki rumah yang minimalis, tentu saja seluruh ruangan yang terdapat dalam rumah tersebut mempunyai ukuran yang kecil. Hal ini juga dapat terlihat dari ukuran dapur yang mungil dan sederhana.

Oleh karena itu, banyak orang yang mengakali dapur mungil ini dengan berbagai furniture yang mampu membuat ruangan terkesan lebih luas. Jadi, tidak hanya konsep rumah saja yang minimalis, tetapi dapur pun dapat dibuat dengan kesan yang minimalis. Dapur dengan konsep minimalis juga akan menghemat pengeluaran guna membeli berbagai macam perabotan.

Ide Desain Dapur Minimalis yang Sederhana

Akan tetapi, terkadang ide untuk menciptakan kesan dapur yang minimalis cukup sulit dan cenderung hanya itu-itu saja. Apabila Anda mempunyai dapur dengan ukuran yang tidak terlalu luas dan ingin menggunakan konsep minimalis, berikut ini adalah beberapa ide desain dapur minimalis yang sederhana dan dapat dijadikan sebagai referensi untuk Anda.

unsplash.com

  1. Dapur dengan Nuansa Abu-Abu

Memilih perabotann dengan aksenn warna abu-abu yang dipadukan dengan warna putih akan menimbulkan kesan dapur yang minimalis. Selain itu, warna abu-abu juga memberikan kesan dapur yang lebih modern serta tidak mudah kotor. Oleh karena itu, tidak jarang beberapa orang memilih warna ini untuk menghiasi dapur mereka.

Supaya ruang dapur terlihat lebih luas, Anda dapat menggunakan lemari berbentuk huruf U. Hal ini akan membuat Anda melakukan beberapa kegiatan dalam satu area tersebut. Tidak hanya itu, konsep ini juga akan menghemat penggunaan listrik karena mempunyai skylight yang berfungsi sebagai jalur masuk sinar matahari.

  1. Menggabungkan Area Dapur dengan Ruang Makan

Ukuran ruangan yang kecil membuat Anda harus pandai berkreasi. Oleh karena itu, Anda dapat menggabungkan area dapur dengan ruang makan sehingga akan tercipta ruangan yang lebih luas. Konsep ini juga akan membuat Anda lebih mudah meletakkan berbagai perabotan untuk keperluan makan dan dapur.

  1. Dapur Hemat Listrik

Dapur dengan konsep minimalis tidak memerlukan banyak penggunaan lampu. Jadi, untuk mengakalinya Anda dapat memanfaatkan jendela sebagai tempat masuknya sinar matahari. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan cat putih untuk dinding agar dapur terlihat lebih terang dan cerah.

unsplash.com

  1. Dapur Desain Kontemporer

Dapur dengan desain kontemporer ini menggunakan dominasi warna hitam. Mayoritas perabotan, seperti kuris, corong lampu, panic, keran air, dan sebagainya berwarna hitam. Untuk semakin menciptakan kesan kontemporer, Anda dapat menambahkan dinding berwarna hitam di sudut ruangan sebagai media bermain anak-anak.

  1. Dapur dengan Nuansa Putih

Bagi sebagian orang, dapur dengan nuansa putih adalah hal yang dihindari karena mudah kotor. Namun, apabila Anda termasuk orang yang tidak senang dengan sesuatu yang kotor, maka Anda dapat mencoba untuk menerapkan konsep dapur dengan nuansa warna putih ini di rumah Anda.

  1. Dapur dengan Material Kayu

Sekarang ini sudah banyak orang yang menggunakan material kayu untuk menghiasi perabotan rumah. Jika Anda menyukai aksen kayu pada sebuah ruangan, maka Anda dapat mengaplikasikannya pada dapur Anda. Material kayu ini akan menimbulkan kesan dapur yang lebih hangat dan elegan.

unsplash.com

  1. Dapur Kitchen Island

Jika Anda bosan dengan konsep dapur yang perabotannya menempel di dinding, maka Anda dapat mencoba konsep kitchen island ini. Anda dapat menggunakan kitchen island dengan ukuran kecil yang sesuai dengan luas dapur Anda. Jadi, ruang gerak Anda tidak akan terbatasi.

Anda bisa juga meletakkan meja makan persis di samping kitchen island sehingga Anda dapat dengan mudah menyajikan makanan yang telah dimasak sebelumnyan di kitchen island. Dengan begitu, maka dapur Anda akan terlihat jauh lebih rapi dan juga tertata dengan baik.

  1. Dapur dengan Konsep Bar

Dapur yang minimalis dengan konsep bar ini kini sedang banyak diminati. Menggabungkan meja makan seperti bar yang dilengkapi dengan kursi tinggi adalah pilihan yang cocok bagi Anda yang mempunyai dapur mungil.  Anda bisa menggunakan furniture berwarna putih untuk menciptakan kesan minimalis.

Delapan ide desain dapur minimalis sederhana tadi dapat Anda aplikasikan untuk dapur dengan luas yang terbatas. Apabila Anda masih merasa bingung atau belum menemukan konsep yang sesuai dengan keinginan, maka Anda dapat meminta bantuan kepada pihak penyedia jasa gambar rumah.

Sudah beberapa tahun ini jasa mereka digunakan untuk membantu orang-orang yang ingin menggunakan konsep tertentu untuk rumah mereka. Sudah pasti kehadiran mereka sangat diperlukan dan membantu untuk merancang sebuah ruangan agar sesuai dengan konsep dan kriteria pemiliknya.

Oleh karena itu, tidak heran jika sekarang ini sudah banyak sekali orang yang memilih untuk menggunakan jasa gambar rumah demi menciptakan konsep rumah yang sesuai dengan keinginan mereka.