Doa Agar Cepat Melahirkan Dengan Lancar Dan Mudah

April 4, 2019

Memiliki sang buah hati memang menjadi tujuan utama dalam suatu pernikahan. Apalagi usia kandungan yang sudah memasuki trisemester terakhir, hal ini akan membuat para calon orang tua merasakan was-was akan kelahiran sang buah hati. Karena memang ketika melahirkan nyawa seorang perempuan menjadi taruhannya. Untuk itu sebelum melahirkan anda bisa mempersiapkan beberapa keperluan seperti mempersiapkan secara finansial, mental dan juga fisik.

Memang ketika hendak melahirkan akan menjadi hal yang menegangkan dan membahagiakan. Apalagi jika baru pertama kali akan melahirkan, tentunya rasa khawatir selalu menghantui. Namun bagi yang sudah berpengalaman mungkin ia tidak merasakan takut dan khawatir lagi. Meskipun sudah berpengalaman anda musti melakukan sebuah persiapan sebelum melahirkan. Karena persiapan yang maksimal akan mempermudah proses persalinan. Salah satu yang paling dalam persiapan persalinan selain hal di atas yaitu doa agar cepat melahirkan. Berikut dibawah ini beberapa ulasan mengenai doa agar cepat melahirkan dengan mudah dan lancar.

www.pexels.com

Amalan dan Doa Agar Cepat Melahirkan

  1. Doa untuk melahirkan

Tidak hanya persiapan secara mental, finansial dan fisik saja yang musti dipersiapkan menjelang melahirkan. Salah satunya yaitu doa kelahiran anak, meminta kepada Allah SWT. Agar diberi kemudahan dan kelancaran ketika melahirkan buah hati. Doa agar cepat melahirkan ini sangat mudah untuk anda hafalkan dan amalkan. Arti dari doa melahirkan sebagai berikut:

“hana melahirkan maryam, sedangkan maryam melahirkan isa. Maka lahirlah hai anak dengan sebab kekuasaan Allah yang disembah”.

Doa tersebut bisa anda amalkan atau baca ketika menginjak trisemester akhir atau ketika mendekati Hari Perkiraan Lahir (HPL). Kemudian sambil berserah diri memohon kepada Allah untuk kelancaran dan kemudahan saat melahirkan. Ketika anda sudah memaksimalkan doa dan usaha selebihnya biar menjadi urusan Allah yang berkehendak akan diberi kelancaran atau tidak.

  1. Dzikir

Tak hanya doa saja yang harus anda lakukan dengan maksimal, tentunya ada amalan-amalan yang musti anda lakukan ketika hendak melahirkan. Yaitu anda bisa memperbanyak dzikir kepada Allah SWT. Seperti memperbanyak melafadzkan kalimat laailaha illallah, alhamdulillah, Allahu Akbar, dan lafadz dzikir lainnya.

  1. Sholawat

Melafadzkan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Juga bisa menjadi salah satu doa agar cepat melahirkan, jadi anda bisa mengamalkan sholawat tersebut ketika hendak bersalin atau di waktu mendekati waktu persalinan.

  1. Sholat shunnah

Di waktu akhir masa hamil anda bisa memperbanyak sholat shunnah dan melengkapi sholat wajib anda. Dengan ikhtiar dan berusaha agar ketika melahirkan mudah dan lancar. Namun kembali lagi pada Allah Tuhan semesta alam Dia berkehendak bagaimana. Akan tetapi usaha dan ikhitiar juga sangat penting agar anda melahirkan dengan mudah. Karena gerakan sholat juga bisa melancarkan saat anda melahirkan nantinya.

  1. Baca ayat kursi

Amalan lain doa agar cepat melahirkan yaitu dengan membaca ayat kursi yang dilanjutkan dengan membaca ayat dalam surat Maryam ayat 78-79. Dengan mendekatkan diri kepada Allah merupakan salah satu ikhtiar agar diberikan kemudahan dalam persalinan.

Demikian ulasan mengenai amalan dan doa agar cepat melahirkan. Namun disamping berikhtiar melalui doa dan amalan anda juga harus memperhatikan fisik anda. Jangan sampai anda lemah ketika akan melahirkan. Karena fisik juga sangat mempengaruhi kelancaran persalinan anda. Berikut ini beberapa tips agar tubuh tetap dalam keadaan fit dan prima saat hendak melahirkan.

www.pexels.com

Tips Tubuh Tetap Fit Saat Akan Melahirkan

  1. Jaga kebugaran dengan senam

Jika anda memiliki tubuh dalam keadaan prima maka anda dengan mudahnya melahirkan dengan cepat. Untuk itu meskipun anda hamil cobalah untuk ikut senam, namun senam ibu hamil dengan senam yang dilakukan ketika tidak hamil berbeda. ketika hamil gerakannya slow atau lamban dan dengan gerakan-gerakan yang bisa menstimuli bayi agar ia siap untuk dilahirkan. Senam juga agar menyehatkan dan membugarkan badan sehingga badan akan sangat fit. Jadi ketika badan fit maka ketika kontraksi datang anda tidak perlu lagi membutuhkan bantuan seperti epidural dan juga alat-alat lainnya yang digunakan untuk merangsang agar bayi cepat keluar.

  1. Ikuti kelompok ibu hamil

Anda juga bisa menjadi bagian dari ibu-ibu hamil lainnya dan ikuti kegiatan-kegiatannya seperti senam, melatih diri ketika menghadapi kontraksi, dan lain-lain yang berhubungan dengan proses persalinan anda. untuk itu anda bisa mencari kelas ibu hamil dengan instruktur yang profesional yang telah memiliki sertifikat resmi. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir akan terjadinya mall praktek. Dan anda tidak panik ketika kontraksi terjadi.

  1. Mengalihkan perhatian saat kontraksi

Untuk anda yang akan melahirkan anak pertama, memang prosesnya akan berlangsung lama yaitu sekitar 12 sampai  14 jam. Ketika kontraksi untuk pertama kalinya anda bakal merasakan sakit pada bagian punggung dan perut bagian bawah dengan terasa kram. Untuk itu bersikaplah tenang seakan-akan tidak terjadi apa-apa. Hal ini suami atau juga keluarga memiliki peran untuk mengalihkan perhatian istri ketika hendak melahirkan. Seperti mengajak bercanda sehingga rasa sakit akan tidak terasa. Lakukanlah apa yang membuat anda rileks, bisa dengan berjalan-jalan, ngobrol atau membaca doa agar cepat melahirkan juga menjadi salah satu cara untuk merelekskan otot saat kontaksi.

  1. Mandi air hangat

Ketika anda mengalami kontraksi yang hebat yang akan membuat beberapa otot akan menjadi tegang sehingga akan membuat anda merasakan kesakitan dan rasa tidak nyaman. Salah satu cara untuk mengalihkan perhatian yaitu dengan mandi menggunakan air hangat dengan shower. Karena air hangat dipercaya dapat memberikan rasa rileks dan meredakan rasa tegang yang anda rasakan.

  1. Jangan berbaring

Duduk bisa membuat persalinan anda semakin mudah dan lancar, karena hal ini berdasarkan gaya grafitasi bumi yang menarik bayi dari dalam rahim. Sehingga kepala bayi akan menekan mulut rahim, hal ini akan membantu bukaan pada jalan lahir sang bayi. Selain itu anda bisa berlutut dan berdiri atau juga jongkok. Karena gerakan tersebut dipercaya dapat membantu melebarkan panggul yang bisa memudahkan bayi mudah lahir. Sehingga persalinan anda semakin cepat dan lancar.

  1. Memijat

Ketika memijat perempuan yang sedang bersalin maka bisa mengurangi rasa sakit yang dirasakan. Untuk itu bagi para suami bisa melakukan pijatan-pijatan pada tubuh istri seperti bahu dan tangan. Hal ini bisa mengurangi rasa sakit dan bisa menurunkan rasa gelisah istri. Ketika pertama kali merasakan kontraksi anda bisa meminta bantuan suami atau keluarga untuk memijat bagian yang anda inginkan seperti punggung atau yang lainnya. Dan sesekali bacalah doa agar cepat melahirkan, hal ini akan mempermudah persalinan anda.

  1. Ngemil

Ngemil juga dipercaya namun membantu proses persalinan anda karena ngemil bisa memberikan energi pada anda. namun hindari ngemil yang memiliki lemak banyak. Selain itu anda bisa meminum air putih sebanyak-banyaknya agar mudah dalam persalinan. Karena air putih dapat memberikan cairan pada pembuluh darah sedangkan jika cairan dalam pembuluh darah lancar dan banyak bisa melancarkan proses melahirkan.

Demikian di atas merupakan ulasan mengenai tips agar melahirkan lancar dan cepat. Namun jangan lupa serahkan kepada Tuhan yang maha Esa agar diberi kemudahan dan kelancaran dengan membaca doa agar cepat melahirkan. Ketika anda sudah berusaha dan berserah diri kepada Allah, selanjutnya anda tinggal menunggu bagaimana Allah memberikan yang terbaik. Selanjutnya yaitu persiapan-persiapan yang musti anda lakukan sebelum melahirkan. Berikut ini tips mempersiapkan lahiran.

www.pexels.com

Tips Mempersiapkan Lahiran

  1. Memilih dokter yang menangani dan juga lokasi

Anda bisa memilih dokter siapa yang akan membantu persalinan anda dan tentunya jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat tinggal anda. Karena jika lokasi dokter yang akan membantu persalinan anda jauh maka kemungkinan tidak mendapatkan pertolongan pertama atau bisa jadi anda melahirkan di dalam perjalanan tanpa bantuan medis. Namun jika anda menginginkan bersalin di rumah sakit, ketika anda sudah merasakan kontraski yang pertama kali anda bisa langsung membawanya ke rumah sakit dengan pelayanan yang bagus dan dokter yang profesional. Sebelumnya anda melakukan survei denga mencari referensi rumah sakit mana yang memiliki fasilitas dan pelayanan yang bagus dalam menangani persalinan. Jadi ketika hari H terjadi anda tidak perlu memikirkan dan mencari rumah sakit yang cocok untuk anda.

  1. Menyiapkan barang

Ketika kandungan sudah memasuki trisemester yang terakhir anda bisa menyiapkan beberapa hal yang musti anda siapkan. Yaitu seperti pakaian ganti setelah melahirkan, popok untuk bayi, baju bayi, selimut, diapers, minyak penghangat bayi, bedak, dan alat untuk mandi bayi dan juga ibu.

www.pexels.com

  1. Konsultasi ke dokter

Setiap bulan ketika anda periksa rajin-rajinlah mengkonsultasikan bayi dalam kandungan anda. sampaikan keluhan-keluhan yang anda alami jangan sampai terlewatkan. Karena hal tersebut membantu doktor untuk memberikan obat dan sarannya untuk proses lahiran anda agar mudah, lancar, dan cepat. Namun jangan lupa selain konsultasi ke doktor anda juga mengimbangi dengan membaca doa agar cepat melahirkan. Jadi dokter bisa anda gunakan sebagai perantara untuk membantu anda dalam persalinan.

  1. Sharing dengan yang berpengalaman

Sharing dengan ibu-ibu yang sudah pernah melahirkan juga sangat penting. Dengan begitu anda memiliki pengalaman dari ibu-ibu yang sudah pernah melahirkan. Meskipun kadang tiap orang berbeda-beda yang dirasakan saat melahirkan, namun dengan sharing anda bisa menyiapkan apa saja yang musti anda siapkan sebelum lahiran tiba.

Demikian ulasan mengenai tips persiapan ketika hendak lahiran. Jangan lupa untuk tetap membaca doa agar cepat melahirkan, kemudian pasrahkan semuanya pada Tuhan yang mengatur segalanya di alam semesta ini. ketika anda sudah melakukan segala persiapan untuk menyambut sang buah hati lahir di dunia, dengan berbagai amalan dan doa, lalu usaha-usaha agar diperlancar dalam bersalin maka anda tinggal berserah dan meminta yang terbaik untuk anda dan juga calon buah hati anda. semoga artikel ini bermanfaat untuk para calon orang tua dan bagi yang akan melahirkan baik anak pertama maupun anak kedua, ketiga, keempat, lima, atau bahkan enam. Semoga dipermudah pula saat lahiran dengan segala usaha dan bacaan doa agar cepat melahirkan dengan mudah dan lancar.