Memahami Profesi Seorang Dokter Bedah

May 29, 2019

Ilmu kedokteran menjadi salah satu ilmu yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Pada masa awal ilmu kedokteran  dikembangkan memang ada banyak metode pengobatan yang tidak masuk akal dan sangat berbahaya karena ada cukup banyak pengobatan yang menggunakan bahan yang sangat berbahaya seperti potassium dan formalin. Karena peralatan medis yang digunakan juga belum canggih dan masih sangat sederhana maka jenis penyakit yang dapat disembuhkan juga masih sangat terbatas.

Namun ilmu kedokteran atau ilmu medis merupakan ilmu yang mengalami perkembangan yang sangat pesat jika dilihat dari potret ilmu kedokteran yang ada di masa lalu dengan ilmu kedokteran yang ada saat ini. Para dokter dan ahli medis memang selalu mengembangkan jenis pengobatan, obat dan peralatan medis yang dipakai agar semua jenis penyakit dapat diobati dan disembuhkan. Untuk informasi kesehatan yang lebih lengkap akan dijelaskan di bimbel kedokteran.

Saat ini dalam ilmu medis juga dikenal dengan istilah dokter spesialis. Dokter spesialis merupakan dokter yang melanjutkan pendidikan ke ilmu kedokteran khusus dengan mengambil salah satu bidang kedokteran. Ada banyak dokter ahli yang diketahui saat ini, ada dokter ahli  bedah, dokter anak, dokter tht, dokter kandungan atau obgyn, dokter mata dan dokter jiwa. Masing-masing dokter ahli tersebut juga masih memiliki spesifikasi yang sangat banyak. Karena jenis penyakit yang ada saat ini juga semakin berkembang. Untuk dokter ahli ini biasanya akan melakukan tindakan medis yang lebih serius dari tindakan medis yang dilakukan oleh dokter umum. Tapi untuk mendapatkan gelar dokter ahli memang akan membutuhkan proses yang sangat panjang.

pxhere.com

Fakta Baju Operasi Yang Dipakai Dokter Bedah

Salah satu dokter ahli yang dikenal sangat sulit dan memiliki pendapatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan dokter ahli yang lainnya adalah dokter bedah. Dokter yang khusus melakukan praktek di meja operasi ini memang akan sangat sulit akibat harus mempertaruhkan hidup manusia di ruang operasi. Namun untuk berbagai penyakit yang berbahaya memang akan ditangani langsung oleh dokter ahli bedah ini. Mungkin anda adalah salah satu orang yang tertarik untuk menjadi seorang ahli bedah. Saat ini profesi dokter ini memang masih sangat menjanjikan dan bisa diandalkan bahkan untuk masa tua sekalipun.

Bagi yang penasaran dengan dunia dokter ahli bedah maka dalam artikel ini akan sedikit dibahas tentang fakta paling menarik yang mungkin belum banyak diketahui oleh orang lain. Yaitu tentang seragam wajib yang dipakai oleh seorang ahli bedah saat berada di ruang operasi. Sebelum tahun 1941 baju operasi yang dipakai oleh seorang ahli bedah adalah baju yang berwarna putih namun setelah tahun 1941 warna baju yang dipakai ahli bedah saat melakukan operasi berganti dengan warna hijau dan biru. Tentu saja pergantian warna pakaian operasi yang harus dipakai oleh seorang ahli bedah ini berganti bukan tanpa alasan namun perubahan warna ini berhubungan dengan warna darah yang merah gelap. Perubahan warna ini terjadi karena dua alasan berikut ini:

  1. Menghindari kebutaan warna tim medis. Pada saat melakukan operasi para tim medis akan sangat fokus dengan operasi yang dilakukan dan akan sangat dominan melihat warna merah gelap dari darah sehingga jika tim tidak memakai warna yang berseberangan dengan warna merah gelap dari darah maka mereka dapat mengalami kebutaan warna.
  2. Agar lebih awas saat melakukan operasi. Para tim medis dapat memanfaatkan warna hijau dan biru untuk membantu membedakan warna merah gelap dengan warna merah muda. Ditambah lagi tim medis akan lebih awas saat melakukan operasi dan tidak akan melakukan kesalahan pada tubuh pasien.

pxhere.com

Beberapa Jenis Dokter Bedah Yang Ada Saat ini

Selain fakta unik dari dokter bedah akan dibahas juga tentang beberapa jenis dokter ahli bedah yang ada saat ini.  Ada banyak dokter ahli bedah yang dapat anda pilih, jenis-jenis dokter bedah tersebut adalah:

  1. Dokter ahli bedah umum. Dokter ahli bedah umum ini merupakan dokter yang akan mengatasi masalah bedah usus, hati, kantung pangkreas, usus besar dan perut namun dalam beberapa kasus para ahli bedah umum juga dapat melakukan operasi sub yang besar seperti yang dilakukan oleh ahli bedah khusus.
  2. Dokter ahli bedah mulut. Dokter ahli bedah ini akan melakukan operasi rahang, operasi implant gigi dan operasi gigi bungsu.
  3. Dokter ahli bedah plastik. Dokter ini bisa melakukan operasi kelopak mata, operasi wajah, operasi hidung, suntik lemak atau melakukan operasi yang berhubungan dengan kecantikan dan kesehatan.
  4. Dokter ahli bedah disgesif. Dokter ahli bedah ini akan melakukan operasi yang berhubungan dengan pencernaan manusia. Seperti anus, hati, pangkreas. Usus, perut hingga rectum.
  5. Dokter ahli bedah syaraf. Dokter ini akan melakukan operasi pada saraf otak, saraf tulang belakang, serabut saraf di bagian kaki dan tangan.

pxhere.com

Semua yang dibahas dalam artikel ini pasti sudah cukup membantu anda untuk lebih tahu dan kenal dengan dokter bedah. Dokter yang akan menyelamatkan banyak nyawa saat berada di ruang operasi. Bahkan dokter ini juga terkenal dengan dokter khusus yang memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi dan hanya orang spesial yang dapat menjadi ahli bedah.