Fakta Kuliah di Yogyakarta yang Jarang Disadari

January 6, 2019

Jika anda melanjutkan studi di Yogyakarta, bisa jadi anda mengalami fakta kuliah di Yogyakarta berikut ini baik dengan sadar maupun tanpa anda sadari.Melanjutkan studi di Yogyakarta memang menjandi dambaan setiap masyarakat dengan sejuta pesona dan daya dukung yang dimiliki oleh Yogyakarta. Sehingga membuat Yogyakarta menjadi kota yang banyak diminati di tanah air. Maka tak ada salahnya anda menyimak berbagai fakta menarik berikut ini terkait dengan dunia perkuliahan di Yogyakarta maupun fakta menarik mengenai mahasiswa di Yogyakarta.

Fakta Kuliah di Yogyakarta: Alasan Memilh Yogyakarta untuk Kuliah

Jika anda saat ini sedang duduk di bangku sekolah menengah atau ataupun sederajat, tentunya saat ini anda sudah mulai memikirkan dan juga menimbang kemana anda akan melanjutkan studi anda. Dimana hal ini nantinya akan berpengaruh pula dengan peluang prospek kerja dan juga masa depan anda. Pastinya ada berbagai kota yang terbesit dalam benak anda. Baik karena ketertarikan tanpa mengetahui detail alasannya, tertarik karena banyak teman yang akan anda jumpai disana, ataupun berbagai alasan lainnya. Akan tetapi perlu anda ketahui bahwa keinginan masyarakat untuk bisa melanjutkan studi di Yogyakarta begitu besar dan hal ini masuk dalam salah satu fakta kuliah di Yogyakarta yang menarik dan unik.

Pexels.com

Lalu apakah sebenarnya yang menjadi alasan bagi masyarakat memilih Yogyakarta sebagai kota untuk melanjutkan studi? Tentu saja berbagai alasan berikut ini akan masuk dalam fakta kuliah di Yogyakarta yang pastinya semakin menarik untuk diketahui. Beberapa diantaranya ialah sebagai berikut ini:

  • Yogyakarta sebagai Kota Kampus

Bukan hanya sebagai kota pelajar, Yogyakarta dikenal sebagai kota Kampus. Tentu saja julukan ini disandangkan kepada kota Yogyakarta karena kota istimewa ini memiliki banyak sekali kampus baik negeri maupun swasta didalamnya. Dan pastinya jumlah kampus yang ada di Yogyakarta tercatat paling banyak dibandingkan kota lain sehingga Yogyakarta memiliki julukan sebagai kota kampus. Ya, perlu anda ketahui bahwa Yogyakata memiliki ratusan kampus atau scara detail, Yogyakarta memiliki setidaknya 116 perguruan tinggi baik perguruan tinggi negeri (PTN) mauupun perguruan tinggi swasta (PTS). Selain itu kota Yogyakarta tidak hanya kondang dengan jumlah kampus yang begitu banyak akan tetapi juga kualitas pendidikan dan juga prestasi dari berbagai kampus yang mampu menjebol hingga tingkat dunia atau internasional. Bahkan beberapa kampus di Yogyakarta mampu masuk dalam kategori kampus dunia.

  • Biaya hidup yang sangat terjangkau

Hal lain yang menjadi daya tarik adalah biaya hidup di Yogyakarta yang benar benar murmer atau murah meriah. Biaya hidup disini tidak hanya soal makanan atau kulinernya saja. Anda juga bisa merasakan berbagai hal lain yang benar benar terjangkau, seperti biaya sewa kos, baya transportasi, biaya pariwisata, dan lain sebagainya. Sehingga tak heran jika anda bisa menghemat pengeluaran anda selama anda kuliah di Yogyakarta.

Pexels.com

  • Ada banyak komunitas belajar dan tempat kursus

Fasilitas tunjangan dalam dunia pendidikan seperti komunitas belajar dan juga tempat kursus tidak akan sulit anda temukan disini. Berbagai lembaga ternama menawarkan berbagai program yang akan siap menunjang kemampuan maupun soft skill anda. Sehingga mampu menambah daya tawar anda sebagai lulusan perguruan tinggi nantinya. Hal ini juga akan menambah peluang prospek kerja anda nantinya.

  • Ada beragam budaya dan pariwisata

Daya tarik dari segi budaya dan pariwisata di Yogyakarta ini tak pelru diragukan lagi. Hampir di setiap sudut kota Yogyakarta memiliki daya tarik yang membuat masyarakat menajdi betah untuk terus berada disana.

  • Pergaulan tingkat Internasional

Mengingat bahwa beberapa kampus membuka kelas internasional sehingga memungkinkan anda untuk bsa mendapatkan pergaulan kelas internasional di Yogyakarta. Apalagi dengan ditambah adanya program pertukaran pelajar yang semakin membuat pergaulan di Yogyakarta semakin multidimensional

  • Fasilitas Lengkap

Fasilitas di Yogykarta lengkap dan juga mampu melayani selama 24 jam. Baik aktivitas anda di siang hari maupun di malam hari bisa anda lakukan dnegan lancar karena fasilitas ini bisa diakses denga baik.

Berbagai Fakta Kuliah di Yogyakarta yang Wajib Anda Ketahui

Selain beragam alasan yang mendasar masyarakat memilih dan menentukan untuk melanjutkan studi atau kuliah di Yogyakarta seperti yang disebutkan diatas, tentu saja ada berbagai fakta kuliah di Yogyakarta menarik lainnya yang juga perlu anda ketahui. Dimana fakta berikut ini terjadi secara alamiah begitu saja baik anda sadar maupun tidak anda sadari setelah anda juga menajdi bagian dari mahasiswa di Yogyakarta. Ya, memang setiap mahasiswa memiliki karakter yang beragam dan berbeda beda dalam kesehariannya. Akan tetapi jika anda perhatikan denagn baik, selalu tejadi perubahan yang bisa jadi dipengaruhi oleh berbagai hal sehingga mneyebabkan berbagai fakta unik ini bisa terjadi.Apa saja fakta unik tersebut? Diantaranya ialah sebagai berikut ini:

  • Sebagian besar mahasiswa Yogayakarta datang tanpa menguasai Bahasa Jawa

Ya status sebagai mahasiswa di Yogyakarta tidak lantas kemudian membuat mahasiswanya langsung bisa menguasai bahasa Jawa secara ototmatis. Bahkan banyak mahasiswa rantau dari luar Yogyakarta yang kemudian mulai mengenal dan mengetahui bahasa Jawa setelah menajdi mahasiswa di Yogyakarta.Karena memang penggunaan bahasa Jawa di Yogyakarta begitu kental untuk pergaulan.

Pexels.com

  • Sebagian besar mahasiswa Yogyakarta pernah melakukan touring

Dengan berbagai pesona dari Yogyakarta tentu saja menjadi kesempatan emas untuk mahasiswa melakukan touring untuk menelusuri setiap sudut kota. Apalagi hampir di setiap sudut kota Yogyakarta mampu menjadi daerah wisata yang menarik dan potensial.

  • Yogyakarta Jagonya Angkringan dan Burjo

Belum kuliah di Yogyakarta jika anda belum mencoba menikmati kudapan di angkringan maupun burjoan.Selain menyediakan makanan yang enak dan juga khas, angkringan dan burjoan ini sering kali menjadi tempat nongkrong yang asik dan juga sangat terjangkau. Bahkan tak heran jika ada banyak sekali mahasiswa yang menghabiskan waktunya hingga berjam-jam disana hanya untuk nongkrong dan bergurau dengan temannya

Pexels.com

  • Tempat nongkrong favorit mahasiswa di sekitar Selokan Mataram

Daerah di selokan mataram ini saat ini menjadi begitu banyak dijadikan sebagai tempat nongkrong untuk para mahasiswa.Jika angkringan dan burjo sebagai tempat nongkrong sederhana dan simpel, maka selokan mataram menjadi tempat nongkrong mahasiswa jaman now. Disana anda akan menemukan banyak skeali café ataupun distro mentereng di Yogyakarta. Tentu saja dengan biaya yang sesuai dengan kantong mahasiswa.

Itulah berbagai informasi mengenai fakta kuliah di Yogyakarta. Beragam fakta unik diatas bisa jadi akan semakin membuat anda tertarik untuk mengunjungi kota Yogyakarta. Baik dalam rangka untuk melanjutkan studi ataupun hanya sekedar berwisata kesana.Maka untuk kelancaran perjalanan anda, jangan lupa untuk mempercayakan perjalanan anda pada paket wisata jogja yang lengkap dan terpercaya.Sehingga perjalanan wisata ataupun kunjungan anda ke Yogyakarta bisa memberikan kesan yang begitu membekas. Andapun kemudian nanti harapannya anda tertarik untuk kembali mengunjungi kota Yogyakarta.