Fitur Keren yang Hanya Ditemukan di Ponsel Pintar Xiaomi

September 11, 2019

Bagi pengguna ponsel pintar pastinya sudah tidak asing lagi dengan kehadiran merek Xiaomi di pasar Indonesia. Ya, merek asal Tiongkok ini sangat laris-manis. Bahkan tidak hanya di pasar Indonesia, melainkan hampir semua negara di dunia. Harga murah, desain keren, dan hadirnya fitur keren Xiaomi menyebabkan para pengguna ponsel pintar beralih ke produk satu ini.

Fitur Eksklusif di Ponsel Pintar Xiaomi

Urusan fitur eksklusif yang ditawarkan Xiaomi tidak kalah dengan fitur yang ada di Samsung maupun iPhone. Tidak mengherankan kalau Xiaomi kini merusak dominasi dua merek tersebut. Lantas, fitur eksklusif apa saja yang ditawarkan oleh Xiaomi? Ikuti penjelasannya Wakdroid di bawah ini.

  • Dual Apps

Fitur eksklusif pertama yang bisa Anda nikmati sebagai pengguna Xiaomi adalah fitur Dual Apps. Aplikasi ini mekanisme kerjanya sangatlah unik, yaitu menggandakan setiap aplikasi yang ada di dalam perangkat. Dengan kata lain, melalui aplikasi ini Anda bisa membuat dua akun WhatsApp di satu perangkat. Demikian juga dengan akun sosial media lainnya, seperti Instagram, Facebook, dan lain sebagainya.

Supaya bisa menikmati fitur dual apps ini Anda harus memiliki ponsel pintar Xiaomi dengan MIUI 8. Selanjutnya, lakukan pengaturan dengan mengunjungi menu Setting, pilih Dual Apps. Sesudah itu, Anda bisa memilih aplikasi mana yang ingin digandakan. Mudah, kan?!

pixabay.com

  • Child Mode

Tidak dipungkiri lagi kalau ponsel pintar sekarang sudah digunakan oleh anak-anak. Akan tetapi, berbagai macam konten di dalam perangkat tidaklah cocok untuk diakses oleh anak kecil. Melihat dampak buruk yang dihasilkan, akhirnya Xiaomi merilis fitur unggulan bernama Child Mode.

Fitur Child Mode keluaran Xiaomi merupakan fitur yang pertama kali hadir di perangkat gawai. Langkah mengaktifkannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mengunjungi menu pengaturan (Setting), pilih Child Mode untuk mengaktifkannya. Sesudah itu, Anda bisa memilih aplikasi apa saja yang dapat diakses oleh buah hati.

  • Second Space

Xiaomi menjadi vendor yang rutin meluncurkan fitur-fitur terbaru. Salah satu fitur yang tidak dapat ditemukan di merek lainnya adalah Second Space. Menggunakan fitur ini dapat membuat ruang baru di satu perangkat. Mengaktifkan fitur Second Space memungkinkan Anda menyembunyikan data penting sehingga tidak dapat diakses oleh orang lain.

Langkah mengaktifkannya pun sangat mudah. Anda hanya perlu mengunjungi menu Setting, pilih Second Space, dan klik Creat Second Space. Apabila sudah dilakukan, Anda bisa mengatur apapun aplikasi ke ruang baru tersebut supaya orang lain tidak sembarangan mengaksesnya.

pixabay.com

  • Screenshoot dengan Ukuran Lebih Panjang

Fitur eksklusif berikutnya yang hanya bisa ditemukan di Xiaomi adalah screenshoot dengan ukuran/format yang lebih panjang. Berbeda dengan ponsel pintar lainnya, screenshoot hanya satu ukuran layar saja. Di Xiaomi Anda bisa melakukan screenshoot satu halaman penuh bahkan bisa sampai dua halaman.

Cara menggunakan screenshoot di Xiaomi adalah melalui menu Setting dan pilih Screenshoot. Apabila sudah aktif, Anda dapat melakukan screenshoot dengan menempelkan tiga jari ke layar dan geser sampai selesai.

  • Edit Video

Seperti halnya dengan merek iPhone yang memiliki fitur iMovie. Xiaomi pun tidak ingin kalah karena mempunyai fitur editing video yang sudah terpasang built-in di menu galeri. Melalui penggunaan fitur ini, Anda bisa menambahkan subtitle, filter audio, dan lain sebagainya untuk menciptakan video terbaik. Dengan begitu Anda tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga.

pixabay.com

Fitur Rahasia yang Belum Diketahui Pengguna Ponsel Pintar Xiaomi

Tidak berhenti di fitur eksklusif saja pembahasan kami. Masih ada pembahasan tentang fitur yang jarang diketahui oleh pengguna Xiaomi. Padahal, fitur rahasia ini bisa memberikan kemudahan bagi para pengguna.

  • Quick Ball

Mungkin Anda menganggap kalau flaying home button hanya dimiliki oleh ponsel pintar iPhone. Pada kenyataannya, Xiaomi memilikinya juga, dengan nama Quick Ball. Fungsinya tidak berbeda dengan flaying home button iPhone, fitur ini dapat Anda atur berdasarkan shotcut aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Bagi Anda yang ingin menggunakan fitur Quick Ball ini, cara mengaktifkannya sangatlah mudah. Silakan kunjungi menu Setting, lalu pilih Additional Settings, dan aktifkan Quick Ball. Sesudah itu Anda tinggal memilih shortcut aplikasi yang diinginkan di dalamnya. Selesai.

  • Memblokir Panggilan Spam

Sekarang ini sedang marak panggilan spam yang sangat mengganggu. Apabila Anda ingin menghilangkan panggilan spam tersebut, Xiaomi memiliki fiturnya. Cara mengaktifkannya sangat mudah, Anda hanya perlu mengunjungi aplikasi telepon, klik, dan tahan di nomor yang sering menghubungi. Selanjutnya, Anda tinggal melakukan opsi pemblokiran.

pixabay.com

  • Menampilkan Kamera Menggunakan Gesture

Menjadi hal yang menyenangkan ketika di setiap perjalanan kita bisa mengabadikan setiap momen. Nah, jika Anda tertarik, Xiaomi menyediakan fitur unggulan. Caranya sederhana, Anda hanya perlu membuat shortcut peluncur kamera saja. Silakan kunjungi menu Setting, lalu tombol dan gerakan pintasan, dan kamera peluncuran. Jika sudah aktif, Anda bisa bebas mengabadikan setiap momen di perjalanan.

Itulah fitur keren Xiaomi yang bisa Anda coba. Semoga dengan penjelasan kali ini Anda akan dipermudah selama menggunakan perangkat ponsel pintar Xiaomi. Sekian dari kami. Selamat mencoba dan sampai jumpa di lain kesempatan.