Macam-Macam Freon AC Berkualitas

January 24, 2019

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, alat elektronik pun juga ikut berkembang. Seperti pada zaman dahulu ketika cuaca sedang panas maka orang-orang hanya menggunakan kipas angin yang diaplikasikan dengan tangan. Kini di zaman yang sudah modern tak perlu capek-capek berkipasan, cukup menyalakan AC (air conditioner) atau yang sering disebut sebagai  pendingin ruangan. AC ini bisa mendinginkan ruangan karena adanya senyawa kimia yang mampu mengganti panas menjadi dingin. Senyawa kimia tersebut dijuluki dengan Freon AC atau refrigerant, freon ini merupakan senyawa yang tidak terlihat akan tetapi memiliki banyak manfaat. Untuk sekarang ini memang freon AC memiliki banyak sekali jenisnya.

Sebelum anda membeli AC sebaiknya anda mencari referensi terlebih dahulu jenis-jenis freon yang ada di AC. Karena hal ini sangat penting untuk anda ketahui sebelum anda memasang AC baik di rumah, kantor ataupun tempat-tempat yang ingin anda pasang AC. Setiap freon AC pasti memiliki tingkat positif dan juga negatif. Jadi anda harus pandai dalam memilih freon AC yang pas dan bagus baik untuk kesehatan maupun untuk alam. Ada juga freon yang mengakibatkan lapisan ozon terkikis hingga mengakibatkan pemanasan global yang sering disebut sebagai global warming. Hal ini diakibatkan karena senyawa kimia yang menyerap panas lalu menggantinya dengan dingin. Panas tersebut dibuang pada lapisan ozon sehingga terkikis. Berikut ini ulasan mengenai macam-macam freon AC yang musti anda pelajari dan ketahui.

www.pexels.com

Macam-Macam Freon AC

  1. Freon R22

Untuk freon R22 merupakan freon yang bisa merusak lapisan ozon dengan nilai sebanyak 0.05 pada setiap freon R22 yang ada pada setiap ACA. Jadi bisa dibayangkan jika ada 100 AC yang menggunakan freon R22 ini maka lapisan ozon akan terkikis senilai 5 selain itu juga akan mengakibatkan pemanasan global atau global warming. Namun freon ini memiliki sisi positifnya yaitu tidak mudah terbakar.

Perlu anda ketahui bahwa pada tahun 2015 lalu di Indonesia telah muncul perundang-undangan yang melalui departemen perindustrian dan perdagangan dengan nomor undang-undang (41/M-DAG/PER/7/2014) dan (55/M-DAG/PER/9/2014) yang menyatakan bahwa pada tahun 2015 freon jenis ini sudah tidak diizinkan untuk digunakan pada AC. Sehingga sejak tahun 2015 itu para produsen AC tidak lagi yang memproduksi, mengimport  atau juga menjual AC yang menggunakan senyawa kimia jenis freon R22. Untuk itu jika anda ditawari oleh penjual AC dengan freon R22 maka jangan diterima. Karena senyawa kimia tersebut akan membahayakan alam karena telah mengikis lapisan ozon yang ada di bumi, yang ujung-ujungnya bakal merusak alam. Selain itu sebelum anda membeli produk AC sebelumnya tanyakan terlebih dahulu jenis freon AC yang digunakan AC tersebut.

  1. Freon R410A

Selanjutnya yaitu freon bertipe R410A atau sering disebut sebagai AC inverter. Untuk freon AC jenis ini memiliki keuntungan yaitu tidak berpotensi merusak lapisan ozon. Yaitu memiliki nilai 0. Akan tetapi kelemahan pada freon ini yaitu memiliki nilai yang tinggi pada pemanasan global jika dibandingkan dengan freon yang berjenis R22. Ia juga sama dengan R22 yang tidak mudah terbakar, sehingga anda tak perlu khawatir.

  1. Freon R32

Untuk freon ini awal mula ditemukan oleh seseorang dari jepang yang bernama daikin. Pertama kali ditemukan pada tahun 2012. Sedang untuk penggunaannya yaitu pada tahun 2013. Memang freon jenis ini merupakan freon yang ramah terhadap lingkungan. Pasalnya freon jenis ini memiliki dampak terhadap pemanasan global yang lebih kecil dibandingkan dengan freon jenis R410A dan freon R22. Namun ia kekurangannya pada mudah terbakar. Untuk freon ini sangat cocok digunakan pada AC rumah tangga. Jadi jika anda ingin membeli AC untuk rumah seperti kamar, ruang tamu, atau ruang keluarga anda bisa memilih AC dengan jenis freon R32 ini.

  1. Freon R290

Untuk jenis freon ini memiliki kadar sangat rendah dalam pemanasan global dibanding dengan freon jenis lainnya. Namun kekurangannya ia memiliki index dingin yang rendah dan tingkat kebakaran yang tinggi. Sehingga banyak para produsen AC memutuskan untuk tidak menggunakan freon jenis ini lagi.

Demikian ulasan mengenai macam-macam freon AC, setelah anda mengetahui macam-macam freon anda bisa memilih AC sesuai dengan kebutuhan dan menurut plus minusnya dari masing-masing freon AC. Setiap freon juga akan mengalami yang namanya kerusakan. Namun jika freon AC anda dirawat, maka peluang untuk rusak akan sedikit, masa pakai freon juga akan lebih lama ketimbang tidak ada perawatan sama sekali. Untuk itu anda musti merawat freon tersebut dengan baik. Karena freon yang rusak juga akan mengakibatkan penyakit seperti kepala pusing, bersin-bersin, dan lain-lain. Untuk anda yang belum mengetahui cara perawatan freon AC, berikut ini beberapa tips untuk merawat AC anda agar tidak cepat rusak.

www.pexels.com

Tips Merawat AC Agar Tetap Dingin

  1. Jangan lupa untuk menutup ruangan

Memang untuk menutup ruangan seperti hal yang sepele, namun ia memiliki efek pada konsumsi listrik anda akan semakin boros. Ketika ruangan terbuka maka AC juga akan membuat AC bekerja semakin keras selain itu juga akan menyebabkan cepat panas jika hal itu terjadi. Maka jika anda memiliki AC sebaiknya usahakan ruangan tetap tertutup rapat.

  1. Istirahatkan AC

AC memang bukan manusia, namun sebaiknya anda mengistirahatkan AC anda sejenak saja yaitu sekitar 5 saja. Ketika AC anda diistirahatkan anda bisa membuka pintu, jendela dan juga ventilasi lain, sehingga udara di dalam ruangan anda bakal diganti dengan udara yang baru. Hal ini memang hal yang sepele pula sehingga tak jarang orang-orang tidak menggubris hal tersebut. Padahal hal tersebut sangat penting untuk kesehatan yang ada diruangan tersebut.

  1. Aturan suhu

Untuk aturan suhu ini usahakan jangan terlalu sering mengganti suhu AC pada ukuran 22 C. Hal tersebut akan membuat AC akan akan menjadi cepat panas. Untuk di Indonesia sendiri memang memiliki suhu 22 C ketika suhu yang normal.

  1. Membersihkan secara rutin dan berkala

Yang keempat yaitu anda harus melakukan pembersihan secara berkala yaitu selama sebulan sekali saja ketika udaranya tidak terlalu kotor, namun jika udaranya kotor maka anda bisa melakukan pembersihan AC selama 2 kali dalam sebulan. Hal ini juga akan menjadikan kualitas udara yang ada di ruangan anda jadi lebih baik jika AC anda bersih.

www.pexels.com

  1. Cek freon AC

Untuk pengecekan freon pada AC juga sangat penting, karena jika freon bocor atau berkurang maka akan mempengaruhi kualitas pada tingkat dinginnya ruangan, hal ini akan menyebabkan konsumsi listrik anda akan semakin banyak. Untuk itu ketika 6 bulan sekali lakukan pengecekan pada freon AC anda.