Mengenali Hak dan Kewajiban Isteri Dalam Islam

January 26, 2020

Menjadi seorang isteri anda harus mengetahui berbagai hal yang anda miliki atas keluarga anda. Biasanya untuk bisa menjadi isteri yang baik anda harus mengetahui hak dan kewajiban isteri dalam Islam. Mengetahui hak dan kewajiban ini tentu akan memudahkan anda untuk berlaku baik atas rumah tangga yang sedang anda jalankan. Di dalam Islam juga dijelaskan mengenai hak dan kewajiban seorang isteri yang harus dijalankan di dalam rumah tangga. Sebenarnya tidak hanya isteri saja yang mempunyai hak dan kewajiban, seorang suami juga mempunyai hak dan kewajiban yang harus ditunaikannya di dalam sebuah rumah tangga.

Mempunyai rumah tangga yang nyaman dan terhindar dari berbagai masalah tentu menjadi mimpi dari setiap pasangan. Untuk bisa mencapai tujuan rumah tangga yang tentram tersebut tentu dibutuhkan pemahaman antara kedua pasangan tersebut. Baik suami maupun isteri harus paham mengenai hak dan kewajibannya masing – masing untuk menjalankan rumah tangga menjadi lebih baik. Pada dasarnya di dalam sebuah ajaran agama Islam sudah ditentukan mengenai hak dan kewajiban setiap pasangan dan harus didapatkan dan dilakukan. Nah pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai hak dan kewajiban yang dimiliki setiap pasangan. Selain itu anda juga perlu menyimak pulangkerumah.id untuk bisa membina rumah tangga yang lebih baik lagi.

pxhere.com

Hak Seorang Isteri Dalam Islam

Ada beberapa hak isteri atas suami yang dijelaskan di dalam Islam. Sebagai seorang suami maupun isteri anda harus tahu mengenai hak ini. Hak sendiri adalah hal – hal yang harus di dapatkan sebagai seorang isteri. Tentu saja isteri harus mendapatkan haknya di dalam rumah tangga yang dijalaninya tersebut. Sehingga sangat penting untuk mengetahui hak dan kewajiban isteri dalam Islam. Langsung saja ini dia beberapa hak yang dimiliki seorang isteri:

  1. Seorang suami harus memperlakukan isteri dengan sebaik mungkin. Tidak membuat hati isteri menjadi terluka karena ucapan yang dikeluarkan suami.
  2. Ketika seorang isteri mengeluarkan kalimat yang membuat suami sakit atau mengeluarkan celaan maka tugas suami untuk memaafkan dan mendidik isteri dengan lebih baik lagi.
  3. Seorang suami harus menjaga kehormatan sang istri, selalu menemani isteri ketika ingin berpergian jauh. Sehingga isteri akan selalu merasa aman dan nyaman.
  4. Seorang suami harus selalu mengajarkan isterinya mengenai masalah agama. Sehingga sang isteri mampu menjalankan tugasnya sesuai dengan ajaran islam dan sesuai dengan perintah dari suaminya.
  5. Seorang suami juga harus mengizinkan isterinya keluar untuk memenuhi kebutuhan yang memang diperlukan atau mendampingi setiap kali isterinya ingin keluar.
  6. Seorang suami juga harus menjaga aib yang dimiliki isterinya, jangan sampai aib tersebut tersebar luas hingga semua orang tahu.
  7. Seorang suami juga harus bisa menyelesaikan masalah dengan bermusyawah dengan sang isteri.
  8. Seorang suami juga harus bisa pulang tepat waktu jangan sampai pulang larut malam. Janganlah membuat hati seorang isteri menjadi khawatir.
  9. Hak isteri yang harus dipenuhi dari seorang suami adalah untuk mendapatkan rasa adil. Jika mempunyai isteri lebih dari satu maka suami harus bisa memberikan rasa adil kepada setiap isterinya.

Itulah beberapa hak yang dimiliki seorang isteri terhadap suaminya. Tentu sebagai seorang suami anda sangat wajib paham mengenai hak yang dimiliki sang isteri. Sehingga nantinya anda bisa memberikan hal yang sesuai dengan ajaran agama. Namun dibalik sang isteri harus mendapatkan haknya, isteri juga mempunyai beberapa kewajiban atas suaminya.

pxhere.com

Kewajiban Isteri Dalam Islam

Setelah mengetahui hak yang dimiliki seorang isteri, alangkah baiknya anda juga harus tahu kewajiban menjadi seorang isteri. Kewajiban ini menjadi hal wajib yang harus ditunaikan oleh seorang isteri terhadap suami, anak, maupun untuk keluarganya. Nah hak dan kewajiban isteri dalam Islam ini harus dipahami oleh setiap pasangan baik suami atau isteri. Setelah mengetahui hak – hak tersebut, kini anda juga harus tahu kewajiban yang harus anda tunaikan. Berikut ini ada beberapa kewajiban yang dimiliki oleh seorang isteri.

  1. Menjadi seorang isteri anda harus selalu taat kepada suami. Isteri dituntut untuk selalu taat atas perintah yang diminta suami kecuali hal tersebut tidak sesuai dengan ajaran Islam.
  2. Selalu menampilkan senyuman dan membuat suami merasa nyaman. Seorang isteri tidak boleh menunjukan muka yang masam setiap kali melihat suaminya.
  3. Seorang isteri juga harus menjaga harta yang dimiliki suaminya. Jangan sampai harta tersebut digunakan untuk hal – hal yang tidak diizinkan oleh suami.
  4. Seorang isteri juga sebaik mungkin untuk menghindari sebuah kemurkaan terhadap suami dan juga mencari sebuah kerelaan terhadap suaminya.
  5. Seorang isteri juga harus bisa memberikan hal yang diinginkan suaminya termasuk ketika sang suami ingin melakukan hubungan badan, maka sang isteri harus bersedia melakukannya.

Itulah beberapa kewajiban yang dimiliki seorang isteri. Sebagai isteri yang baik memang sangat penting untuk mengetahui hak dan kewajiban tersebut. Dengan begitu anda bisa dengan mudah untuk menjalankan rumah tangga yang nyaman, tentram, dan terhindar dari berbagai permasalahan keluara.