Harga Genteng Keramik

February 26, 2019

Bila membicarakan tentang bangunan rumah maka tak bisa terlepas dari genteng. Dimana genteng tersebut memiliki peran yang penting untuk melindungi bangunan rumah dari panas maupun hujan. Biasanya genteng yang banyak dipakai untuk bangunan rumah di Indonesia terbuat dari tanah liat dan berbentuk lembaran. Namun ternyata selain dari tanah liat, genteng tersebut juga ada yang dibuat dari keramik yang disebut dengan genteng keramik. Genteng yang satu ini memang sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Terlebih harga genteng keramik saat ini juga cukup terjangkau dengan daya tahan yang bagus sehingga dapat melindungi bangunan rumah secara lebih kuat dan tahan lama.

Apa Itu Genteng Keramik?

Sebelum anda mengenal lebih jauh dan memesan genteng keramik sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu genteng keramik. Perlu anda ketahui bahwa genteng keramik merupakan genteng yang dibuat dari bahan tanah liat seperti genteng pada umumnya. Namun untuk genteng  keramik ini bahan tanah liat yang digunakan merupakan tanah liat pilihan yang sudah disortir. Tanah liat pilihan tersebut kemudian dicetak dan dipress memakai peralatan modern sehingga akan menghasilkan genteng keramik yang kuat, presisi dan rapi.

Proses pembuatan genteng keramik menggunakan proses pemanasan mencapai suhu 1000 derajat celcius sehingga menjadikn tanah liat tersebut menjadi kerak seperti keramik lantai. Meskipun selama ini genteng memang banyak digunakan di Indonesia, namun siapa sangka asal usul genteng keramik justru pertama kali ditemukan di kawasan Trigis dan Efrat di Mesopotamia. Bahkan penemuan genteng keramik kala itu terjadi di masa yang jauh dari masa modern. Sejak awal kemunculannya sampai saat ini, genteng keramik banyak dipilih sebagai bahan atap karena terbukti memiliki banyak kelebihan dibanding jenis genteng lainnya.

pexels.com

Kelebihan Genteng Keramik yang Perlu Diketahui

Setelah mengetahui apa itu genteng keramik, pasti membuat anda semakin penasaran untuk mengetahui kelebihan genteng yang satu ini. Dimana kelebihan genteng keramik sangat penting anda ketahui agar anda semakin yakin untuk menggunakan genteng ini sebagai pelengkap atap bangunan hunian anda. Untuk menambah wawasan anda, berikut ini akan dijelaskan kelebihan genteng keramik yang perlu anda ketahui.

  1. Warna Tahan Lama
    Kelebihan genteng keramik yang pertama yaitu warnanya yang lebih tahan lama dibandingkan jenis genteng lainnya. Genteng keramik memang mempunyai warna yang tahan lama karena warna yang dihasilkan oleh genteng ini bisa bertahan lama dan pilihan warnanya yang bervariasi. Tentu saja warna yang dihasilkan tersebut tak bisa terlepas dari proses pembuatannya yang membutuhkan proses pembakaran dengan suhu sangat tinggi mencapai 1000 derajat celcius.
  2. Daya Tahan yang Sangat Kuat
    Bila berbicara tentang daya tahan genteng, maka genteng keramik merupakan ahlinya. Sebab salah satu ciri khas yang dimiliki genteng keramik yaitu kekuatnnya yang bisa menahan beban sampai 180 kilogram. Tentunya hal ini membuat anda tak perlu khawatir jika ingin menggunakan genteng keramik karena daya tahannya yang tak perlu diragukan lagi.
  3. Tahan Berbagai Cuaca
    Selain memiliki kekuatan yang bagus untuk menahan beban yang berat, genteng keramik juga sangat tahan terhadap cuaca. Bagi anda yang tinggal di kawasan yang bercuaca ekstrim maka genteng keramik merupakan pilihan yang tepat. Bahkan genteng keramik ini juga tahan terhadap korosi dan memiliki sistem interlock yang bagus. Bila dibandingkan dengan jenis genteng lainnya, maka kualitas interlcok genteng keramik dijamin lebih unggul.
  4. Tahan Api
    Telah dijelaskan sebelumnya bahwa pembuatan genteng keramik menggunakan pemanasan bersuhu tinggi hingga mencapai 1000 derajat celcius. Dengan proses itulah maka tak heran jika genteng keramik tahan terhadap api sehingga tidak akan mudah rusak saat terbakar.
  5. Tidak Membutuhkan Perawatan Khusus
    Dibalik kelebihan yang dimiliki oleh genteng keramik yang tahan lama, ternyata genteng yang satu ini tidak sulit dari segi perawatanya. Cukup memilih warna genteng sesuai dengan warna cat rumah maka hunian anda kan terlihat lebih gaya namun juga terlindungi dari berbagai jenis cuaca.
  6. Ramah Lingkungan
    Pembuatan genteng keramik menggunakan bahan-bahan yang aman dan tidak berbahaya. Sebagian besar pembuatan genteng ini menggunakan tanah liat dan sisanya menggunakan aiditif yang aman terhadap lingkungan. Untuk itulah genteng keramik ini sangat ramah lingkungan sehingga sangat cocok sebagai bahan atap di masa sekarang maupun yang akan datang.
  7. Tidak Menghantarkan Panas
    Kelebihan genteng keramik yang berikutnya yaitu tidak menghantarkan panas. Hal ini disebabkan karena genteng keramik mempunyai sifat isolasi yang mampu menjaga iklim mikro optimal pada sebuah bangunan. Dengan demikian saat musim panas maka hantaran panas dari sinar matahari tidak akan menembus ke dalam bangunan sehingga suhu di dalam rumah tetap sejuk. Sedangkan saat musim dingin tiba, maka genteng keramik akan menjaga kehangatan suhu di dalam rumah. Bagi anda yang tinggal di wilayah yang cenderung panas maka genteng keramik bisa menjadi solusi terbaik untuk rumah yang sejuk.

pexels.com

Kekurangan Genteng Keramik

Selain memiliki banyak kelebihan yang sudah dijelaskan di atas, ternyata genteng keramik juga memiliki beberapa kekurangan. Namun kekurangan tersebut sebetulnya tidak sebanding dengan kelebihan yang dimiliki oleh genteng keramik. Kekurangan yang dimiliki oleh genteng keramik bisa menjadi bahan pertimbangan supaya anda lebih mudah dalam memilih genteng secara tepat. Untuk menambah wawasan anda berikut akan dijelaskan kekurangan genteng keramik yang perlu anda ketahui.

  1. Menuntut Adanya Ketelitian
    Proses pemasangan genteng keramik membutuhkan ketelitian dan kecermatan yang tinggi. Sebab kerapatan genteng ini memang membutuhkan perhatian yang lebih sehingga dapat mencegah terjadinya kebocoran. Selain itu, genteng ini juga mempunyai resistensi yang endah terhadap stres mekanik yang dapat merusak genteng tersebut.
  2. Tidak Cocok Dipasang Pada Rumah Minimalis
    Hingga saat ini masih jarang ditemukan rumah minimalis yang menggunakan genteng keramik. Kebanyakan rumah minimalis banyak yang memakai genteng beton karena memang lebih cocok dipadukan dengan desain rumah minimalis.
  3. Rangka Atap yang Mahal
    Penggunaan genteng keramik membutuhkan biaya yang lebih besar karena menggunakan rangka atap yang cukup mahal. Bagi anda yang memiliki budget terbatas untuk pembangunan rumah maka sebaiknya hindari menggunakan genteng keramik karena bisa memperbesar biaya.
  4. Bobot yang Lebih Berat
    Genteng keramik memang memiliki bobot yang lebih berat dibanding genteng jenis lainnya. Dengan bobot yang berat maka membutuhkan rangka atap yang lebih kuat dengan sejumlah perakitan elemen dan pastinya membutuhkan biaya yang lebih besar.

pexels.com

Tips Memilih Genteng Keramik yang Cocok untuk Rumah Anda

Setelah mengenal genteng keramik termasuk kelebihan dan kekurangannya, maka membuat anda semakin tak ragu untuk memilih genteng keramik sebagai atap hunian anda. Namun sebelum membeli genteng keramik maka pastikan memilih genteng tersebut secara tepat agar melindungi rumah dengan baik dan menambah keindahan desain rumah anda. Untuk membantu anda dalam memilih genteng keramik maka berikut ini beberapa tips yang bisa anda terapkan.

  1. Warna Genteng
    Ketika anda memilih genteng keramik tentu anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan warna genteng tersebut. Jika rumah anda memiliki desain yang cenderung minimalis maka silakan memilih genteng dengan warna biru, abu-abu atau hitam. Sedangkan bila rumah anda memiliki desain yang klasik maka silakan pilih genteng keramik berwarna orange atau merah maroon.
  2. Tampilan Genteng
    Ketika anda memilih genteng keramik maka silakan perhatikan tampilan genteng tersebut. Pastikan genteng yang anda pilih tidak terdapat retakan atau garis karena hal tersebut dapat membuat genteng keramik mudah rusak dan pecah. Ketika genteng yang anda pasang tersebut rusak maka saat musim hujan akan mudah bocor. Untuk memudahkan anda memilih genteng keramik yang tidak retak maka silakan lihat beberapa sampel genteng pada tumpukan.
  3. Sudut Kemiringan
    Ketika anda akan memilih genteng keramik maka silakan tentukan sudut kemiringan pemasangan atap tersebut. Banyak pihak yang menyarankan sudut kemiringan terbaik untuk atap rumah yaitu sebesar 30 derajat. Bila sudut kemiringan tersebut kurang dari 30 derajat maka sebaiknya jangan menggunakan genteng keramik namun pilih genteng metal saja karena lebih aman terhadap tampias sudut landai.
  4. Budget
    Ketika anda ingin memilih genteng keramik maka sesuaikan kebutuhan genteng dengan budget yang anda miliki. Untuk memudahkan anda dalam menghitung budget pembelian genteng keramik maka silakan tanyakan pada pihak penjual mengenai harga genteng per meter persegi lalu sesuaikan dengan luas bangunan rumah anda.
  5. Mengetuk Genteng
    Ketika memilih genteng keramik maka cobalah mengetuk genteng tersebut untuk memastikan daya tahannya. Jika genteng tersebut menghasilkan suara berdenting setelah diketuk maka bisa dipastikan genteng tersebut dibakar secara sempurna sehingga mempunyai daya tahan yang bagus.
  6. Tes Kekuatan Genteng
    Bila anda ingin memastikan kekuatan genteng keramik maka cobalah meletakkan genteng tersebut pada bidang datar. Lalu injak genteng tersebut menggunakan kaki anda. Jika genteng tidak pecah maka genteng tersebut memang berkualitas baik.
  7. Daya Tahan Tutup
    Pastikan memilih genteng keramik yang mempunyai daya tutup yang bagus pada rumah terutama untuk kawasan yang curah hujannya tinggi. Jika daya tutup genteng tersebut bagus maka akan mencegah masuknya air hujan ke dalam rumah. Hindari memilih genteng model plentong karena daya tutupnya yang minim sehingga sangat berisiko tampias.
  8. Cek Ulang Ketika Tiba di Lokasi
    Ketika genteng keramik yang anda pesan sudah tiba di lokasi maka silakan periksa kembali kondisi genteng keramik tersebut. Sebab bisa saja genteng tersebut mengalami rusak atau retak saat proses pengiriman. Bila hal tersebut terjadi maka segeralah meminta ganti atau tukar dengan genteng yang utuh.

pexels.com

Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Keramik untuk Atap Rumah

Sesudah anda mengetahui cara memilih genteng keramik secara tepat, selanjutnya anda harus menghitung jumlah kebutuhan genteng keramik tersebut. Bagi anda yang akan membeli genteng keramik maka ketahui jumlah pasti genteng karena berpengaruh pada harga genteng keramik yang anda butuhkan. Hal tersebut sangat penting pada saat pembangunan rumah maupun penggatian genteng ketika mengalami kerusakan atau sudah tak layak pakai. Jika anda mengetahui jumlah pasti genteng keramik yang dibutuhkan maka hal tersebut akan memudahkan pekerjaan serta mencegah terjadinya pengeluaran anggaran yang berlebih. Berikut ini akan dijelaskan cara menghitung jumlah kebutuhan genteng keramik untuk atap rumah yang perlu anda ketahui.

  1. Perhitungan Berdasarkan Luas Atap
    Untuk menghitung kebutuhan jumlah atap maka bisa anda hitung dari jumlah luas atap rumah tersebut. Cara ini menggunaka perhitungan matematika logis dengan mengetahui jumlah luas atap rumah. Setelah diketahui luas atap rumah maka selanjutnya anda bisa menentukan jumlah genteng yang dibutuhkan berdasarkan jumlah genteng permeter persegi.
  2. Perhitungan Berdasarkan Panjang dan Lebar Pondasi dan Teras Rumah
    Untuk menghitung jumlah genteng keramik maka bisa dilakukan dengan menghitung panjang dan lebar pondasi rumah. Mislnya saja sebuah rumah mempunyai panjang 9 meter dan lebar 6 meter. Maka luas rumah tersebut adalah sekitar 70 meter persegi. Jika satu meter persegi berisi 35 genteng maka total perkiraan genteng yang dibutuhkan yaitu 70 x 35 = 2450 buah genteng. Sedangkan untuk terasnya bisa dihitung dari luas teras beradasrkan panjang dan lebarnya kemudian hasilnya dikalikan denga jumlah genteng per meter persegi. Pastikan ketika membeli genteng silakan pesan sedikit lebih banyak sebagai antisipiasi mengganti adanya kerusakan atau kebocoran.

pexels.com

Bagimana Cara Membersihkan Genteng Keramik yang Terkena Noda?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa genteng keramik tidak membutuhkan perawatan khusus. Namun lain halnya ketika genteng tersebut terkena noda misalnya noda semen atau cat maka anda perlu segera membersihkan genteng tersebut. Jangan sampai noda yang menempel pada genteng justru merusak keindahan genteng anda. Biasanya ada beberapa faktor yang membuat genteng keramik menjadi ternoda diantaranya tekena tetesan cat tembok, terkena kotoran plester dinding, serta terkena semen pada saat pemasangan kerpusan.

Jika genteng keramik anda terkena noda maka segeralah untuk membersihkannya menggunakan lap basah atau spon lalu lap kotoran tersebut sampai bersih dan kering. Namun jika ternyata noda yang mengenai genteng keramik tersebut sudah terlanjur menempel dan sulit dihilangkan maka ada cara-cara khusus yang bisa anda lakukan. Sebelum anda mempraktikkan cara pembersihan genteng keramik maka persiapkan terlebih dahulu beberapa bahan diantaranya :

  • Air bersih
  • Kuas
  • Sarung tangan karet
  • Masker
  • Cairan pembersih keramik atau porselen
  • Ampelas
  • Ember plastik
  • Spons atau kain lap bersih
  • Sekrap dari plat besi

Cara membersihkan noda di genteng keramik :

  1. Silakan susun atau rapikan terlebih dahulu bagian genteng yang akan anda bersihkan. Pastikan posisi genteng tersebut lurus sehingga terlihat rapi dan mudah dibersihkan.
  2. Bersihkanlah kotoran atau debu yang menempel pada genteng dengan memakai kuas kering. Selanjutnya basahi permukaan genteng memakai air bersih dan kuas. Lakukan hingga noda yang menempel tersebut mulai memudar.
  3. Campurkanlah 5 tutup botol cairan pembersih keramik bersama dengan 2 liter air di ember kecil. Aduk hingga tercampur rata sebelum digunakan pada genteng.
  4. Usapkan cairan tersebut secara merata pada bagian genteng yang kotor dengan memakai kuas. Diamkan beberapa menit sampai akhirnya muncul busa pada bagian genteng tersebut. Usap menggunakan spons atau kain lap sambil digosok dan ditekan secara berulang.
  5. Cara ini dapat membantu agar bekas semen menjadi lepas dari genteng. Namun jika kotoran bekas semen tersebut msih menempel maka silakan siram menggunakan cairan pembersih keramik tanpa menggunakan campuran air.
  6. Selanjutnya kotoran yang tebal bisa anda bersihkan menggunakan sekrap kemudian lap menggunakn spons atau lap basah hingga genteng bersih dari noda dan kembali mengkilap.

Melalui informasi yang sudah disampaikan di atas kini anda bisa memperoleh informasi yang lebih lengkap seputar genteng keramik. Tentunya informasi tersebut sangat penting sebagai bahan pertimbangan ketika anda akan memilih atap rumah. Dengan memilih genteng keramik maka rumah anda dapat terlindungi secara sempurna dan tentunya akan semakin menambahkan keindahan eksterior rumah anda.