Beberapa langkah untuk memulai gaya hidup minimalis

March 31, 2019

Di negara Jepang pada saat ini sudah banyak sekali orang yang menjalankan gaya hidup minimalis. Di mana pola hidupnya bukan hanya sekedar mengurangi pembelian barang-barang seperti pakaian ataupun dekorasi rumah tetapi juga mengurangi rasa kepemilikan terhadap suatu barang. Anda bisa menggunakan cara dengan membuat rumah ataupun kamar anda lebih tertata rapi yang tidak terdapat banyak barang. Bahkan cara tersebut bisa membuat anda lebih tenang dan tidak ada rasa kuatir dengan barang-barang anda.

Mungkin anda akan pernah mengalami stress jika melihat banyak barang yang ada di rumah barang tersebut banyak sekali yang sudah tidak bisa digunakan lagi. Jadi jika anda ingin memiliki gaya hidup minimalis anda harus bisa mengaturnya dengan membuang barang-barang menyingkirkan bagian pakaian atau juga bisa menyumbangkan buku buku yang anda miliki yang sudah tidak terpakai lagi.

pexels.com

Tips yang bisa anda gunakan jika ingin memulai gaya hidup minimalis

Jika anda memiliki barang-barang seharusnya harus bisa lebih berguna dan relevan untuk hidup anda jadi tidak hanya sebagai simbol status apapun kekayaan. Yang perlu anda ketahui terkadang barang yang anda miliki tidak akan mempengaruhi kualitas hidup maupun menambah kebahagiaan. Mungkin barang yang anda beli hanya untuk menunjukan kepada orang lain agar terlihat terkesan. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk anda jika ingin memulai gaya hidup minimalis :

  • Bisa diawali membersihkan barang-barang yang ada di kamar : sebaiknya anda bisa menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak digunakan lagi seperti pakaian, buku ataupun barang lain sehingga akan membuat kamar anda menjadi luas dan anda juga bisa merasakan kelegaan. Dengan cara ini merupakan suatu langkah awal anda bisa bernafas lega dan perlahan-lahan anda bisa mengurangi keinginan untuk membeli barang-barang yang tidak berguna.
  • Menikmati sesuatu tanpa adanya Obsesi : banyak sebagian orang selalu terobsesi oleh keadaan lingkungannya dengan selalu menginginkan pakaian dan gadget yang terbaru ataupun barang lainnya. Jadi sangat disarankan jika anda menginginkan sesuatu barang anda bisa memikirkannya kembali apakah barang tersebut memang anda butuhkan dan bisa benar-benar berguna.
  • Anda harus bisa memikirkan apakah anda hidup bergantung dengan materi : dengan anda memiliki benda-benda yang harganya mungkin mahal hal tersebut sebenarnya sangatlah buruk karena hanya memboroskan pengeluaran anda. Jadi sebaiknya anda bisa berfikir kembali apakah barang tersebut perlu untuk dibeli atau tidak. Mungkin anda tidak anda tidak pernah tersadar barang-barang yang anda miliki hanya bisa menambah beban dalam hidup anda baik itu secara fisik ataupun emosional.
  • Bisa memulai dengan menyortir pakaian : sebenarnya satu langkah yang paling mudah untuk anda lakukan pada pertama kalinya dengan membersihkan lemari pakaian anda. Karena banyak sebagian orang masih saja menyimpan pakaian yang sudah tidak pernah dipakai lagi seperti yang sudah terkena noda ataupun kaos kaki yang sudah tinggal sebelah. Sebenarnya barang tersebut tidak perlu anda simpan karena sudah tidak memiliki manfaatnya lagi. Anda bisa mengumpulkan pakaian yang sudah tidak terpakai dengan menjual atau menyumbangkan kepada orang yang membutuhkan.

Mungkin banyak godaan yang konsumtif bisa datang dari mana saja jadi sebaiknya anda bisa lebih menguatkan diri untuk melawan gaya hidup yang mewah. Dengan gaya hidup seperti itu bisa mengganggu arus keuangan anda, bahkan bisa beresiko membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Anda bisa menjadikan salah satu cara yang bisa anda terapkan yaitu dengan mengaplikasikan gaya hidup minimalis dan fokus terhadap kebutuhan yang benar-benar dibutuhkan.

pexels.com

Keuntungan yang bisa dirasakan

Sebaiknya anda bisa mengetahui beberapa keuntungan yang bisa anda rasakan bila anda bisa hidup dengan gaya hidup minimalis. Salah satu keuntungan yang bisa anda dapatkan yaitu anda memberikan lebih banyak kebebasan. Dengan anda memiliki banyak barang sebenarnya sangat tidak baik untuk kesehatan mental anda karena tanpa anda sadari hal tersebut bisa berkembang menjadi rasa takut akan kehilangan barang yang anda miliki. Jadi anda bisa lebih berkonsentrasi terhadap hobi dan kesehatan anda.

Jadi anda bisa mengalihkan waktu anda dengan berkeliling mall memanfaatkan waktu dengan jalan-jalan bersama keluarga, berolahraga, membaca buku, berkebun, jalan-jalan ataupun menulis jadi anda bisa melakukan kegiatan yang mungkin anda sukai. Sehingga jika anda sudah mulai terbiasa dengan kehidupan yang minimali anda tidak akan memikirkan lagi hal-hal yang bersifat material. Hal tersebut memang tidak mudah namun yang perlu anda ingat uang tidak akan bisa membeli kebahagiaan namun hanya bisa memberi kenyamanan yang sementara. Jadi pada saat anda sudah memiliki cara lain untuk bisa merasakan kenyamanan obsesi terhadap uang mungkin akan perlahan berkurang.

Mungkin anda juga akan mengalami godaan pada saat berbelanja namun sebaiknya anda bisa menahan diri dengan menolak hasrat untuk berbelanja barang yang mungkin tidak diperlukan. Jadi anda bisa membuat hidup anda lebih bahagia. Keuntungan lainnya anda bisa membuat pikiran anda menjadi lebih tenang. Jika anda bergantung kepada harta benda yang anda miliki di saat barang tersebut hilang mungkin anda akan merasa stress. Dengan anda bisa menyederhanakan hidup bisa membuat anda tidak menjadi terikat dan bisa menciptakan pikiran yang lebih tenang dan damai. Jika anda bisa menghilangkan rasa kekhawatiran anda anda akan mendapatkan Kedamaian. Jadi anda akan merasakan lebih bahagia karena anda sudah bisa fokus terhadap prioritas dan menjalankan kehidupan yang lebih efisien. Sehingga anda akan lebih menjadi lebih percaya diri dengan kehidupan yang minimalis juga bisa membuat orang lebih mandiri untuk mendapatkan suatu kebahagiaan.

Dengan anda memulai gaya hidup minimalis anda bisa memulainya dari tempat tinggal anda dan memperhatikan barang-barang yang anda miliki. Selain itu anda bisa memikirkan sesuatu yang bermakna dan berkualitas tinggi sehingga nantinya anda bisa membeli barang yang lebih berguna dan bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang. Jangan pernah anda terbuai dengan status dan gengsi. Jadi anda bisa memastikan bahwa apa yang anda simpan dan anda buang bisa berguna bagi kehidupan anda nantinya. Dengan anda menjalankan gaya kehidupan yang minimalis adalah salah satu cara untuk bisa bersyukur dan lebih puas terhadap segala sesuatu yang sudah anda miliki. Karena pada saat yang sama anda juga akan menjalani hidup yang memiliki tujuan yang jelas.

pexels.com

Pada gaya hidup zaman sekarang media sosial sangat berpengaruh bagi seseorang. Seperti hunian atau tempat tinggal yang anda tempati. Banyak media sosial yang memberikan postingan rumah ataupun yang bisa membuat para perempuan ingin memiliki barang tersebut. Sehingga terkadang membuat seseorang membeli barang yang sebenarnya tidak diperlukan sehingga barang tersebut menumpuk.

Banyak orang yang lebih memilih tinggal pada kawasan perkotaan dan hanya memiliki lahan yang terbatas sebagai tempat tinggalnya. Karena cara ini banyak diterapkan dan menjadi tren di kawasan kota besar seperti Jakarta. Dengan Hunian yang tidak luas maka secara otomatis barang yang ada di dalamnya juga terbatas. Jadi tren dengan minimalis  dilihat tidak hanya dalam bentuk apartemen saja namun juga banyak diminati oleh seseorang yang tinggal di rumah petak. Dengan minimnya area pada perumahan dan pola hidup yang praktis bisa menjadi satu alasan untuk seseorang yang menyukai trend minimalis. Bahkan pada kenyataannya pun pola hidup seperti ini bisa memberikan dampak positif seperti keuntungan bagi kehidupan orang yang sudah menjalani.

Jadi jika anda ingin memulai pola hidup dengan tren yang minimalis anda bisa mengawalinya dari hunian karena itu yang sangat mudah yang bisa anda lakukan dalam kehidupan anda. Mungkin pada awalnya terasa tidak mudah tapi jika anda sudah terbiasa dengan gaya hidup seperti itu akan mudah. Jadi anda ingin melakukan perubahan secara bertahap dan memulainya dari hal-hal yang paling kecil itulah sebuah keputusan yang sangat tepat untuk anda. Anda bisa menata kembali barang-barang yang ada di dalam rumah anda dan jika barang tersebut tidak digunakan lagi anda bisa membuangnya atau melihat apakah Kondisinya masih layak pakai sehingga anda bisa memberikan kepada seseorang yang membutuhkannya. Jadi dengan berjalannya waktu anda akan mulai terbiasa tidak membeli barang yang tidak diperlukan. Keuntungan yang bisa anda dapatkan seperti :

pexels.com

  • Dengan pola hidup yang minimalis bisa untuk menjalankannya dengan penggunaan berbagai barang yang minim dan terbatas, sehingga hal tersebut bisa menjadikan pembelajaran untuk seseorang agar bisa memanfaatkan segala sesuatu yang memiliki. Hal tersebut sangatlah membawa dampak yang positif bagi keuangan anda di mana anda bisa lebih menghemat banyak uang dan menata keuangan yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Jadi anda bisa mengalokasikan uang anda ke dalam bentuk tabungan ataupun invetasi dibandingkan dengan anda membelanjakan berbagai barang barang.
  • Dari hal kecil dan mudah untuk ditata pada umumnya bisa memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi kehidupan anda. Jika anda memiliki rumah yang besar dengan perabotan yang luar biasa banyaknya maka anda akan menghabiskan banyak waktu untuk mengurus rumah dan membersihkan barang-barang yang anda miliki dan sebaliknya. Dengan hal tersebut anda bisa menjalani pola hidup yang lebih teratur tanpa anda harus direpotkan dengan pekerjaan rumah yang mungkin akan membutuhkan waktu yang panjang dalam menyelesaikannya.
  • Anda harus bisa menjalani hidup dengan kondisi yang serba cukup agar membuat pikiran anda akan jauh lebih nyaman dan tenang. Jadi jika anda memiliki keinginan untuk berbelanja barang yang tidak perlu Anda bisa menahannya untuk kebaikan. Jadi jangan pernah anda mulai tergiur untuk bisa membeli dan membawa pulang berbagai barang yang mungkin tidak anda perlukan. Jadi anda bisa mengelola dan menerapkan pola hidup yang lebih baik dimulai dari rumah anda sehingga akhirnya akan mendapatkan dampak positif pada kehidupan anda.

Anda juga bisa belajar dari hidupsimpel untuk bisa menjalani kehidupan yang lebih baik. Dan banyak pengetahuan untuk bisa membuat hidup menjadi tertata dan bisa membuat kehidupan anda menjadi lebih bahagia. Jadi bisa disimpulkan menjalani kehidupan tren yang minimalis bisa membuat anda memiliki arah tujuan hidup yang jelas dan simple. Sehingga anda bisa mencoba gaya hidup yang bisa merubah kehidupan yang lebih baik lagi mulai dari sekarang sebelum semuanya terlambat.