Tips Memilih Jaket Hoodie yang Nyaman dan Keren

Musim penghujan memang paling pas memakai pakaian yang menghangatkan badan. Salah satu jenis pakaian yang sesuai sudah pasti adalah jaket hoodie. Jaket yang dikenal dengan gabungan desain sweater dan tudung kepala ini sering digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari para olahragawan, musisi hip-hop, hingga anak-anak muda hits.

Selain memberi kehangatan pada tubuh, jaket ini juga bisa digunakan untuk mempertegas identitas diri bagi kalangan remaja. Jaket Hoodie sendiri merupakan salah satu produk fashion yang mempunyai banyak kantong dan tali. Penjualnya pun banyak kita temui di pasaran. Nah, kira-kira hal apa saja yang wajib kita ketahui tentang hoodie itu sendiri? Yuk, simak ulasan berikut ini!

www.pexels.com

Perbedaan Sweater dengan Hoodie

Mungkin banyak nih diantara kita yang sejatinya belum begitu mengetahui perbedaan sweater dengan hoodie. Tentunya jika tidak mengetahui dengan baik apa perbedaannya, kita bisa terjebak kala membelinya lho. pasti kamu tidak mau salah memilih bukan?

Nah, untuk perbedaan dasar saja, sweater merupakan pakaian penghangat tubuh yang bisa dipakai kala cuaca terlalu dingin. Hal ini karena sweater mempunyai bahan utama dari kain rajut, katun, wol, baby terry, dan fleece. Biasanya sweater mempunyai lengan panjang dengan 2 model, yakni pullover dan cardigan. Desain keduanya juga terlihat berbeda meski sama-sama termasuk sweater, yakni cardigan berkancing depan sedangkan pullover tidak mempunyai kancing sama sekali dan dimasukkan melalui kepala. Sebenarnya ada pula jenis sweater yang tidak memakai lengan. Jenis ini disebut vest sweater alias rompi. Tapi biasanya, vest sweater dipakai untuk menambah gaya saja, bukan untuk menghalau dingin seperti kegunaan sesungguhnya.

Sementara itu, hoodie merupakan paduan sweater yang memiliki bagian penutup di kepalanya. Hoodie sendiri berasal dari sebuah kata dalam bahasa Inggris, hood, yang mempunyai arti tudung. Jadi, sudah tahu kan mengapa jenis pakaian ini disebut hoodie?

Hoodie memang dirancang dengan bagian depan berkantong dan bertali pada tudungnya. Ada pula yang dipasangi resleting, dan ada pula yang tidak memakai pembuka di bagian depan. Selain digunakan untuk menghalau dingin, Hoodie juga bisa dipakai untuk meningkatkan suhu tubuh kala berolahraga.

Meskipun memiliki desain yang berbeda, tapi penggunaan sweater dan hoodie sudah sangat lazim di kalangan remaja. Pasalnya tidak hanya menghangatkan tubuh, kedua pakaian ini pas dikenakan dalam nuansa apa saja, baik siang hari ataupun malam.

www.pexels.com

Berbagai Macam Bahan Hoodie yang Wajib Diketahui

Jika kamu ingin membeli hoodie, ada baiknya kamu mengenali dulu bahan-bahan apa saja yang sering digunakan untuk membuatnya. Bahannya sendiri pun ada bermacam-macam, mulai dari bahan yang halus hingga bahan yang berbulu hangat. Kira-kira apa saja ya?

  1. Fleece

Fleece merupakan bahan yang sering dipakai produsen dalam membuat hoodie. Fleece sendiri merupakan bahan yang berasal dari campuran wool dan cotton. Oleh karena itu, bahan ini tidak mudah panas saat digunakan di siang hari meskipun terdapat bulu-bulu penghangat di dalamnya. Ada beberapa jenis Fleece, antara lain :

  • Cotton Fleece, bahan ini lebih cerah dan lebih ringan dari bahan fleece
  • Polar Fleece, bahan ini merupakan campuran antara katun, polyester, viscosedan lainnya.
  • Polyester Fleece, hampir sama dengan Cotton Fleece, hanya saja terdapat kapas halus di dalamnya dan lebih mengkilap dari jenis tersebut.
  • CVC Fleece, bahan dengan campuran cotton combedsebanyak 55% dengan viscose sebanyak 45%.
  1. Terry

Selain untuk jaket, bahan Terry  juga sering dipakai untuk hoodie. Hal ini karena bahannya yang tebal namun tidak terasa panas kala digunakan. Daya serap keringatnya juga tinggi lantaran merupakan campuran cotton dengan serat yang lebih kecil.

  1. Taslan

Taslan merupakan bahan yang mengandung banyak polyester dan bisa dibilang sangat mirip bahan parasut. Bedanya, Taslan lebih tebal dan ringan serta kuat untuk menahan tembusan air hujan.

  1. Ripstop

Bagi yang suka memakai jaket gunung, pasti hafal betul dengan bahan satu ini. Yap, ripstop merupakan bahan yang sering dipakai untuk dasar jaket gunung. Bahan ini tidak mudah robek dan memiliki serat kotak nilon yang sangat kuat sehingga bisa juga dibilang bahan anti air.

www.pexels.com

Tips Memilih Hoodie

Sekarang ini, hoodie banyak diproduksi dengan berbagai macam gaya dan bahan sehingga membuat kita sebagai pembeli harus cermat dalam memilah. Selain itu, untuk mendapatkan tampilan style yang maksimal, tentu saja kita perlu mempertimbangkan berbagai aspek saat membeli barang. Jadi, selain mengefektifkan pembelian, kita juga bisa efisien lantaran memilih produk sesuai budget dan tepat sasaran. Nah, kira-kira tips apa saja ya yang dapat kita pelajari dalam memilih hoodie agar pas dan sesuai hati?

  1. Model Hoodie

Memilih model hoodie tentu saja harus sesuai selera. Jangan sampai kamu memilih model yang tidak membuatmu percaya diri kala memakainya. Entah model kuno atau model terbaru, memilih pakaian haruslah mencerminkan kepribadian diri kita. Sampai sekarang, model hoodie yang banyak dipilih anak muda adalah hoodie jumper dan model zipper. Kedua model ini sangat pas dipakai dalam nuansa apapun dan tempat seperti apapun, misalnya saja untuk sekolah, hangout, atau acara semi formal.

Hoodie jenis jumper merupakan model yang tidak memiliki resleting atau kancing di bagian depannya. Model ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai kepraktisan. Pasalnya cara memakai hoodie ini cukup dengan memasukkannya saja lewat kepala, hampir mirip dengan penggunaan kaos. Sedangkan jenis zipper, seperti yang sudah dijelaskan di bagian awal, merupakan hoodie dengan model kancing dan resleting di bagian depannya. Model ini berguna bagi kamu yang ingin banyak gaya dengan satu produk saja. Bagaimana? Sudah siap tampil necis dengan berbagai pilihan fashion yang kamu siapkan?

  1. Bahan Jaket Hoodie

Membeli hoodie tentunya ada maksud tersendiri bagi tiap-tiap orang. Ada yang memang membeli untuk dipakai jalan-jalan keseharian, ada yang digunakan untuk adventure, ada pula yang dipakai untuk menghadiri kuliah. Semuanya tentu mempunyai tujuan yang pasti antar satu orang tidaklah sama. Misalnya saja, kamu ingin berlarian di gunung, maka lebih baik pilih jaket parasut. Selain menghalau dingin, bahan ini bisa melindungimu dari tetesan air hujan yang tidak tentu datangnya. Jika kamu ingin sekedar santai saja, kamu bisa piluh bahan yang lembut dan nyaman.

Nah, dengan menyesuaikan tujuan ini, maka kamu bisa memilih hoodie secara tepat. Pasalnya bahan dasar hoodie sangatlah beraneka ragam dengan tingkatan kualitas yang bervariasi. Ada hoodie yang menggunakan cotton fleece, ada yang menggunakan semi-wol yang mana sekarang ini banyak sekali digunakan, ada pula yang memakai bahan terry dan taslan. Tentunya semua bahan tersebut dipilih berdasar selera dan tujuan penggunaan. Cotton disukai lantaran permukaannya yang lembut dan halus kala disentuh. Selain itu, kainnya juga tidak panas di kulit dan mudah menyerap keringat. Sementara itu, semi wol dipilih karena bahannya yang murah namun kualitasnya yang mumpuni. Jadi, semua tergantung pribadi kita, bukan?

  1. Ukuran Hoodie

Memilih suatu produk untuk dikenakan pastinya harus menyesuaikan ukuran. Tentunya, ukuran antara kaos, jaket, dan kemeja juga berbeda. Bisa saja kaos dan hoodie dengan ukuran sama malah terlihat berbeda kala dikenakan. Kaos bisa saja pas, sedangkan hoodie bisa kekecilan. Nah, oleh sebab itu kala membeli produk ini, jangan salah memilih ukuran dengan membandingkannya melalui kaos dan kemeja yang kamu kenakan.

Untuk bisa mengetahui pas atau tidaknya suatu ukuran, tentunya kamu perlu mencoba terlebih dahulu suatu barang. Tapi di zaman teknologi serba canggih ini, banyak sekali online shop bermunculan. Pertanyaannya, bagaimana kita dalam mencoba pakaian? Tenang saja guys, ada trik khusus kala berbelanja online lho. cukup lihat deskripsi ukuran yang pastinya selalu dicantumkan penjual dalam kolom keterangannya. Disana sudah tertera besaran lingkar pinggang, panjang bahu, lengan, dan sebagainya. Mudah, bukan?

Setidaknya, dengan memilih hoodie yang pas dengan tubuh, menjadikan penggunaan produk tersebut bisa lama. Tentunya kamu akan malas memakai produk yang berukuran lebih kecil atau lebih besar, bukan? Nah, untuk itulah diperlukan mengukur hoodie yang pas kala membelinya.

www.pexels.com
  1. Warna Hoodie

Pada dasarnya, memilih warna juga tergantung selera. Namun ada beberapa warna yang sebaiknya memang dipilih kala membeli suatu produk yang akan digunakan untuk bergaya, misalnya saja warna gelap dan netral. Untuk itu, dalam memilih warna, sesuaikan pula dengan selera, rasa kepercayaan diri, dan juga warna kulit.

Lalu, bagaimana dengan mereka yang memilih warna terang? Tidak ada salahnya memang memilih warna terang jika kamu percaya diri mengenakannya. Semua sah-sah saja. Yang jadi masalah adalah kala kamu malu memakai warna yang mencolok banyak mata dan kamu tidak percaya diri mengenakannya. Apalagi jika kulitmu termasuk gelap. Selain kontras, memakai hoodie warna terang untuk orang berkulit gelap juga bisa merusak keeleganan pemakainya. Khusus laki-laki, hoodie berwarna gelap cenderung disukai karena memang mencerminkan kegagahan. Selain itu, hoodie gelap juga tidak mudah terlihat kotor.

  1. Budget yang Sesuai Kantong

Terakhir, tips yang harus kamu ketahui adalah memilih harga. Dalam membeli, tentunya kita perlu memikirkan berapa kira-kira besaran budget yang disediakan, apakah cukup untuk membeli hoodie yang kamu inginkan. Jika iya, maka bisa bersyukur. Tapi jiak tidak, jangan berkecil hati. Pilihlah hoodie yang mempunyai harga sesuai budget, tentunya dengan berbagai kualitas terbaik yang bisa kamu temukan di produk tersebut. Sekarang ini, banyak lho hoodie murah dengan kualitas yang tidak kalah dari hoodie bermerek.

Demikianlah ulasan mengenai tisp memilih jaket hoodie yang baik agar nyaman dikenakan dan keren digunakan bergaya. Tentunya semua pilihan kembali kepada kamu. Nah, bagi kamu yang kesulitan dalam menemukan hoodie yang bagus, kamu bisa berkunjung ke situs konveksi jaket. Selain memberikan hoodie dengan kualitas terbaik, situs tersebut juga bisa memberikanmu berbagai macam pilihan model yang tentunya akan sangat sayang untuk kamu lewatkan. Nah, bagaimana? Sudah siap berbelanja dan membeli hoodie baru? Semoga bermanfaat dan selamat bergaya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *