Inspirasi Kamar Tidur Minimalis dan Furnitur Pelengkapnya

Desain minimalis memang merupakan salah satu desain terpopuler yang banyak diminati sebagai acuan mendesain rumah maupun ruangan. Desain yang mengedepankan kesederhanaan dalam hal warna dan bentuk ini justru semakin disukai oleh masyarakat zaman sekarang. Meskipun desain ini sederhana, namun nilai artistiknya inilah yang menarik orang-orang untuk menggunakannya. Rumah merupakan tempat dimana kita bisa jadi diri sendiri untuk menikmati waktu bersantai, jadi bagaimanapun rumah seharusnya kita buat senyaman mungkin. Apalagi untuk bagian kamar, yang notabene merupakan ruang pribadi dimana kita bisa menjaga privasi kita. Salah satu cara untuk membuat kamar tidur menjadi lebih nyaman adalah dengan mendesainnya dengan desain yang kita sukai.

Jika anda sedang mencari bedroom decorating ideas, mungkin desain minimalis bisa anda jadikan pilihan. Desain minimalis ini dapat memberikan kesan yang sederhana namun tetap elegan. Kesan lainnya yang bisa anda lihat dari desain minimalis adalah bersih sehingga anda makin nyaman berlama-lama di dalam kamar anda. Untuk inspirasi desain minimalis mungkin beberapa ide desain berikut ini bisa anda gunakan.

www.pexels.com

Inspirasi Desain Kamar Tidur Minimalis

Untuk mengubah dekorasi anda menggunakan desain minimalis, mungkin anda akan membutuhkan inspirasi. Nah, berikut ini ada beberapa ide mendekorasi kamar anda dengan desain kamar tidur minimalis untuk kamar berukuran kecil maupun besar.

  1. Full wall window

Menggunakan full wall window juga dapat memberikan kesan minimalis pada kamar anda. Dengan adanya dinding yang menggunakan kaca seluruhnya di salah satu bagian kamar dapat memberikan kehangatan dalam kamar anda. Apalagi lagi anda juga bisa menikmati pemandangan di luar jendelanya dengan nyaman. Untuk melengkapi full wall window ini, anda bisa gunakan lampu ruangan berwarna kuning untuk mencipatakan kesan hangat. Memanfaatkan sinar yang masuk dari kaca juga dapat membuat suasana kamar jadi lebih unik.

  1. Desain Kamar Feminim

Untuk kamar perempuan, desain feminim yang dipadukan dengan minimalis tentu akan sangat menarik. Meskipun desain minimalis cenderung menggunakan warna sederhana, namun untuk menambahkan kesan feminim anda bisa gunakan perabot maupun warna dinding dengan warna pink soft misalnya. Apalagi belakangan ini memang warna soft sedang banyak diminati untuk berbagai pilihan termasuk untuk warna ruangan. Perpaduan putih yang bersih dengan waran cream maupun soft pink akan membuat kamar terkesan bersih sekaligus mewah. Mengecat seluruh dinding kamar dengan warna putih dengan furniture dengan warna senada akan membuat kamar terlihat lebih terang dan luas.

  1. Desain kamar minimalis klasik

Inspirasi lainnya adalah desain minimalis klasik yang bisa diterapkan dengan memanfaatkan perabotan berwarna netral seperti hitam dan putih. Simple memang, namun tempat tidur berwarna hitam dengan paduan bantal berwarna putih bisa memberikan kesan yang keren. Untuk temboknya, warna cat putih bisa anda pilih untuk memberikan kesan bersih sekaligus sederhana.

  1. Desain minimalis skandinavian

Pemilihan wallpaper dengan warna putih abu-abu dan bermotif batu bata merupakan salah satu cara untuk menerapkan desain minimalis skandinavian ini. Untuk menyempurnakannya, gunakan furnitur berbahan kayu yang akan memperkuat kesan skandinavia dalam kamar. Agar lebih nyentrik, tambahkan beberapa hiasan dinding bertema monokrom. Dijamin setiap anda masuk ke dalam kamar anda akan merasa nyaman karena kesan santi yang terlihat.

  1. Desain minimalis dengan memanfaatkan sinding semen

Kesan artistik sebenarnya bisa dihasilkan dengan apa saja. Untuk desain minimalis yang mengusung kesederhanaan kita bahkan bisa memanfaatkan dinding semen untuk menambah nilai artistik pada sebuah ruangan. Penggunaan desain tembok semen ini bisa anda gunakan untuk sebagian tembok saja. Warna abu-abu yang diciptakan oleh tembok semen ini memberikan kesan simple yang juga menawan. Desain ini dapat dipadukan dengan menambahkan lemari kayu dengan pintunya yang dipasangi cermin. Lemari dengan cermin ini akan membuat kamar terkesan lebih luas. Desain yang satu ini sangat cocok jika diterapkan untuk kamar yang tidak terlalu luas.

  1. Desain minimaslis untuk kamar berukuran sempit

Memiliki kamar sempit bukan berarti harus berantakan. Asalkan bisa mendesainnya dengan baik, maka kamar akan tetap terlihat rapi, nyaman, dan pastinya keren. Untuk kasus kamar yang sempit, desain yang bisa diadopsi adalah dengan memanfaatkan lantai vinyl kayu. Ditambah dengan tembot yang seluruhnya di cat putih, akan memberikan kesan luas pada kamar tidur yang sempit. Desain minimalis modern bisa jadi inspirasi untuk memilih warna dan furnitur yang akan diletakkan dalam kamar tidur sempit. Gunakan seprai putih untuk menambah kesan anggun pada kamar jenis ini.

  1. Desain monokrom dengan senturah red furniture

Monokrom merupakan warna yang paling sering dipakai untuk mendekorasi kamar dengan desain minimalis. Warna dasar putih dan hitam merupakan salah satu cara untuk mengaplikasikan desain minimalis yang satu ini. Tambahkan furnitur dengan warna serupa akan menambah kesan sederhana namun tetap hangat. Untuk memberikan sentuhan mewah, taruh furnitur berwarna merah di bagian kamar. Entah itu bantal maupun kursi yang bisa kita manfaatkan untuk bersantai di kamar. Selain itu, penggunaan lampu berwarna kuning akan memberikan sentuhan hangat dan elegan di kamar tidur minimalis anda.

Itu dia beberapa inspirasi desain minimalis yang bisa anda adopsi untuk mendesain kamar tidur minimalis. Untuk mendesain kamar tidur denagn desain minimalis, tentunya anda butuh beberapa furnitur pendukung yang akan membuat kesan minimalis semakin kuat. Untuk itu sebaiknya anda simak juga beberapa pilihan furnitur maupun aksesoris untuk diletakkan di kamar minimalis anda.

www.pexels.com

Furnitur atau  Hiasan Tambahan Untuk Kamar Minimalis

Minimalis memang sedang jadi trend untuk berbagai hal. Tak ehran jika anda juga tertarik untuk menggunakan desain minimalis pada kamar tidur anda. Nah, selain minimalis, belakangan ini segala hal yang berkaitan dengan korea juga tengah populer. Jadi, bagi anda yang menyukai desain minimalis, menambahkan furnitur minimalis ala korea juga dapat membantu merubah desain kamar anda menjadi lebih bagus. Lalu apa sajakah hal ala korea yang bisa anda adopsi untuk kamar tidur minimalis anda, mari simak penjelasannya berikut ini:

  1. Elemen Kayu

Salah satu hal yang sering kita lihat di rumah orang korea adalah elemen kayu. Mereka cenderung menggunakan lantai, dinding, dan bahkan hal lainnya yang mengandung elemen kayu. Selain bagian lantai dan dinding, memanfaatkan frnitur maupun hiasan yang terbuat dari kayu di kamar minimalis juga bisa jadi ide yang bagus. Karena pada dasarnya elemen kayu juga identik dengan desain minimalis. Lagipula sekarang banyak furnitur dan hiasan yang terbuat dari kayu dengan berbagai bentuk dan desain yang menarik.

  1. Karpet

Selain furnitur berbahan dasar kayu, anda juga bisa memanfaatkan karpet untuk menambah kesan minimalis pada kamar tidur anda. Karpetnya bisa anda tambahkan di sekitar tempat tidur. Selain memperkuat kesan minimalis, karpet ini memang fungsinya untuk menambah kehangatan di lantai dingin. Karpet ini juga memungkinkan kita untuk duduk di lantai tanpa harus menggunakan kursi.

  1. Bantal duduk

Selain kedua hal di atas, bantal duduk juga bisa jadi aksesoris tambahn untuk kamar tidur minimalis kamu. Saat ini bentuk bantal duduk yang dijual di pasaran semakin banyak. Mulai dari yang berbentuk kotak, bulat, hingga segitiga semuanya ada. Tinggal bagaimana anda memilih warna bantalnya untuk disesuaikan dengan kamar minimalis kamu agar lebih cantik. Bantal duduk ini bisa diletakkan di sudut ruangan yang bisa anda manfatkan untuk bersantai di kamar. Pilihan warna yang bisa dipilih juga sangat beragam, untuk kamar yang minimalis, warna dan motif yang sederhana dan abstrak terkadang jauh lebih menarik.

  1. Meja laci klasik

Minimalis bisa modern bisa juga klasik, jadi jika anda memiliki konsep minimalis yang klasik, mungkin menambahkan meja kecil dengan laci berdesain klasik akan mempercantik kamar anda. Selain hanya mempercantik, meja laci ini juga bisa anda manfaatkan untuk menyimpan barang. Di bagian atasnya, anda bisa pasang vas bunga, buku, foto, maupun hiasan unik lainnya.

  1. Rak buku unik

Barang berikutnya yang juga sering digunakan oleh orang korea adalah rak buku. Desain rumah orang korea yang kebanyakan tidak terlalu luas membutuhkan berbagai space tambahan agar barang di dalam kamar tidak berantakan. Salah satu hal yang bisa anda adopsi untuk kamar minimalis anda adalah rak buku unik. Sekarang ini rak buku tidak harus berbantuk lemari. Pasang saja beberapa rak buku menarik di dinding kamar untuk berbagai buku maupun hiasan yang pastinya akan membuat kamar menjadi lebih hidup. Fungsi rak ini adalah ruang penyimpanan sekaligus hiasan yang mempercantik tembok yang polos.

  1. Tempat penyimpanan serbaguna

Sekarang di toko furnitur anda bisa menemukan berbagai tempat penyimpanan serbaguna yang sangat membantu untuk yang memiliki barang banyak namun ruang penyimpanannya terbatas. Tak sedikit juga kreasi DIY yang bisa kita praktekkan untuk menghemat space dalam kamar tidur sehingga barang yang berjumlah banyak bisa tetap tertata rapi meski di kamar yang kecil sekalipun. Salah satu bentuk tempat penyimpanan serbaguna tersebut adalah memasang laci di bagian kolong tempat tidur. Kolong tempat tidur yang biasanya menjadi tempat paling strategis untuk serangga bersembunyi bisa anda manfaatkan untuk menyimpan berbagai hal. Untuk menjaga barangnya tetap rapi dan  bagus, memasang laci di bagian kolong tempat tidur merupakan ide yang bagus. Buku, sprei, maupun barang lainnya bisa anda simpan disitu nantinya.

  1. Inspiration wall

Apa itu inspiration wall? Ketimbang bingung mau meletakkan perabot namun sudah tak ada lagi space, tembok bisa jadi tempat yang tepat. Memasang papan di dinding untuk menempelkan berbagai catatan bisa jadi solusi menarik. Selain menjadi pengingat, catatan yang dibuat rapi juga bisa memberikan kesan unik di dalam kamar minimalis. Sesuai dengan konsepnya yang minimalis, anda bisa manfaatkan berbagai barang bekas untuk membuat inspiration wall ini. Mungkin hasilnya akan membuat anda terkagum. Tidak ada salahnya berkreasi di kamar sendiri.

  1. Hanger baju

Hanger baju di dalam kamar bisa juga menambah kesan minimalis kamar tidur anda. anda bisa gunakan hanger baju ini untuk menggantungkan berbagai jenis pakaian. Mulai dari pakaian yang baru dipakai sebentar atau beberapa aksesoris yang memudahkan anda untuk mencarinya saat akan dipakai. Apalagi jika lemari anda semuanya hanya terdiri dari rak, maka baju yang mudah kusut akan lebih rapi jika digantung di hanger baju ini. Selain itu, hanger ini juga bisa jadi penyekat ruangan dalam kamar tidur.

  1. Cermin besar

Untuk memberikan efek luas, memasang cermin yang besar dapat jadi solusi menarik untuk memperindah kamar tidur minimalis. Selain itu, cermin juga bisa menambah cahaya yang masuk ke dalam kamar sehingga kamar lebih terang

www.pexels.com

Itulah daftar furnitur maupun aksesori ruangan yang bisa dimanfaatkan di kamar tidur dengan desain minimalis. Dendan adanya barang-barang tersebut, kamar minimalis tidak akan terlihat terlalu kosong. Apalagi barang-barang tersebut juga memiliki fungsi yang akan memudahkan anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk mendapatkan berbagai barang unik dengan konsep minimalis sekrang juga lebih mudah. Anda bisa membelinya di berbagai toko furnitur baik online maupun offline.Jika anda memiliki desain sendiri, anda bisa melakukan pemesanan terhadap produk yanga nda inginkan.

Kamar merupakan tempat yang dapat melindungi privasi kita, jadi untuk desainnya juga lebih banyak pilihan kreasi yang bisa kita tuangkan. Berbeda dengan ruangan lain dalam rumah yang tidak hanya kita nikmati sendiri. Seharusnya mendesain kamar bisa lebih santai dan sesuaikan dengan hal favorit anda. Secara psikologis, kita juga akan merasa lebih nyaman jika beristirahat di kamar yang desainnya kita sukai. Jika memang bingung menentukan furnitur maupun warna yang harus dipilih untuk kamar anda agar memiliki desain yang minimalis, gunakan saja jasa desainer. Anda bisa konsultasikan keinginan anda agar dimasukkan dalam desainnya. Dengan begitu hasil desain yang anda inginkan juga akan memuaskan.

Desain minimalis tak hanya memberikan kesan sederhana, namun juga bersih dan rapi. Namun di lain sisi, desain minimalis ini juga bisa memberikan kesan yang mewah. Jadi, tergantung bagaimana anda menggunakan komponen dalam kamar. Mulai dari bahan renjang atau temapt tidur, lemari pakaian, hingga furnitur lainnya yang kita butuhkan di kamar. Barang lainnya yang seringkali mengubah suasana dalam kamar adalah penggunaan lampu. Mulai dari lampu meja, hingga lampu utama di kamar akan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap desain kamar anda. Jadi warna lampu yang anda pilih juga bisa memberikan kesan yang berbeda pada kamar anda meskipun furnitur lainnya telah menggunakan desain minimalis.

www.pexels.com

Jadi, desain manakah yang paling anda sukai untuk anda gunakan di kamar tidur minimalis anda. Saat ini banyak yang menawarkan jasa desain kamar dengan berbagai desain. Untuk anda yang suka desain sederhana, akan sangat cocok jika menggunakan desain minimalis. Desain  minimalis ini sekarang paling banyak digunakan pada kamar hotel maupun penginapan karena memang lebih banyak disukai. Selain memperhatikan warna dinding, lantai, maupun furnitur, penataan barang dalam kamar juga sangat berpengaruh terhadap desain kamar. Desain yang sering digunakan untuk ruangan yang tida terlalu luas ini memang memiliki konsep untuk memanfaatkan ruangan semaksimal mungkin namun tidak meninggalkan kesan sederhana dan elegan. Intinya, untuk membuat desain minimalis, pemilihan segalanya furnitur yang anda letakkan dalam kamar juga sangat berpengaruh. Namun, yang terpenting adalah kenyamanan, tentunya itu juga alasan anda memilih desain minimalis bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *