Kelebihan Karpet Masjid Polos Vs Corak

September 6, 2019

Karpet masjid memiliki peranan yang sangat penting. Pentingnya karpet masjid tersebut sampai-sampai  setiap masjid pasti akan memiliki karpet masjid. Peranannya yang sangat besar inilah mengapa karpet masjid menjadi salah satu barang wajib yang ada di setiap masjid. Pemilihan karpet masjid polos vs corak yang tepat tentu saja akan membantu para jamaah menjadi lebih fokus ketika sedang beribadah. Oleh sebab itu,  setiap masjid memiliki pertimbangannya masing-masing yang berkaitan dengan karpet masjid yang memiliki pilihan corak maupun memilh polos. Setidaknya dengan memiliki salah satu pilihan tersebut akan membantu para jamaah agar bisa beribadah dengan tenang.

Pilih Mana Karpet Masjid Polos vs Corak

Menggunakan karpet untuk di dalam masjid memiliki tujuan yang cukup mulia. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa para jamaah tidak harus langsung bersentuhan dengan tanah ketika beribadah. Apabila bingung memilih karpet masjid polos vs corak yang membedakan antara satu dengan lainnya adalah:

unsplash.com

  • Bagi yang memiliki karpet masjid dengan model polos, maka kelebihannya adalah dapat menyesuaikan dengan tema yang diajarkan. Pemilih dan penyuka model polos tentu saja akan membuat ruangan masjid lebih indah. Sebab karpet masjid yang cenderung polos mudah untuk diaplikasikan pada masjid dengan tema apapun. Oleh karenanya bagi yang tidak ingin diributkan dengan pola termasuk ke dalam salah satu atribut yang paling bagus untuk beribadah.
  • Penggunaan karpet yang polos memiliki kelebihan yakni mudah terlihat jika ada noda atau kotoran apapun di atas karpet. Jika setiap noda apapun terlihat dengan jelas maka karpet lebih mudah untuk dibersihkan jika dibandingkan dengan karpet yang memiliki corak.  Biasanya karpet yang memiliki corak lebih sulit terlihat jika ada noda meskipun nodanya sedikit maupun banyak. Jika sudah demikian untuk yang memilih karpet yang bercorak tentu saja lebih mudah merasa kotor dan sulit untuk dibersihkan. Sebab tidak terlihat jika ada noda kecuali nodanya banyak sekali. Jika demikian jangan berharap bahwa penggunaan model corak bermotif lebih aman untuk meningkatkan kebersihan masjid.
  • Apabila dibersihkan dengan teratur maka karpet masjid yang cenderung polos lebih mudah untuk terlihat rapi dan wangi. Berbeda halnya jika dibersihkan adalah karpet yang memiliki motif. Sebab biasanya orang yang tidak biasa membersihkan karpet tentu saja akan membuat masjid menjadi lebih mudah dibersihkan. Karpet dengan motif biasanya lebih mudah menjadi kusam karena motifnya biasanya sulit untuk dibersihkan. Setidaknya dengan memilih karpet masjid yang polos lebih mudah untuk merawat dan menjaganya tetap bersih dan rapi. Oleh karenanya sangat dianjurkan untuk memilh karpet masjid yang tidak memiliki corak tertentu bisa lebih mudah dilakukan penyesuaian terutama terkait dengan pewarnaan dan juga perawatannya.
  • Apabila di atas karpet polos terdapat noda yang cenderung polos biasanya lebih mudah terlihat jika ada noda minuman jika dbandingkan dengan karpet yang memiliki corak. Sehingga untuk para pengglla surprise maka bola tersebut bisa menjadi bagian penting dalam kehidupan tetangganya. Jika karpetnya polos maka cukup dibersihkan dengan kain basah saja. Selain itu untuk yang corak tidak mudah terlihat dan tidak mudah melalukan survey. Sehingga ketika ada noda yang tertumpah di atas karpet tidak akan mudah diperiksa untuk kemudian dibersihkan dengan menggunakan kain lap. Proses pecucian karpet juga jauh lebih mudah dibersihkan dan dibuat menjadi ramai.
  • pixabay.com

Polos Atau Bercorak

Bagi kalangan yang lebih memilih untuk membeli karpet masjid polos vs corak yang ada tentu saja anda harus mempejari terlebih dahulu perihal perawatan karpet yang bersangkutan. Karpet polos apabilla terkena noda tumbahan makanan seperti bubur biasanya akan mudah sekali terlihat rembesannya. Sehingga untuk penggunaan karpet polos harus lebih sering dibersihkan jika dibandingkan dengan yang memiliki corak. Alasannya  adalah ketika karpet polos biasanya karpet akan mudah memperlihatkan bagaimana nilai dari setiap jenis karpet dan juga bagaimana melakukan pembeliannya. Pemilihan corak sendiri sebenarnya juga ikut berpengaruh terhadap bagaimana caranya untuk melakukan perawatan terhadap karpet masjid tersebut.

Mengenai bagaimana dan harga yang harus dibayarkan untuk membeli karpet biasanya memang berkaitan dengan bahan dan kualitasnya. Meskipun membeli karpet masjid polos yang memiliki ketebalan bahan yang cukup bagus, maka tidak heran jika harganya juga ikut mahal. Semakin minimalis corak dari karpet masjid biasanya akan lebih mudah untuk perawatannya. Semakin banyak coraknya maka perawatannya akan semakin sulit. Termasuk untuk proses pencucian. Bagi pemilik karpet yang tidak memiliki banyak corak tentu saja memudahkan bagi pemiliknya agar bisa terjaga selalu kebersihannya. Setidaknya tidak akan berbau dengan aroma yang tidak sedap. Sebab noda sedikit apapun jika tidak segera dilakukan pembersihan maka bukan tidak mungkin bisa memunculkan aroma tidak sedap dalam hal ini berbau apek.

Biasanya warna dari karpe yang memiliki warna cerah biasanya tidak akan kesulitan untuk melihat seberapa besar noda yang dimilikinya. Sehingga semakin cerah warnanya kesulitan yang akan dialami ketika menjaganya agar tetap bersih dan wangi akan sedikit kesulitan. Oleh karenanya pemilik karpet polos lebih disarankan untuk dilakukan dan disukai oleh orang banyak.