Tata Cara Merawat Kebun Durian Dengan Benar

Durian adalah buah yang cukup unik. Tidak hanya rasanya yang cukup unik serta baunya, bentuknya juga cukup unik yang berduri serta letak buahnya yang ada di tiap jaring-jaring buah durian. Oleh sebab itulah, banyak kebun durian yang kini dibuat guna memenuhi kebutuan para penikmatnya saat musim durian tiba. Usaha kebun durian ternyata cukup menguntungkan. Bayangkan saja, 1 buah durian bisa dihargai sekitar 50 ribu rupiah. Belum lagi jika buah durian yang tumbuh sangat besar-besar, tentu tiap buanya bisa dihargai hingga 100 ribu rupiah. Sebagai pebinis, itu adalah bisnis yang sangat menguntungkan karena bisa menghasilkan uang yang cukup banyak.

Kebun durian semakin banyak yang membudidayakannya karena melihat prospek keuntungan yang besar dari sana. Untuk itulah, Anda yang ingin bisnis menguntungkan, belajarlah untuk berkebun durian. Untuk melakukan usaha ini, Anda juga tidak bole malas. Harus rajin belajar, selalu berkonsultasi pada orang-orang yang sudah melakukan budidaya buah durian agar bisa mendapatkan pengetahuan yang luas mengenai buah unik tersebut. Sekarang untuk mencari referensi mengenai bisnis tertentu sangat mudah. Entah di media sosial ataupun buku itu sangat berguna untuk Anda. yang terpenting Anda memiliki ambisi dan niat untuk bisa sukses dengan mengelola kebun durian tersebut. Belajarlah yang paling muda terlebih dahulu agar Anda mudah mengerti.

www.pexels.com

Jenis Durian Populer

Langkah pertama, Anda harus memutuskan mau menanam jenis durian apa di kebun durian milik Anda. kurang lebih ada 10 jenis durian yang ada di Indonesia. Anda harus tahu tipe tanah pekarangan yang akan Anda jadikan lahan untuk berkebun, lalu pilihlah jenis durian yang pas untuk jenis tanah tersebut. Berikut adalah 5 dari 10 jenis-jenis durian yang ada di Indonesia :

  1. Durian Candimulyo atau Candy

Buah durian ini berasal dari Magelang, Jawa Tengah. Mungkin jika dilihat dari fisik luarnya yang besar, Anda akan mengira puas jika memakan buah durian jenis ini. Tapi tahukah Anda jika buah durian Candy ini ternyata tidak terlalu enak? Meski dagingnya banyak dan bijinya kecil, tapi rasanya sedikit manis dan pahit yang membuat lidah getir. Jadi, mungkin meski banyak, Anda bisa saja makan 1 biji tidak akan habis.

  1. Durian Mimang

Durian ini adalah durian yang berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Cirikhas dari buah ini adalah kulitnya yang seperti kempes dan lembek. Tapi ketika Anda membukanya, terpampanglah buah durian yang kelihatannya sangat lezat. Memang benar, durian ini memiliki rasa yang manis dan legit. Bahkan antara biji dan daging mempunyai tingkat ketebalan 2-3 cm. cukup memuaskan. Dan buah ini sangat cocok untuk dibudidaya.

www.pexels.com
  1. Durian Montong

Siapa yang tidak kenal dengan durian yang satu ini? Durian montong adalah jenis buah yang sangat terkenal di Indonesia karena cita rasanya yang sangat menggugah selera. Bahkan untuk 1 biji saja sudah dihargai dengan harga yang cukup tinggi. Maka tak salah jika penguasaha kebun durian montong ini cukup kaya karena banyak yang mencarinya.

Ciri khas dari durian ini memang bentuk dagingnya yang besar serta tidak bulat melainkan lonjong tidak beraturan. Teksturnya juga sangat lembut dan rasanya sangat manis. Jika dibuat es durian, sungguh sangat nikmat buah ini. Buah ini aslinya dari Kalimantan, tapi di pulau-pulau lain sudah membudidayakannya.

  1. Durian Matahari

Buah durian ini berasal dari Cimanggu, Bogor, Jawa Barat. Buah ini berwarna hijau kecoklatan. Untuk rasanya manis dengan tekstur yang cukup halus sehingga banyak yang suka. Akan tetapi, buah durian ini sangat rawan akan hama yang menyerang sehingga akan sulit dan perlu tantangan untuk membudidayakannya.

  1. Durian Petruk

Nah, buah durian ini juga menjadi kegemaran bagi para petani durian karena bua ini teksturnya tidak terlalu lembek. Rasanya juga manis namun ada rasa pahit-pahitnya sedikit. Memang buah durian ini adalah gabungan dari durian candimulya dan montong jadi rasanya seperti itu. Namun, masih banyak juga yang sangat menyukainya.

Itulah jenis-jenis buah durian dari yang kurang bagus hingga yang paling bagus untuk ditanam dan dibudidayakan di kebun durian milik Anda. yang terpenting, Anda harus benar-benar merawatnya dan tahu bagaimana caranya. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk bisa merawat buah durian dari mnjadi bibit hingga berbuah lebat. Tips dan cara tersebut harus Anda lakukan agar bisa mnjadi petani durian yang sukses dengan hasil panennya.

www.pexels.com

Tips Menjadi Petani Durian

Meski pada awalnya akan sulit untuk merawat buah durian tersebut, tapi dengan penuh kesabaran dan kruletan Anda dalam merawat bibit-bibit tersebut, Anda akan mendapatkan hasil yang bagus pula dan kebun durian Anda bisa berkembang menjadi lahan yang sangat menguntungkan bagi Anda. Berikut adalah tips dan cara untuk bisa menjadi petani durian yang sukses dalam menanam durian :

  1. Langka pertama adalah pemilihan bibit biji. Bibit yang bagus untuk dibudidayakan adalah bibit yang berasal dari generatif. Bilihlah biji yang berbentuk bulat dan besar. Kemudian, Anda arus menanamnya di polybag sekitar 1 liter tanah. Jika Anda ingin memilih bibit yang sudah mulai tumbuh, pilihlah dari hasil generatif saja. Yang sudah siap tanam.
  2. Langkah kedua adalah pengolahan tanah ataupun lahan. Olahlah lahan Anda sebelum musim hujan tiba untuk bisa mendapatkan matahari yang cukup. Bersihkan lahan dari tanaman liat yang kemungkinan bisa mengganggu pertumbuhan durian. Kemudian, Anda cangkul agar tanah yang akan ditanami menjadi gembur. Buatlah juga saluran drainase agar pada saat musim hujan, tidak ada genangan air yang ada di sekitar bibit durian. Durian akan cepat mati jika tergenang air.
  3. Langkah yang ketiga adalah proses penanaman. Tip jenis buah durian memiliki kedalaman tanah yang berbeda-beda, untuk itulah Anda harus memperhatikan dan mempelajarinya satu per satu dari buku ataupun video tutorial agar mudah mengerti.
  4. Yang keempat adalah melakukan penyiraman pada bibit buah durian setela ditanam. Lakukanlah penyiraman rutin jika sedang musim kemarau karena pasti tanaman durian membutuhkan banyak air karena lebih sering terpapar sinar matahari. Jika musim hujan, usahakan penyiraman sedikit dikurangi agar tidak terlalu banyak air dalam akarnya.
  5. Kemudian untuk tahap kelima adalah pemupukan yang juga dilakukan dengan baik. Dan rawatlah hingga berbuah.
  6. Dan yang terakhir adalah tahap panen, Anda harus menunggu buah itu jatuh sendiri dari pohon karena itu adalah pertanda jika durian matang.
www.pexels.com

Buah durian dapat dijadikan berbagai hidangan termasuk kopi durian. Mungkin Anda kurang tahu mengenai hidangan minuman ini. Tapi kopi durian disinyalir dapat memberikan kesehatan untuk pria pada bagian vitalnya, dan akan memberikan kekuatan ketika sedang berhubungan dengan sang istri. Pokoknya, bagi Anda pria dewasa, harus mengkonsumsi kopi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *