Nikmati Sensasi Aroma Kopi Arabika

April 23, 2019

Siapa sih yang tidak kenal dengan minuman yang satu ini, kopi memang menjadi salah satu minuman yang digemari oleh beberapa kalangan. Hampir semua kalangan pernah mencoba ataubahkan gemar mengkonsumsi kopi. Indonesia menjadi salah satu negara penghasil kopi terbanyak dari beberapa negara yang memproduksinya. Ada banyak pohon kopi yang bisa anda temukan di Indonesia yang membuat muncul beberapa jenis kopi yang nikmat untuk dikonsumsi.

Kenapa banyak orang yang menyukai kopi? Kopi merupakan salah satu minuman yang mampu memberikan sensai aroma yang luar biasa ketika orang menyeduhnya. Salah satu kopi yang terkenal di Indonesia yang mempunyai banyak penggemar adalah kopi arabika, pernah mendengar kopi yang satu ini? Mungkin beberapa dari anda pernah meminum kopi ini ataubahkan menjadi salah satu minuman kopi terfavorit anda. Bagi anda yang baru saja mendengar atau bahkan baru ingin mencoba kopi ini dan anda pernasaran mengenai kelebihan yang dimiliki kopi ini, anda bisa menyimak ulasan di bawah ini.

Penduduk Indonesia menjadi salah satu penduduk yang menyukai kopi, tentu saja hal ini tidak terlepas dari keberadaan kopi di Indonesia. Jika dibandingkan dengan negara – negara lainnya yang mempunyai pohon kopi, Indonesia menjadi negara ke – 3 dengan produksi kopi terbanyak. Maka dari itu tidaklah salah jika banyak penduduk Indonesia yang mengkonsumsi kopi setiap harinya.

Sebagian dari anda mungkin sudah tahu apa itu kopi, namun tidak semua orang tahu bahwa kopi merupakan tumbuhan semak – semak yang dapat tumbuh di daerah tropis dengan ukuran tinggi 700 bahkan sampai 1600 mdpl. Biasanya pohon kopi ini tumbuh dengan ukuran tinggi 2 – 6 meter dan untuk buah kopi ini tumbuh sekitar 3 – 5 tahun. Pohon kopi ini dapat bertahan hidup 50 hingga 60 tahun, bahkan pohon kopi dapat tetap menghasilkan buah kopi ketika masuk umur 100 tahun, pohon kopi ini memang menjadi salah satu tumbuhan dengan umur hidup yang cukup lama.

Ketika sudah ditanam dan siap untuk dipanen maka selanjutnya kopi – kopi tersebut akan di lakukan proses pengupasan. Pengupasan ini menjadi salah satu langkah yang sangat wajib dan pasti dilakukan dalam pembuatan kopi denga jenis apapun. Jika kopi tidak dilakukan pengupasan maka kopi tersebut tidak siap untuk dikonsumsi, itulah yang menyebabkan proses satu ini menjadi salah satu penentu rasa dari kopi yang dikupas. Tujuan pengupasan ini adalah mengilangkan lapisan kulit pada kopi, mengingat kopi sendiri menjadi salah satu buah yang mempunyai lapisan kulit cukup tebal. Kulit yang dimiliki kopi ini hingga 4 lapis, maka dari itu melalui proses pengupasan ini dilakukan hingga kulit kopi yang keempat. Tujuan dari pengupasan ini sendiri adalah mendapatkan kopi dengan keadaan yang bersih yang siap untuk dilakukan pemrosesan selanjutnya.

Melakukan pengupasan pada kulit kopi ini pada dasarnya dilakukan dengan 3 metode. Metode yang pertama ialah melakukan pengupasan kulit, selanjutnya dilakukan proses basah, dan yang terakhir dilakukan semi basah. Setiap proses tersebut juga dibagi menjadi beberapa proses lagi sehingga pada dasarnya mempunyai beberapa pilihan untuk memproses kopi tersebut menjadi kopi yang siap disantap. Ketika biji kopi sudah siap maka langkah selanjutnya adalah melakukan sangrai pada kopi tersebut. Ketika melakukan sangrai ini ternyata tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, pasalnya setiap kopi mempunyai tingkat sangrainya masing – masing itulah yang membuat proses ini tidak bisa dilakukan dengan seenaknya. Ketika proses sangrai inilah nantinya mampu menghasilkan aroma kopi yang sangat luar biasa.

pexels.com

Sejarah Kopi Arabika

Setelah melalui penjelasan yang begitu panjang pada ulasan di atas tentu anda sudah tidak sabar ingin mengetahui salah satu kopi yang memiliki banyak penggemar ini. Kopi ini memang mempunyai sejarah yang cukup berkesan untuk anda ketahui, sejarah yang dilaluipun cukup panjang. Salah satu catatan penting yang selalu diingat oleh orang pada jaman dulu hingga sekarang adalah pada bagian aroma kopi yang sangat nikmat. Beberapa orang mengkonsumsi kopi ini karena ingin merasakan begitu nikmatnya rasa dan juga aroma yang dihasilkan oleh kopi ini ketika diseduh.

Pada awal mulanya kopi ini datang dari dataran tinggi Etophia yang mana merupakan salah satu wilayah yang ada didataran tinggi Afrika. Setelah itu ada dua bangsawan yang datang dan membawa kopi tersebut ke beberapa negara yang ada di dunia, mulai dari saat itu kopi ini menjadi kopi yang banyak dikenal oleh beberapa orang yang ada di seluruh dunia. Bahkan tidak hanya membawa kopi yang sudah jadi saja melainkan kopi ini dibawa dalam bentuk bibit, sehingga mulai banyak pohon kopi ini yang ditanam di beberapa wilayah dengan iklim yang sama.

Awal masuknya di Indonesia ini juga tidak terjadi begitu saja, melainkan sama halnya dengan negara – negara yang lainnya. Kopi ini masuk ke Indonesia pada awalnya terdapat di pulau Jawa dan Sumatera, mulai dari wilayah tersebut hingga tumbuh di berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Keberadaan kopi ini nampaknya sangat disenangi oleh beberapa penikmat kopi, bahkan banyak orang yang ingin mempunyai bibit dari pohon kopi ini untuk ditanam sendiri.

Kemunculan kopi ini juga terbilang tidak mudah dan lancar begitu saja, pasalnya setelah masuk ke Indonesia lalu ditanam di perkebunan Kedawoeng, beberapa tahun setelah penanaman akhirnya ada banjir dan juga gempa bumi. Dengan adanya bencana tersebut mengakibatkan pohon kopi ini menjadi mati. Ketika sudah mati tersebut maka dilakukan penanaman kembali dan penanaman ini dilakukan di berbagai wilayah yang ada ada di Indonesia. Dulunya keberadaan kopi ini juga tidak ada dalam jumlah yang banyak, hanya ada dengan jumlah yang terbilang sedikit yang dulunya hanya ada di Aceh, Malang, Bali, Jember, dan Sumatera.

Semakin banyaknya orang yang tertarik dengan kopi ini maka semakin banyak juga pihak – pihak yang membudidayakan pohon kopi arabika ini dalam jumlah yang cukup banyak. Kopi ini memang mempunyai banyak perbedaan dengan kopi – kopi lainnya, tentu saja dengan perbedaan tersebut membuat kopi tersebut menjadi kopi unggulan dengan penikmatnya yang sangat banyak. Perjuangan dalam memperbanyak tumbuhan kopi ini tidak berhenti setelah adanya bencana banjir dan gempa bumi tersebut. Ada juga penyebab lainnya yang membuat pohon ini hampir punah yakni adanya penyakit karat daun, wabah inilah yang pada akhirnya menyumbangkan kehancuran mengenai pohon kopi ini. Namun dengan adanya berbagai halangan tidaklah lantas membuat harapan pupus dalam membudidayakan tanaman ini, hampir dilakukan perbaikan – perbaikan kembali setelah pohon tersebut hancur karena berbagai penyebab.

pexels.com

Keunggulannya Dibandingkan Dengan Kopi Lainnya

Kopi ini memang mempunyai beberapa hal yang membedakannya dari kopi pada umumnya. Ada beberapa hal yang menjadi keunggulan yang dimiliki kopi ini namun belum tentu terdapat pada kopi pada umumnya. Keunggulan yang bisa anda temukan di kopi ini adalah sebagai berikut :

  1. Menjadi salah satu kopi ternama didunia.

Kopi ini memang menjadi salah satu kopi yang hampir seluruh manusia yang ada di dunia mengenalinya. Bahkan dipasaranpun kopi ini menjadi salah satu kopi yang diburu banyak orang.

  1. Tingkat Kafein Rendah

Ada banyak jenis kopi yang bisa anda temukan di Indonesia, kopi – kopi tersebut tentu saja mempunyai kandungannya masing – masing. Untuk kopi yang satu ini memang terbilang menjadi salah satu kopi yang mempunyai jumlah kafein yang rendah, sehingga terbilang aman untuk dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak. Itulah yang membuat kopi ini hampir disukai oleh semua kalangan karena salah satu keunggulan yang dimilikinya adalah rendah kafein.

  1. Rasa Asamnya Yang Memikat

Bagi anda para penikmat kopi tentu saja sudah tidak kaget ketika meminum kopi rasanya pahit. Ciri khas yang dimiliki oleh kopi adalah rasanya yang pahit, dengan adanya rasa pahit tersebutlah yang mampu menghadirkan sensasi tersendiri. Kopi Arabika ini juga mempunyai rasa asam yang cukup memikat para penggemarnya. Rasa masam yang asli inilah yang membuat banyak orang ketagihan yang ingin meminum kopi ini kembali.

  1. Primadona Para Penikmat Kopi

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwasannya kopi ini menjadi primadonanya para penggemar kopi. Rasanya yang khas inilah yang membuat kopi ini menjadi kopi yang paling laris dan terkenal dipasaran.

pexels.com

  1. Tanaman Dataran Tinggi

Indonesia menjadi salah satu negara dengan beberapa wilayah yang berada di dataran tinggi. Tentu saja hal ini bisa sangat menguntungkan pasalnya kopi ini sangat cocok untuk tumbuh di dataran tinggi sehingga bisa dengan mudah di temukan di Indonesia.

Itulah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh kopi ini, selain itu masih ada banyak kelebihan – kelebihan lainnya yang bisa anda temukan di kopi ini. Namun dibalik banyaknya keunggulan yang bisa di dapatkan dari kopi ini, kopi ini juga mempunyai kelemahan yang sering kali membuat orang berfikir ulang ketika ingin membelinya. Kekurangan ini terdapat pada bagian harganya. Harga dari kopi ini memang terbilang mahal, itulah salah satu kekurangan yang dimiliki kopi ini.

Harga kopi ini memang terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan beberapa merek kopi lainnya. Bagi anda yang ingin menikmati kopi ini anda bisa saja mendapatkan kopi ini dengan harga berkisar puluhan ribu hingga ratusan ribu, tergantung dengan kemasan yang anda inginkan. Tentu saja harga ini akan sangat berbeda ketika anda bandingkan dengan beberapa kopi yang ada lainnya. Namun walaupun harga kopi ini terbilang mahal, namun sebagai salah satu penikmat kopi anda tidak akan merasa bermasalah dengan harga tersebut. Harga yang mahal menjadi salah satu tanda bahwa kopi tersebut menjadi kopi dengan kualitas yang baik, selain itu sebagai penikmat kopi anda akan sangat paham mengenai perbedaan yang ada disetiap kopi sehingga harga yang mahalpun tidaklah menjadi masalah untuk menikmati sebuah kopi.

pexels.com

Cara Mengetahui Arabika Atau Bukan

Bagi anda yang baru awal mencoba menikmati kopi tentu saja anda tidak ingin sampai tertipu dengan kopi yang ditawarkan. Ketika anda ingin menikmati kopi Arabika ini anda tidak perlu merasa cemas atau merasa takut salah meminum kopi jenis yang lainnya. Hal ini bisa anda pastikan dengan sangat mudah karena kopi ini mempunyai berbagai ciri khas yang tidak akan anda temukan dikopi lainnya. Inilah beberapa ciri yang bisa anda pakai untuk mengetahui kopi jenis Arabika atau bukan.

  1. Kopi ini mempunyai rasa asam yang tidak dimiliki oleh kopi jenis mana saja. Sehingga ketika anda merasakan kopi ini sekali saja, anda akan langsung tahu bahwa kopi ini merupakan Arabika.
  2. Mempunyai aroma wangi yang berbeda dari kopi lainnya. Kopi ini memang menawarkan aroma kopi yang sangat wangi, aroma kopi ini seperti campuran antara bunga dengan buah sehingga mampu membuat para penikmatnya menjadi lebih rileks. Selain itu para penikmat kopi ini bisa merasakan hawa yang sejuk dan dingin, sehingga kopi ini sangat cocok digunakan untuk bersantai dan menghilangkan stres yang sedang dirasakan.
  3. Rasanya halus atau mild. Sebagai penikmat kopi tentu anda sudah mempunyai berbagai perbandingan – perbandingan yang mana mampu membuat anda lebih mudah mencirikan sebuah kopi. Ketika anda mengkonsumsi kopi ini maka anda akan merasakan tekstur kopi yang lebih halus ataupun mild. Itulah yang menjadi ciri khas dari kopi yang satu ini yang sudah jelas dikenali oleh semua penikmat kopi.
  4. Terkenal dengan rasanya yang pahit. Ketika anda mencoba meminum kopi ini dengan kopi yang lainnya maka anda bisa membedakan bahwa kopi ini merupakan kopi dengan rasa yang pahit asli dan khas. Dengan rasanya yang pahit ini maka anda akan lebih mudah dalam menentukan Arabika atau kopi yang lainnya.
  5. Rasa kental akan terasa ketika kopi tersebut menyentuh mulut. Itulah rasa yang akan dirasakan oleh para penikmat Arabika ini. Rasa kentalnya tersebut mampu membuat kesan tersendiri bagi para penikmat kopi tersebut, itulah yang bisa anda jadikan sebuah ciri khas dari kopi ini.

Itulah beberapa ciri khas yang dimiliki oleh Arabika ini, dengan adanya ciri khas tersebut maka anda akan lebih mudah dalam menentukan apakah kopi tersebut termasuk asli Arabika atau kopi lainnya. Sebagai penikmat kopi mencari tahu mengenai ciri khas disetiap kopi menjadi hal yang sangat menyenangkan dan akan selalu dilakukan untuk bisa membedakan kopi yang satu dengan yang lainnya.

Berbagai informasi seputar kopi Arabika diatas tentu saja akan lebih memudahkan anda dalam mengenali kopi tersebut. Menikmati sensasri aroma yang ditawarkan oleh kopi ini menjadi salah satu hal yang tidak boleh anda lewatkan, pasalnya anda belum tentu mendapatkan sensai seperti ini di beberapa kopi lainnya.

Ketika membeli sebuah kopi maka anda akan menemukan berbagai bentuk kopi ini sesuai dengan yang sudah disajikan sehingga anda tidak membelinya saja. Biasanya ketika anda ingin membeli kopi – kopi ini sudah diolah sehingga anda bisa membelinya dalam bentuk kemasan. Biasanya kopi ini juga dikemas menggunakan mesin pengemas otomatis sehingga anda bisa mendapatkan kopi dengan kemasan yang sangat menarik.

Sesuai dengan infromasi yang telah dipaparkan diatas anda bisa menemukan berbagai pilihan harga mengenai kopi yang satu ini salah satunya sesuai dengan kemasan yang anda inginkan. Semoga dengan adanya ulasan di atas anda semakin terbantu dalam mencari berbagai informasi mengenai kopi ternama tersebut.