Review Laptop Acer Predator VS Merk lainnya

July 18, 2019

Setiap tahunnya muncul banyak sekali game-game PC dengan tingkat grafis yang semakin tinggi juga. Agar game tersebut dapat dimainkan dengan lancar tanpa hambatan, otomatis dibutuhkan laptop berspesifikasi tinggi juga. Ada dua laptop gaming yang saling bersaing untuk memperebutkan titel laptop gaming terbaik, yang pertama adalah laptop Acer Predator dan yang kedua adalah laptop merek lainnya. Keduanya memiliki spesifikasi tinggi yang dapat mengimbangi kebutuhan grafis besar game-game PC terbaru. Dalam artikel Leskompi kali ini akan dibahas dua laptop gaming di tadi, kira-kira laptop manakah yang paling bagus.

Spesifikasi Laptop Gaming

Sebelum membandingkan antara laptop Acer Predator dan laptop merek lainnya, anda harus mengetahui terlebih dahulu spesifikasi apa saja yang dibutuhkan oleh laptop gaming agar bisa memberikan kepuasan bagi setiap gamer.

  • Prosesor

Untuk game, prosesor yang digunakan tidak jauh berbeda dengan laptop non gaming, yaitu antara Intel Core atau AMD. Perbedaannya hanya pada seri prosesor yang digunakan, untuk laptop gaming yang menggunakan Intel Core, seri yang digunakan adalah seri M, sedangkan untuk tipenya sendiri sebaiknya memilih Intel Core i5 ke atas agar game-game PC dapat dimainkan dengan lancar tanpa hambatan. Sedangkan bila menggunakan prosesor AMD, maka seri yang paling sering digunakan adalah seri A8, seri A10 dan juga seri FX. Perlu anda perhatikan pula, semakin tinggi nilai GHz (satuan prosesor), maka semakin cepat kinerja laptop tersebut.

pxhere.com

  • VGA

Lartu grafis atau VGA sangat berpengaruh terhadap tampilan dan juga kualitas game yang dimainkan, terutama untuk game berat. Untuk mendapatkan pengalaman game yang bagus, maka sangat penting untuk memilih laptop dengan kartu grafis atau VGA yang tepat. Biasanya laptop gaming menggunakan VGA dari NVIDIA atau AMD. Carilah seri kartu grafis yang paling baru untuk merasakan pengalaman bermain game tanpa hang.

  • RAM

Besarnya RAM juga akan berpengaruh terhadap kelancaran dalam bermain game, karena itulah untuk laptop gaming gunakan RAM diatas 4 GB dan cari laptop yang RAM nya bisa di upgrade. Jadi semisalnya anda membeli laptop gaming dengan RAM 4 GB, anda bisa meningkatkan RAM nya menjadi 8 GB tanpa harus membeli laptop baru. Tentunya meng-upgrade RAM lebih murah daripada membeli laptop gaming baru.

  • Memory

Beberapa game PC tersedia dalam bentuk disk, namun game PC online tidak berbentuk disk dan anda harus mendownloadnya. Game-game PC online sekarang memiliki ukuran file yang besar, bisa lebih dari 60 GB untuk satu game. Karena itu sangat penting memiliki kapasitas penyimpanan yang besar dalam sebuah laptop.

  • Baterai

Kalau bermain game pasti tidak pernah ingat waktu, terkadang bisa bermain game lebih dari 3 jam. Untuk mendukungnya, tentu dibutuhkan laptop dengan baterai yang besar. Jangan samakan kapasitas baterai non gaming dengan laptop gaming, laptop gaming lebih boros baterai karena semua fitur akan bekerja secara maksimal untuk menjalankan game PC.

pxhere.com

Perbandingan Acer VS Merek Lainnya

Setelah mengetahui spesifikasi minimum laptop gaming, tentu sekarang akan lebih mudah menilai laptop gaming manakah yang paling bagus, apakah laptop Acer Predator atau laptop merek lainnya.

  • Desain

Spesifikasi yang satu ini memang tidak berhubungan dengan mesin laptop, akan tetapi desain laptop gaming tidak kalah penting. Laptop apapun yang anda beli, entah laptop gaming atau non gaming pasti mencari desain laptop yang paling bagus. Laptop besutan Asus ini memiliki desain yang tipis, bisa dibilang lebih tipis daripada Acer Predator sehingga merek lainnya dapat masuk ke dalam ransel biasa tanpa ada masalah.

  • Prosesor

Merek lainnya menggunakan Intel Core generasi ke-8 3,8 GHz dan memiliki teknologi Hyper Cool duo copper thermal solution sehingga laptop tetap dingin ketika digunakan untuk bermain. Acer Predator juga menggunakan prosesor yang sama dengan sistem pendingin yang bernama Extreme Cooling Advanced Thermal. Fungsinya tidak jauh berbeda dengan teknologi yang digunakan oleh merek lainnya.

  • VGA

Merek lainnya menggunakan kartu grafis NVIDIA GTX 1050 dengan VRAM 4 GB DDR5, sedangkan Acer Predator menggunakan NVIDIA GeForce GTX 970M dan GTX 1080 (tergantung seri laptop) dengan VRAM 8 GB dan VRAM 16 GB DDR4 (tergantung seri laptop). Kalau dilihat sekilas, Acer Predator memiliki kartu grafis setingkat lebih tinggi daripada merek lainnya.

pxhere.com

  • Memory

Untuk penyimpanan, merek lainnya memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 1 TB SSHD yang memiliki kecepatan 5400 rpm dan juga 8 GB Hybrid HDD. Berbeda dengan Acer Predator, ia memiliki SSD dengan kapasitas hingga 256 GB. Dari sini terlihat bahwa merek lainnya unggul dalam hal penyimpanan.

Laptop gaming apapun yang akan anda pilih, anda harus selalu sesuaikan dengan budget yang anda miliki. Jika budget anda tidak terlalu besar, pilihlah laptop gaming dengan spesifikasi minimal yang dibutuhkan. Tapi, daripada terburu-buru membeli laptop gaming dengan budget terbatas, lebih baik menunggu lebih lama lagi agar bisa membeli laptop gaming yang paling bagus. Karena semakin lama, game PC akan semakin berat dan membutuhkan laptop berspesifikasi tinggi untuk menjalankannya.