Manfaat Bunga dan Daun Teratai Untuk Kesehatan

August 28, 2019

 

 

Deskripsi:

Sering menjumpai tanaman teratai? Tahukan kamu bahwa daun teratai juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan? Ini jawabannya

Artikel:

Teratai mmenjadi salah satu bunga yang unik. Tanaman ini mampu hidup dan bertanam di atas air dan sangat berbeda dengan tanaman lain yang tumbuh di tanah dengan subur.

Mengenal Tanaman Teratai

Seperti yang diketahui, teratai sangat unik karena dapat hidup di air. Daunnya berbentuk bulat dan memiliki diameter rata-rata sekitar 1-2 meter. Kita bisa menamukan tanaman ini tumbuh subur di kolam ikan, sawah, sungai atau di temapt yang airnya tenang. Tangkai dan bunganya akan menjalar ke permukaan air sedangkan akar serta batangnya berada di dalam air.

Kebanyakan orang mungkin masih belum mengataui manfaat bunga teratai untuk kesehatan. Karena sebagian besar orang hanya mengetahui manfaat daun teratai ini untuk makanan ikan yang hidup di kolam. Padahal khaisat yang ada dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Tiga Manfaat Tanaman Teratai

Ada beberapa manfaat teratai yaitu manfaat teratai bagi lingkungan dan kesehatan. Teratai dimanfaatkan sebagai obat herbal yang baik untuk kesehatan. Memiliki kandungan zat variatif membuat teratai dapat mengonati berbagai macam penyakit. Berikut beberapa diantaranya.

  1. Diare dan Muntah

Ketika diare dan muntah kamu bisa memanfaatkan daun teratai ini sebagai obatnya untuk mengganti cairan tubuh yang dikeluarkan. Caranya siapkan rimpang jahe dan rimpang teratai 50 gram dan cuci hingga bersih. Selanjutnya kamu bisa blender bahan tersebut sebanyak 3 kali sehari.

  1. Batuk Darah

Selanjutnya manfaat teratai adalah membantu mengobati batuk darah. Kandungan asam nikotinat pada teratai membantu menghentikan muntah darah. Untuk mengonsumsinya yaitu juslah rimpang teratai dengan air matang 200 cc hingga merata. Konsumsilah 3 kali sehari minimal dalam 5 hari secara rutin.

  1. Mengilangkan Insomia

Biji teratai bermanfaat mengatasi dan menghilangkan insomia karea terdapat kandungan fosfor dan vitamin pada batangnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Kamu  harus menyiapkan 12 gram biji bunga teratai dan rendam selama 30 menit. Setelah itu rebus biji tadi dengan 3 gelas air. Rebus hingga menyisakan 1 gelas saja. Selanjutnya kamu bisa langsung mengonsumsinya. Selain itu kamu bisa juga memakan biji tadi.

Demikianlah informasi menganai daun teratai. Kamu bisa memanfaatkannya untuk kesahatan tubuh.