Cara Mengatasi Rambut Kering dan Rontok

February 4, 2019

Memiliki rambut yang indah, subur, lembut, tebal, dan kuat adalah impian setiap individu, baik pria maupun wanita. Hal ini memang bisa didapatkan dari penggunan shampo yang banyak dijual di pasaran. Namun, banyak kasus kerusakan rambut pada perempuan tidak cukup hanya diatasi dengan shampo. Dibutuhkan perawatan lainnya yang lebih maksimal. Apalagi, jika masalah kerusakannya adalah rambut kering. Rambut kering tidak akan menarik dilihat. Para perempuan pasti akan melakukan berbagai cara untuk mendapatkan rambut yang sehat.

Secara umum, rambut kering disebabkan karena produksi minyak alami yang dibutuhkan rambut berkurang. Hal ini kerapkali disebabkan karena penggunaan produk shampo yang salah, sehingga minyak buatan pada kandungan shampo menggantikan produksi minyak alami pada rambut. Padahal, minyak alami yang diproduksi oleh rambut dapat membuat rambut tetap lembab natural.

Saat rambut kekurangan produksi minyak alami, lapisan luar rambut bisa mengelupas hingga membuat rambut tampak lebih kering dan hilang kilaunya, karenanya rambut akan terlihat lebih kusam. Jika masalah rambut kering sudah cukup parah, kulit kepala biasanya akan ikut mengering juga. Pada kondisi yang lebih serius lagi, kulit bisa mengelupas dan menebabkan ketombe. Lantas, faktor apa lagi yang menyebabkan rambut kering?

www.pexels.com

Faktor Utama Penyebab Rambut Kering

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rambut kekurangan produksi minyak alami, sehingga rambut menjadi kering. Berikut ini beberapa yang paling sering terjadi di rambut orang Indonesia:

  • Cuaca di negara tropis

Kalau yang satu ini mungkin seperti sudah takdir, karena nyatanya memang Indonesia merupakan negara tropis. Mau tidak mau kita harus bersahabat dan menerima kenyataan ini. Namun, setidaknya Anda tahu bahwa Anda tinggal di negara tropis, maka potensi rambut mengalami kekeringan lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tinggal di negara empat musim. Apalagi, jika Anda tinggal di kota-kota besar yang sarat akan polusi. Paparan sinar matahari ekstrem di tambah dengan polusi merupakan salah satu penyebab rambut kering.

  • Cara keramas yang salah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, banyak orang terlalu percaya dengan kehebatan shampo, namun tidak dibarengi dengan pemakaian yang benar. Kesalahan yang jarang disadari adalah keramas terlalu sering bahkan setiap hari, sehingga menyebabkan rambut kehilangan kelembaban alaminya. Alih-alih memiliki rambut indah dengan kelembaban tinggi, penggunaan shampo berlebihan akan menyumbang potensi rambut menjadi kering karena luruhnya minyak alami rmabut setiap keramas.

  • Penggunaan alat styling berlebihan

Banyak orang mungkin sering mengeringkan rambut menggunakan hairdryer, meluruskan rambut menggunakan catokan, atau bahkan mengkriting rambut. Hal-hal semacam ini paling sering dilakukan oleh permepuan. Jika Anda salah satunya, Anda sebaiknya menghentikan atau paling tidak mengurangi frekuensi pemakaiannya. Sebab, panas tinggi yang ditimbulkan oleh alat styling dapat menyebbakan kekeringan pada rambut Anda.

  • Terkontaminasi klorin

Klorin biasanya besar kemungkinannya ada di kolam renang karena memiliki fungsi untuk membunuh bakteri pada air. Namun, di sisi lain, paparan klorin secara terus-menerus juga dapat membuat rambut Anda menjadi kering, kusam, berbau, bahkan meluruhkan pigmen rambut.

www.pexels.com

  • Penyakit tertentu

Rambut yang kering dan rusak juga bisa disebabkan karena penyakit tertentu yang dimiliki seseorang, misalnya sindrom atau kondisi genetik langka yang menyebabkan sel-sel dalam tubuh tidak dapat menyerap zat besi. Bisa juga karena hipoparatiroid yang menyebabkan kelenjar di leher menghasilkan begitu banyak hormone paratiroid yang dapat menurunkan kadar kalsium dalam darah. Seseorang yang terkena malnutrisi juga bisa membawa pengaruh buruk pada rambut. Bahkan, menyebabkan anggota tubuh lainnya juga kekeraingan. Misalnya, bibir pecah-pecah, kulit pucat, dan sbeagainya.

Sebelum terlambat, ada baiknya dilakukan pencegahan-pencegahan. Paling tidak dengan rutin mengkonsumsi air putih, serta buah dan sayur. Sebab, kalau rambut sudah mengalami kekeringan, bisa berakibat ke kondisi kerusakan lainnya pada rambut. Hal yang paling sering terjadi ketika kondisi rambut sudah kekeringan adalah rontok. Ya, rambut yang kering dan kusam yang dibiarkan terlalu lama, rambut pun akan mudah rapuh dan rusak.

Jika sudah mengalami ini pasti akan sulit mengatasinya dan harus menggunakan bahan alami. Caboki penumbuh rambut salah satu produk yang biasa digunakan untuk membuat efek tebal dan lebat. Caboki penumbuh rambut juga tidak menyebabakan rmenjadi kering, justru membuatnya menjadi lebih cerah dan bersinar karena terbuat dari tanaman sejenis kapas dari Maroko, Afrika.Lantas, bagaimana jika rambut Anda sudah terlanjur mengalami kekeringan?

www.pexels.com

Cara Mengatasi Rambut yang Kering

Ada beberapa cara mengatasi rambut kering secara alami dan aman. Terapkanlah beberapa langkah yang direkomendasikan berikut ini untuk mengembalikan kelembaban alami rambut.

  1. Menyisir rambut dengan benar

Rambut perlu disisir secara rutin dan benar agar rambut ‘bernapas’ dengan leluasa. Apabila rmabut Anda rontok, gunakan sisir rambut dengan jenis gigi lebar dan jarang. Jangan gunakan sisir bergigi rapat, karena hanya akan memperparah kerontokan.

  1. Tidak menggosok rambut

Menggosok rambut terlalu keras dan kasar biasanya tidak sadar sering Anda lakukan setelah keramas. Gesekan yang terlalu kasar dan keras akan menyebabkan rambut kering hingga rusak. Jadi, hindari keiatan semacam ini untuk mengeringkan rambut. Ketimbang menggosoknya, Anda cukup menekan-nekan rambut secara lembut menggunakan handuk, baru kemudian biarkan kering dengan cara diangin-anginkan.

www.pexels.com

  1. Gunakan masker lidah buaya

Lidah buaya sudah dipercaya memiliki kandungan mineral, vitamin, dan asam amino yang tinggi. Kandungan tersebut tentu saja dapat mengatasi rambut kering dan bahkan rusak. Cara mengatasi rambut kering dengan lidah buaya, yaitu siapkan 1 ½ cangkir gel lidah buaya yang ditambahkan dengan minyak jarak 2 sdt, bubuk kemangi atau bisa juga kemangi yang ditumbuk 1 sdt. Aduk rata semua bahan dan setelah tercampur, Anda bisa langsung mengaplikasikannya pada kulit kepala dan rambut. Tutup kepala yang sudah dilumuri adonan lidah buaya dengan menggunakan shower cap. Diamkan semalaman dan bilas keesokan paginya dengan air dingin. Lakukan rutin sekali seminggu, maka dalam sebulan hasilnya akan terlihat.

  1. Hindari rambut terkena paparan sinar matahari langsung

Sebisa mungkin hindari rambut dari paparan sinar matahari langsung. Sebab, hal ini hanya akan membuat rambut Anda semakin kering. Lama-kelamaan jika terus dibiarkan, bisa rusak dan menghamabat pertumbuhannya. Jika memang harus melakukan kegiatan lapangan dalam kondisi rambut kering, maka usahakan agar menggunakan penutup kepala, misalnya topi, kupluk atau payung.

www.pexels.com

  1. Konsumsi air putih dan makanan bergizi

Sekuat apapun Anda mengatasi rambut kering dari luar, tidak akan berpengaruh apa-apa jika tidak diimbangi dengan asupan sehat dari dalam. Rambut sehat hanya dihasilkan dari asupan yang sehat. Usahakan untuk selalu mengkonsumsi makanan bergizi, seperti sayur, buah, dan protein untuk mengembalikan kesehatan rambut kering. Selain itu, rutin minum air putih mampu mengembalikan rambut sehat Anda dari kekeringan. Anda bisa mengimbanginya dengan olahraga untuk membantu mengembalikan minyak alami rambut.