Capek Dijuluki Wajah Penggorengan? Ini Dia Cara Menghilangkan Minyak di Wajah

February 16, 2019

Sebel ketika teman mengatai wajah Anda seperti kilang minyak saking mengkilapnya? Wajah memang menjadi salah satu bagian tubuh yang akan langsung dilihat oleh lawan bicara maupun orang lain. Maka dari itu tak heran kalau orang akan mudah mengomentari sesuatu yang kurang pas pada bagian wajah Anda. Salah satu yang sering mengganggu adalah masalah kulit yang berminyak.Tidak sedikit orang yang mempunyai masalah dengan kulit berminyak dan memang masalah minyak berlebih di kulit ini bisa cukup mengganggu serta membuat tampilan wajah menjadi kurang sempurna.

Faktor Penyebab Kulit Berminyak

Wajah bisa memproduksi minyak dalam jumlah yang berlebihan karena beberapa sebab. Anda perlu menyelidiki lebih dulu apa penyebab kulit berminyak Anda supaya bisa diatasi sampai ke akar-akarnya. Adapun faktor penyebab kulit berminyak ini diantaranya:

www.pexels.com

  1. Faktor genetik

Faktor genetik atau keturunan bisa jadi penyebab Anda punya kulit berminyak. Manusia memang diciptakan dengan tipe wajah yang berbeda, ada yang memiliki jenis wajah kering, berminyak ataupun kombinasi.

  1. Cuaca

Cuaca di sekitar juga sangat berpengaruh terhadap kondisi wajah. Cuaca yang panas dan lembab bisa membuat tubuh memproduksi minyak lebih banyak. Itulah mengapa wajah akan lebih cepat terlihat mengkilap karena minyak di cuaca yang lebih panas.

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak

Makanan berlemak seperti gorengan bisa jadi tersangka penyebab kulit berminyak. Apa yang  Anda makan dapat langsung berpengaruh kepada wajah Anda.

  1. Penggunaan skincare atau kosmetik yang kurang tepat

Jika Anda salah memilih produk perawatan kulit, alih-alih mendapatkan kulit yang sehat bercahaya Anda justru bisa mendapat kulit yang mengkilap karena minyak.

Selain membuat wajah menjadi mengkilap dan kusam, minyak berlebih di wajah ini juga bisa menyebabkan masalah kulit lainnya seperti jerawat. Jerawat akan lebih mudah tumbuh di kulit yang berminyak karena kotoran dapat dengan mudah menempel dan menyumbat pori-pori wajah. Tapi tidak usah khawatir, meskipun Anda terlahir dengan tipe wajah berminyak pun masih ada langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi produksi minyak berlebih ini. Ada banyak cara menghilangkan minyak di wajah yang bisa dicoba mulai dari cara tradisional menggunakan bahan-bahan alami sampai menggunakan teknik terkini dan produk perawatan kecantikan dari dokter maupun salon kecantikan yang terpercaya.

www.pexels.com

Tips Mengatasi Kulit Berminyak

Kelenjar minyak yang ada di wajah memang sangat diperlukan. Minyak yang diproduksi secara alami oleh kulit ini berguna untuk menghindrasi kulit sehingga terjaga elastisitasnya dan tidak mudah keriput. Hanya saja ketika produksinya mulai tidak terkontrol maka bukan wajah sehat awet muda yang didapat melainkan wajah mengkilap bak penggorengan. Mengatasi wajah berminyak memang tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat. Dibutuhkan perawatan yang kontinyu dan telaten supaya produksi minyak di wajah dapat terkontrol dengan baik. Berikut ini beberapa solusi yang bisa diterapkan bagi Anda yang memiliki wajah cenderung berminyak supaya wajah bisa tetap cantik dengan produksi minyak terkendali:

  1. Mengendalikan pola makan

Produksi minyak di wajah juga sangat dipengaruhi oleh jenis makanan yang Anda konsumsi. Jika Anda pemilik wajah berminyak dan ingin mengurangi produksi minyak ini sebaiknya hindari makanan-makanan berminyak dan berlemak seperti gorengan, daging berlemak dan sejenisnya. Makanan-makanan tersebut jika dikonsumsi terlalu banyak dapat memperparah kondisi wajah berminyak Anda. Sebaliknya perbanyaklah konsumsi buah-buahan dan sayuran segar serta yang paling penting minum air dalam jumlah yang cukup supaya kulit terjaga kelembabannya. Selain mengontrol pola makan Anda juga bisa menambah suplemen untuk kesehatan kulit seperti suplemen vitamin E dan sejenisnya untuk membuat kulit tidak kusam.

  1. Menggunakan masker dari bahan alami

Ada banyak sekali bahan alami mulai dari buah-buahan dan bahan lainnya yang punya khasiat mengurangi produksi minyak di wajah. Bahan-bahan alami tersebut bisa dimanfaatkan dalam bentuk masker dan diaplikasikan ke wajah guna mengendalikan produksi kelenjar minyak. Penggunaan masker bahan alami ini perlu dilakukan rutin dan teratur supaya hasilnya bisa dirasakan secara nyata. Penggunaan masker bahan alami hanya sekali atau dua kali tentu belum langsung bisa memberikan hasil yang signifikan seperti halnya produk perawatan yang dibuat dari bahan kimaiwi. Bahan-bahan alami yang dapat membantu mengatasi kulit berminyak diantaranya:

  • Jeruk nipis
  • Putih telur
  • Lemon
  • Apel
  • Alpukat

Bahan-bahan tadi bisa dibuat dalam bentuk maskes yang mudah diaplikasikan di wajah. Jangan lupa untuk membilas kembali dengan bersih sesudah menggunakan masker bahan alami ini agar tidak meninggalkan kotoran di wajah yang bisa memicu jerawat.

www.pexels.com

  1. Menggunakan produk perawatan kulit ataupun kosmetika yang tepat

Memilih kosmetik juga harus disesuaikan dengan tipe wajah masing-masing. Kosmetik ataupun produk skincare untuk kulit berminyak tentunya berbeda dengan yang digunakan untuk kulit kering maupun kulit normal. Bagi pemilik wajah berminyak sebaiknya hindari kosmetika yang berbahan dasar minyak karena hanya akan menambah kadar minyak di wajah dan membuat wajah semakin “berkilau”.

Ketika memilih make up, Anda juga perlu menyesuaikan setiap produk yang digunakan agar sesuai dengan tipe wajah berminyak Anda. Jenis foundation yang ringan seperti foundation cair sangat cocok untuk wajah berminyak. Hindari foundation cream ataupun dalam bentuk berat lainnya karena akan terlihat kurang bagus dan mudah berminyak. Untuk bedak wajah berminyak cocok menggunakan bedak tabur yang ringan sehingga wajah tetap terlihat cantik natural dan tidak berlebihan.

  1. Menggunakan air hangat untuk membersihkan wajah

Suhu dapat mempengaruhi kondisi pori-pori wajah Anda. Para pemilik wajah berminyak sebaiknya mencuci wajah dengan menggunakan air hangat. Air hangat ini bisa membuka pori-pori sehingga minyak yang ada di balik pori-pori wajah Anda bisa tersapu sempurna oleh pembersih wajah. Tutup rangkaian tindakan cuci muka ini dengan membasuh wajah dengan air dingin agar pori-pori kembali tertutup. Membersihkan wajah dengan air hangat ini dapat sangat membantu menurunkan kadar minyak di wajah Anda.

www.pexels.com

  1. Menggunakan kertas penyerap minyak

Saat ini ada banyak merk produk kertas penyerap minyak yang bisa ditemukan di pasaran. Kertas penyerap minyak ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi minyak berlebih di wajah. Namun, cara ini memang hanya dapat mengurangi atau menghilangkan minyak yang ada di wajah saja tanpa bisa mengendalikan produksinya dari dalam. Cara penggunaan kertas penyerap ini pun sangat mudah yaitu hanya dengan ditempelkan ke bagian muka yang banyak memproduksi minyak seperti di daerah T zone yaitu di sekitar dahi dan hidung.

Cara menghilangkan minyak di wajah tadi bisa Anda coba praktekkan untuk memperoleh wajah mulus bebas kilap. Jangan sampai wajah cantik Anda berminyak dan memicu datangnya jerawat hingga meninggalkan bopeng. Kalau sampai hal itu terjadi ada jenis cream penghilang bopeng yang dapat membantu mengembalikan wajah mulus Anda. Tapi jangan sembarang pilih cream penghilang bopeng, hanya gunakan produk terpercaya yang aman untuk wajah dan bebas zat berbahaya.