Motor Klasik

May 8, 2019

Sepeda motor merupakan salah satu alat transportasi yang banyak disukai karena praktis danbisa menembus kemacetan.Dari waktu ke waktu perkembangan sepeda motor juga kian pesat diseluruh dunia. Dimana perkembangan sepeda motor tersebut dimulai dari tren hingga teknologi yang disematkan pada sepeda motor agar semakin memanjakan penggunanya. Dengan semakin banyaknya peminat sepeda motor maka kendaraan ini tidak hanya sebagai alat transportasi saja melainkan juga bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Meskipun begitu, masih banyak pula masyarakat yang menyukai motor klasik sebagai koleksi sekaligus transportasi sehari-hari.

Kenapa Motor Klasik Selalu Dicintai Penggemarnya?

Seiring dengan semakin banyaknya motor terbaru yang bermunculan, membuat masyarakat seolah tak ingin ketinggalan untuk memiliki motor terbaru tersebut. Namun tak jarang pula banyak pencinta motor yang justru lebih memilih motor yang klasik dibandingkan motor model terbaru. Tentu saja kecintaan terhadap motor yang klasik tersebut tidak terlepas dari keunikan serta keistimewaan yang dimilikinya.

pxhere.com

Adapun keunikan dan keistimewaan yang dimiliki oleh motor yang klasik tersebut berasal dari desain sampai sejarahnya. Justru hal-hal yang unik tersebut membuat nilai jual motor klasik menjadi semakin tinggi. Bahkan para kolektor motor tersebut rela membeli dengan harga yang sangat tinggi untuk memenuhi kecintaannya pada motor-motor yang bernilai sejarah tersebut.

Berbagai keunikan dan keistimewaan motor klasik ternyata membuat para pemiliknya juga enggan untuk melepaskan motor tersebut pada pemilik yang baru. Meskipun ditawar dengan harga yang tinggi, banyak kolektor yang tidak ingin menjual motor yang klasik tersebut karena sudah terlanjur cinta. Perlu anda ketahui bahwa definisi klasik pada motor yang ada di Indonesia, mengacu pada kendaraan yang diproduksi di bawah tahun 1970. Semakin tua usia motor maka harganya juga semakin mahal.

pxhere.com

Bagaimana Sejarah Perkembangan Motor Klasik di Indonesia?

Bagi pencinta sepeda motor klasik tentu sudah tidak asing dengan berbagai sejarah terkait dengan masuknya motor pertama kali ke tanah air. Namun bagi anda yang masih awam dengan kendaraan klasik tersebut maka perlu mengetahui juga sejarahnya. Dimana untuk pertama kalinya sepeda motor masuk ke Indonesia sekitar tahun 1893 atau saat zaman kolonial Belanda.

Sosok John C Potter adalah seorang masinis sebuah pabrik gula di Problinggo yang juga menjadi pemilik sepeda motor pertama di Indonesia. Pada saat itu, Pemerintah Kolonial Belanda juga menjadi pihak yang memasok sepeda motor ke tanah air sehingga sepeda motor semakin banyak dikenal di tanah air. Namun dahulu sepeda motor yang masuk ke tanah air masih memiliki model yang terbatas dibandingkan jenis mobil.

Pada awal kemunculannya di Indonesia, sepeda motor banyak yang dibuat oleh pabrikan Eropa. Namun pada akhirnya sepeda motor semakin populer di tanah air sekitar tahun 1950-an. Sedangkan untuk sepeda motor pabrikan Jepang mulai memasuki pasar tanah air sekitar tahun 1960-an. Sejak saat itu sepeda motor pabrikan Jepang mulai populer dan semakin berjaya sekitar tahun 1970-an bahkan hingga saat ini. Untuk itulah tak heran bila motor yang klasik masih banyak diminati karena memang memiliki keistimewaan tersendiri.

pxhere.com

Tips Aman Membeli Motor Klasik

Bagi anda yang berminat ingin membeli motor klasik maka perlu tahu bahwa membeli motor jenis ini mmang tidak semudah membeli motor second pada umumnya. Sebab motor yang klasik membutuhkan kecermatan dan ketelitian saat membeli. Selain itu anda juga harus benar-benar paham mengenai model motor tersebut serta tahun pembuatannya. Pastikan pula spare part motor tersebut masih orisinil karena sparepart aslinya yang sulit diperoleh.

Biasanya semakin tinggi tingkat keorisinilan motor yang klasik maka harganya juga semakin tinggi dan tentunya membuat pemiliknya semakin merasa puas. Bagi anda yang berencana ingin membeli motor yang klasik maka berikut ada beberapa tips yang bisa anda praktikkan.

  1. Periksalah terlebih dahulu kelengkapan surat kendaraan tersebut lalu cocokkan data yang ada pada surat dengan nomor rangka maupun pelat nomor motor tersebut. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan anda dari masalah yang bisa muncul dikemudian hari akibat dokumen yang kurang lengkap.
  2. Lakukan pengecekan pada sel;uruh bagian sepeda motor. Cara ini dilakukan agar memudahkan anda mengetahui bagian motor yang masih orisinil atau sudah pernah diganti.
  3. Cek kinerja mesin sepeda motor tersebut agar performanya tetap prima meskipun sudah berusia puluhan tahun. Bila anda tidak memahami tentang mesin motor maka silakan ajak rekan anda terutama yang pernah mengikuti kursus mekanik motor.
  4. Pastikan harga motor tersebut sesuai dengan kondisi motor sesungguhnya. Meskipun anda menyukai motor tersebut sebaiknya jangan langsung menyepakati harganya bila ternyata kurang sesuai dengan kondisinya.
  5. Lakukan Test Drive
    Sebagai pembeli sepeda motor, anda bisa meminta izin untuk melakukan test drive pada motor tersebut. Tujuannya agar anda semakin yakin dan nyaman saat mengendarai sepeda motor tersebut nantinya.

pxhere.com

Itulah tadi penjelasan mengenai motor klasik yang bisa menambah wawasan sekaligus referensi untuk anda. Bagi anda pencinta motor yang klasik maka pastikan memilih motor secara cermat agar nantinya anda memperoleh motor sesuai keinginan secara lebih memuaskan.