Nasi Tumpeng Unik Beserta Sejarahnya

Siapa yang tidak mengetahui tentang tumpeng? Hampir seluruh masyarakat Indonesia telah mengetahui makanan satu ini. Bahkan sekarang ini tumpeng menjadi satu menu dari 30 makanan yang menjadi ikon khas dari Indonesia. Tidak dipungkiri, sekarang ini mungkin nasi tumpeng telah memiliki banyak sekali perubahan dan inovasi. Anda tentunya dapat memilih nasi tumpeng unik Anda sendiri jika diperlukan. Ada beberapa daerah yang masih menggunakan nasi tumpeng dalam setiap acara yaitu Jawa, Madura, dan tentu saja daerah Yogyakarta. Tumpeng dengan aneka pilihan masih digunakan dalam acara adat yang dilakukan oleh pemilik hajatan.

Inovasi pada Nasi Tumpeng Unik

Nasi tumpeng yang unik biasanya memiliki harga yang beragam, tergantung Anda memilih tempat pesan nasi tumpeng serta berapa besar tumpeng yang Anda butuhkan. Ada asal mula terbentuknya kerucut pada tumpeng yaitu dahulu Jawa dikelilingi oleh gunung berapi, hal inilah yang membuat bentuknya sama seperti gunung. Selain itu, Anda juga perlu melihat bahwa kerucut identik dengan menangkupkan kedua tangan yang berarti memohon ataupun berharap.Awal mulanya tumpeng memang dibuat sebagai wujud terimakasih kepada nenek moyang ataupun alam, dan sekarang ini juga masih memiliki arti yang tidak jauh berbeda. Bentuk dari nasi tumpeng unik inipun masih sama yaitu kerucut dengan lauk pauk serta hiasan yang terus dimodifikasi.

www.pexels.com

Ada banyak sekali filosofi yang ada di dalam nasi kuning, namun bagi Anda yang ingin memesan nasi kuning dengan tampilan berbeda maka nasi tumpeng yang unik dapat menjadi pilihan bagi Anda. Sekarang ini ada beberapa inovasi menarik yang dapat menjadi pertimbangan, yaitu:

Warna menjadi salah satu inovasi yang diberikan pada nasi tumpeng yang unik. Apabila dahulu Anda hanya mengetahui nasi dengan warna kuning atau putih, sekarang ini telah ada beberapa warna lain seperti contohnya hijau. Tentu saja warna hijau ini merupakan pewarna buatan yang berasal dari bahan alami.

Biasanya nasi tumpeng dengan warna-warna unik dibut dengan menggunakan sayuran atau bahkan esktrak buah.Tidak heran jika sekarang nasi tumpeng modern sangat digemari dengan penampilannya yang terbaru.

Bentuk nasi tumpeng yang unik rata-rata tentu saja kerucut. Namun Anda sekarang ini dapat memilih diameter yang akan Anda butuhkan sesuai dengan acara Anda. Apabila Anda merasa jumlah tamu terlalu banyak dan akan tidak efektif menggunakan satu tumpeng saja, sekarang Anda dapat memilih alternatif yaitu menggunakan tumpeng mini.

Nasi tumpeng mini yang unik ini biasanya disajikan untuk satu porsi.Anda dapat membeli tumpeng dengan diameter yang besar sebagai prosesi dan memberikan tumpeng mini kepada tamu undangan yang hadir. Selain praktis, telah banyak yang memilih tumpeng mini karena memiliki bentuk yang simple namun dengan cita rasa yang masih sama.

Apabila Anda membutuhkan nasi tumpeng untuk acara hajatan, maka lauk dan rasa nasi tumpeng yang standar tentu menjadi pilihan aman.Namun sekarang ini banyak nasi tumpeng unik yang menawarkan rasa baru dengan lauk yang lebih beragam.

Anda tentu tahu bukan bahwa setiap lauk memiliki makna masing-masing?Pastikan bahwa meskipun Anda memilih nasi tumpeng dengan inovasi terbaru, jangan sampai Anda menghilangkan lauk yang telah memiliki makna tertentu dan harus ada dalam perayaan atau hajatan yang tengah Anda laksanakan.

Bagaimana? Apakah Anda sudah menentukan nasi tumpeng yang unik yang akan Anda pesan? Anda dapat mencari tahu beberapa referensi yang memang menyediakan tumpeng terbaik agar tidak mengecewakan tamu undangan yang telah hadir.

www.pexels.com

Menu yang Wajib Ada pada Tumpeng Nasi

Setelah mengetahui keunikan tumpeng sekarang ini, Anda perlu mengetahui beberapa menu yang memang wajib hadir dalam hajatan nasi tumpeng. Harapannya tanpa menghilangkan menu di bawah ini, Anda akan memperoleh keberkahan setelah mengetahui filosofi yang sebenarnya.

  1. Ayam Jantan.

Ayam jantan jago atau ayam kampung menjadi menu yang tidak boleh tertinggal. Biasanya ayam akan diberikan bumbu kuning lalu digoreng hingga matang, dan disajikan secara utuh. Ayam jantan dipilih dengan maksud Anda yang memakan nasi tumpeng tidak akan memiliki sifat buruk yang ada di dalam ayam jantan seperti sombong, lalu congkak, dan beberapa sifat lainnya.

  1. Sayur urap.

Sayur yang dicampurkan dengan bumbu yang ada di parutan kelapa tentu menjadi salah satu menu yang tidak boleh Anda lewatkan.Sayuran yang ada di dalam tumpeng ternyata memiliki makna atau filosofi masing-masing seperti contohnya kangkung yang memiliki arti melindungi, hingga kacang panjang yang mempunyai makna berfikir panjang dalam melakukan sesuatu atau mengambil sebuah keputusan.

Telur yang direbus sempurna juga menjadi salah satu menu dalam nasi tumpeng yang unik yang tidak bisa dipisahkan. Telur memiliki makna bahwa Anda harus menjadi seseorang yang teratur, penuh kesabaran, dan mengetahui bahwa setiap manusia berawal dari sebuah sumber yang sama. Anda juga harus memakan telur dengan mengupas cangkang terlebih dahulu dengan maksud kesabaran dan juga keteraturan.

Ada dua jenis ikan yang sangat familiar digunakan untuk nasi tumpeng. Pertama adalah ikan lele dan yang kedua merupakan ikan teri.  Kedua ikan tersebut memiliki arti yang berbeda.Ikan Lele sekarang memang sudah cukup jarang digunakan namun memiliki makna keuletan dan juga bertahan hidup dengan baik, karena sifat yang dimilikinya saat berada di dasar sungai.

www.pexels.com

Ikan teri juga memiliki makna lain yaitu bergerombol yang mengartikan sebuah kerukunan hidup serta kebersamaan. Hal ini karena seperti yang Anda tahu ikan teri merupakan ikan laut yang selalu pergi bersama. Cara memasak kedua ikan ini dapat disesuaikan dengan selera Anda tidak seperti telur yang memiliki patokan harus telur rebus dalam menu nasi tumpeng.

Bagaimana? Ternyata di balik sebuah nasi tumpeng terdapat makna dan filosofi yang sangat penting bukan? Tidak heran jika sebelum prosesi pemotongan tumpeng, biasanya terdapat pembacaan doa dan harapan dengan maksud memberikan rasa syukur dan harapan agar setiap orang yang memakannya dapat memperoleh berkah yang sesuai. Potongan tumpeng juga disesuaikan dari atas terlebih dahulu dan diberikan pertama kali kepada Anda yang berpengaruh besar atau seseorang yang sangat berarti dalam acara tersebut.

Selain hal-hal di atas, Anda juga ternyata dapat memilih tumpeng dengan penataan yang disesuaikan dengan acara. Biasanya nasi tumpeng unik memiliki hiasan yang beragam mulai dari cabai hijau dan merah hingga mentimun ataupun tomat yang dibentuk menjadi sebuah bunga. Hiasan ini tentu saja akan semakin membuat nasi tumpeng Anda terlihat cantik. Apabila Anda ingin melakukan pemesanan dalam jumlah yang besar, ada baiknya Anda mencari referensi terbaik dalam memilih tempat sebelum pesan nasi tumpeng dengan jumlah yang banyak. Bahkan tidak ada salahnya Anda mencoba rasanya terlebih dahulu agar tidak kecewa dengan menu yang telah disediakan. Pesanlah tumpeng yang dapat dinikmati oleh Anda dan seluruh tamu undangan.

www.pexels.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *