Penyebab Rusaknya Sistem Pendingin Mobil

June 29, 2019

Di era yang serba modern ini beberapa kendaraan dan ruangan-ruangan sudah mulai menggunakan AC sebagai media untuk mengatur suhu udara sesuai dengan kebutuhan. Contohnya saja sistem pendingin mobil yang telah marak dipasangkan pada mobil-mobil keluaran terbaru guna menambah kenyamanan pengendara selama proses penjalanan berlangsung. Namun adanya pendingin mobil ini selain berfungsi untuk menambah kenyamanan suhu udara bagi pengendar dan penumpang juga sangat penting pada kinerja mesin mobil itu sendiri karena semakin panasnya suhu udaradi dalam mobil juga dapat memperuhi kinerja mesin mobil itu sendiri yang mayoritas akan lebih mudah rusak bila selalu digunakan dalam kondisi udara yang panas.

Kebanyakan orang belum menyadari bila kerusakan yang terjadi pada Service AC Mobil dapat dengan mudah dideteksi dari bunyi-bunyiannya. Salah satu contoh yang dapat kita sinyalir dengan mudah sebagai symbol kerusakan pada AC mobil adalah bunyi kasar yang muncul oleh kompresor saat sedang beroperasi sehingga dapat membuat kinerja AC menjadi kurang maksimal. Selain itu juga dapat mengecek kerusakan bagian pada AC dengan meletakan tangan pada bebrapa bagian kabin mobil agar dapat dengan mudah mengetahui suhu yang dihasilkan oleh AC masih maksimal atau sudah berkurang karena mengalami kerusakan.

pxhere.com

 Beberapa Penyebab Kerusakan Pada Sistem Pendingin

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan yang bisa terjadi pada pendingin mobil Anda dan menyebabkan kerusakan, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Bercampurnya oli mesin dengan air yang terdapat pada radiator mobil

Ketika Anda mengecek air yang terdapat pada radiator telah berubah warna menjadi putih agak kecoklatan maka hal tersebut dapat digunakan sebagai tanda bahwa air dala radiato Anda telah bercampur dengan oli mesin. Salah satu penyebab terjadinya hal tersebut adalah dampak dari overheat nya mesin atau naiknya suhu mesin secara drastis atau tidak wajar sehingga menyebabkan kop pada mesin Anda bengkok atau sering disebut dengan pack kop sehingga mengalami kerusakan. Nah, sebelum hal tersebut terjadi Anda perlu secara intens mengecek temperature pada mesin yang terdapat di komponen spidometer Anda supaya dapat dengan segera melakukan penanganan pada mesin Anda sebelum air radiator bercampur dengan oli.

  1. Air yang semakin berkurang pada radiator

Ada beberapa kemungkinan yang terjadi pada radiator Anda sehingga air nya semakin berkurang bahkan surut dan yang perlu Anda lakukan pertama kali ketika coolant semakin menipis adalah sebagai berikut :

  • Periksa putaran kipas yang terdapat pada radiator, pastikan tak ada kerusakan atau kinerja yang kurang wajar pada motor cooling fan
  • Cek tutup radiator Anda apakah karetnya kurang kencang sehingga kurang menutup radiatornya
  • Periksa apakah ada tetesan ar radiator dari saluran air mesin pendingin karena rembesan airnya juga dapat menyebabkan kebocoran suhu pada pending mobil.
  • pxhere.com

  1. Meningkatknya suhu mobil

Hal lain yang dapat menjadi penyebab kerusakan pada pendingin mobil adalah meingkatnya suhu mobil yang biasanya disebabkan karena pembakaran campuran bahan bakar dan udara yang terdapat pada mesin sehingga menimbulkan suhu panas, hal ini juga yang menjadi alasan kenapa penting adanya sistem pendingin pada mobil yaitu juga sebagai pengatur stabilitas kerja mesin mobil. Salah satu cara preventif untuk mencegah peningkatan suhu pada mesin adalah dengan cara memasang indikator suhu mesin pada speedometer mesin Anda sehingga ketika suhu mesin sudah semakin meningkat dan melebihi batas wajar makan indicator tersebut kan berkedip sebagai pengingat untuk Anda agar segera melakukan penangan. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang dapat memicu peningkatan suhu pada mesin Anda, yaitu :

  • Kurangnya oli mesin yang tidak terdeteksi atau berada dibawah batas garis lower indikator stok oli
  • Kebocoran ada sistem pendingin mesin mobil yang tidak disadari segera
  • V-belt yang putus atau macetnya mesin yang menyebabkan tidak lancarnya sirkulasi air pada radiator
  • Temperatur mesin yang semakin meningkat karena cooling fan mesin tidak bekerja.
  1. Kebocoran pada Freon

Wajib hukumnya untuk selalu memeriksa keadaan Freon bila sudah mulai terdengar bunyi-bunyian yang kurang wajar, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah cek tekanan pada Freon sebab ketika tekanan Freon sudah mulai melemah maka hal yang terjadi selanjutnya adalah tinggal menunggu kebocoran atau kerusakan pada kompresor maupun mesin lainnya.

pxhere.com

  1. Kevakuman kompresor yang melemah

Karena fungsi utama dari kompresor adalah memberikan tekanan supaya sirkulasi Freon dapat berjalan dengan maksimal, jadi ketika tekanan yang dihasilkan oleh kompresor mulai melemah otomatis akan menyebabkan kerusakan pada kompresor dan komponen- komponen lainnya. Kerika hal ini sudah teranjur terjai maka seyogyanya Anda melakukan perbaikan dan pengecekan kondisi pada bengkel AC yang telah memilki alat untuk mengukur kualitas tekanan dan tingkat kevakuman pada kompresor Anda sehingga dapat dengan mudah menetukan penangana yang tepat untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai beberapa kemungkinan yang dapat menimbulkan kerusakan pada mesin pendingin mobil berikut cara pendeteksian dininya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih.