Pengertian Seni Rupa, Unsur dan Jenis-jenisnya Lengkap

April 22, 2019

Seni rupa terdiri dari dua kata yang memiliki makna sendiri-sendiri. Seni memiliki arti keindahan dalam bentuk karya atau metode lainnya. Sedangkan rupa adalah wujud atau sesuatu yang dapat dirasa, diraba, dilihat dan juga bisa dinikmati. Maka pengertian seni rupa adalah cara melukiskan keindahan dalam bentuk karya yang bisa dirasa, diraba, dilihat dan dinikmati.

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

Di dunia ini ada banyak sekali ahli seni rupa yang mengemukakan pendapat mengenai definisi seni rupa. Di antaranya adalah :

  • Haukin

Seni rupa menurut Haukin adalah pengubahan jiwa manusia yang diimajinasikan dan juga diterapkan menjadi sebuah benda. Seni rupa disini dipamerkan sebagai pertunjukan didepan orang banyak.

pxhere.com

  • Kumala Devi Chattopadhayaya

Merupakan ahli seni yang berasal dari India. Beliau mengemukakan bahwa seni rupa adalah luapan yang disampaikan dari seniman kepada penikmatnya. Seni rupa adalah jembatan untuk membuat orang lain paham dengan apa yang diyakini oleh seniman.

  • La Mery

Merupakan seniman ahli rupa terkenal yang berasal dari Perancis. Menurut La Mery, seni rupa adalah penglihatan yang dilakukan oleh simbolis dalam bentuk yang tinggi dan indah. Baginya seni adalah sesuatu yang menarik keindahan.

  • Coorig Hartong

Coorin Hartong merupakan seniman yang berasal dari Belanda. Pengertian seni rupa menurut Coorig Hatong adalah  cara untuk melepaskan diri dan emosi, sehingga orang lain akan ikut menikmatinya.

  • Sussane K Langer

Beliau merupakan seorang tokoh fillsuf yang berasal dari Amerika. Menurutnya seni rupa adalah proses penilaian keindahan yang diberikan untuk menerima.

Selain pengertian di atas, ternyata pengertian seni rupa juga di dasarkan beragam fungsi. Dilihat dari fungsinya, seni rupa dibagi menjadi dua bagian. Pertama adalah seni rupa murni dan yang kedua adalah seni rupa terapan. Seni rupa murnin adalah jenis seni rupa yang lebih mengutamakan keindahan bukan fungsi. Salah satu contoh karya seni rupa murni adalah lukisan. Sedangkan seni rupa terapan merupakan seni rupa yang lebih mengutamakan nilai guna dibanding nilai keindahannya. Walaupun seni rupa terapan masih memiliki sisi keindahannya, tetapi lebih mengfokuskan kepada sungsinya. Contoh dari seni rupa terapan yaitu pakaian.

Pengertian seni rupa tidak hanya sampai berdasarkan fungsinya saja, namun ada juga seni rupa berdasarkan ragamnya. Dibagi menjadi dua, yaitu seni rupa dua dimensi dan seni rupa tiga dimensi. Seni rupa dua dimensi adalah seni rupa yang terdiri dari panjang dan lebar, karya seni ini hanya bisa dilihat dan diraba saja. Contohnya lukisan, gambar dan foto. Sedangkan seni rupa tiga dimensi adalah seni rupa yang memiliki panjang, lebar dan juga tinggi. Seni rupa jenis ini memiliki ruang, sehingga bisa dilihat, duiraba dan dilpegang. Contohnya adalah patung.

pxhere.com

Unsur-unsur Seni Rupa

Di dalam seni rupa anda akan mendapatkan bermacam-macam unsure, di antaranya adalah :

  • Titik

Titik merupakan unsure utama yang ada di dalam seni rupa. Titik adalah dasar seni rupa yang harus dipahami oleh setiap pellukis. Untuk pembuatan titin diterapkan dengan jarak yang beragam, ada jarak yang sempit dan ada jarak yang lebar. Dengan adanya perpaduan titik dan warna maka akan tercipta karya seni yang indah. Teknik dalam penggabungan warna dan titik dikenal dengan teknik pointilisme.

  • Warna

Peran warna sangat penting, sangat berpengaruh untuk menunjukkan keindahan dari seni rupa. Warna mampu memberikan kesan yang beragam, kesan cerah, menyejukkan, kesan ramai dan lain sebagainya. Warna juga akan membawa pada bentuk pesan yang ingin disampaikan oleh pelukis. Dengan adanya warna maka karya seni seseorang akan lebih hidup. Penting diketahui bahwa di dalam warna terdapat tujug spectrum warna dan juga teori pigmen warna. Ada warna primer yang tidak tercampur dengan warna lain. Warna primer antara lain merah, kuning dan biru. Juga warna sekunder, yaitu warna pencampuran dari dua warna primer yang mampu menghasilkan warna berbeda. Ketiga ada warna tersier, yaitu warna pencampuran dari beragam jenis warna. Juga ada warna analogus, yaitu warna yang letaknya berdampingan pada sebuah lingkaran warna, contohnya warna hijau muda dan kuning.

pxhere.com

  • Unsur seni rupa bentuk

Yaitu unsure dalam seni rupa dari beberapa bentuk berbagai bidang menjadi satu. Unsur ini dibagi menjadi dua, yaitu form dan shape.

  • Garis

Ada banyak jenis garis yang bisa dipilih, di antaranya ada garis lengkung dengan kesan lentur dan lembut, garis halus, bentuk garis yang lurus dan memberikan kesan tegak dan keras. Ada garis miring yang memiliki kesan gerak dan tidak stabil. Garis patah-patah, garis tegas dan ada garis spiral.

  • Unsur Bidang

Adalah suatu hasil bertemunya suatu ujung berkali-kali. Unsur bidang terdiri dari geometris, organis, tidak beraturan dan biomorfis.

pxhere.com

Juga ada Unsur Tekstur, unsure ruang dan unsure gelap dan terang. Selain mengetahui pengertian seni rupa dan unsurnya, kita juga harus tahu jenis-jenis seni rupa. Di antaranya ada seni rupa berdasarkan masa dan waktunya, terdiri dari seni rupa tradisional, modern dan kontemporer. Ada seni rupa berdasarkan dimensi dan ukurannya, ada seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi.