Pengertian Website: Unsur-Unsur dan Manfaat Penggunaannya Dalam Kehidupan Sehari-hari

July 20, 2019

Seluruh isi dunia maya dan mesin pencari, terdiri dari blog ataupun website. Setiap blog dan website berisikan banyak informasi yang disampaikan dalam bentuk konten. Melalui website inilah, informasi yang anda cara akan ditemukan dengan cepat dan mudah. Artinya, sebuah website atau blog sudah sering ditemui dalam pencarian data menggunakan internet. Walau banyak digunakan, pengertian website dan unsur-unsur didalamnya, masih banyak dipertanyakan oleh pengguna.

 

Minimnya pengetahuan tentang website, sangat dimaklumi terjadi pada para pengguna. Karena pengguna enggan untuk mencari tahu tentang website secara lebih dalam. Sehingga para pengguna hanya mampu menggunakan, tanpa mengetahui makna asli dari website tersebut. Namun kali ini, tulisan ini akan menjelaskan tentang website secara lebih mendalam. Tujuannya, agar pembaca tidak hanya mengetahui cara penggunaannya, namun memahami pengertian dan unsur didalamnya.

pxhere.com

Pengertian Website Secara Umum

Website adalah dokumen berupa kumpulan dari halaman web yang saling terhubung. Isi dari website sangat beragam, dapat berupa informasi gambar, teks, video hingga lainnya. Setiap data ini terhubung dan disimpan dalam sebuah server hosting. Pengguna yang ingin membuka website dapat melakukannya dengan mudah, yaitu memiliki internet dan perangkat untuk mengaksesnya.

 

Dalam membuka website, anda diharuskan mengetahui alamat dari website tersebut. Alamat ini dikenal dengan domain, domain pula yang menjadi identitas dari website. Sehingga pengunjung dapat mendatangi dengan mudah. Website pada umumnya dapat diakses dengan browser atau koneksi internet. Namun terdapat beberapa website yang dapat diakses dengan jaringan LAN.

pxhere.com

Apakah Manfaat Website?

Anda mungkin bertanya, apakah manfaat dari penggunaan website? Manfaat dari website ternyata cukup beragam. Untuk informasi lebih jelasnya, dapat diketahui di bawah ini,

  1. Sarana Hiburan yang Murah

Dalam berbagai kesempatan, website digunakan untuk memberikan informasi hiburan untuk pengunjung. Banyak website yang menyediakan cerita-cerita lucu atau video menarik didalamnya. Hal inilah yang dapat dijadikan alasan, mengapa website dapat menjadi sarana hiburan untuk pengguna. Terlebih, harganya yang murah pun turut menjadi alasan.

  1. Sarana Edukasi Masyarakat

Selain hiburan, anda yang membutuhkan informasi lebih dapat mencari informasi melalui website. Pengguna internet akan mendapatkan banyak informasi yang dibutuhkan, termasuk informasi berkaitan dengan pendidikan. Karenanya banyak siswa ataupun mahasiswa yang memanfaatkan website untuk membantu dalam pengerjaan tugas.

  1. Sarana Informasi yang Mudah dan Cepat

Berikutnya, website dapat digunakan dengan mudah. Pengguna dapat memanfaatkan layanan internet dengan murah dan mudah. Karenanya informasi yang didapat pengguna akan lebih cepat dan mudah. Namun dalam memanfaatkannya, pengguna harus berhati-hati. Karena banyak informasi yang kurang tepat diwebsite-website yang dikunjungi.

  1. Menjadi Sarana Komunikasi

Selain menjadi sarana informasi, belakangan ini website dijadikan sebagai sarana komunikasi. Hal ini karena website dibuat untuk saling berkomunikasi antar pemilik dan pengunjungnya. Menariknya, layanan yang diberikan cukup murah dan mudah digunakan. Tidak heran, jika akhirnya pengguna website selalu bertambah di setiap tahunnya.

  1. Kemudahan dalam Pemasaran

Terakhir, manfaat dari website yang dapat digunakan adalah kemudahan dalam pemasaran. Penggunaan website untuk usaha, akan menguntungkan anda. Karena kegiatan promosi dan pemasaran dapat menjangkau lebih banyak orang. Karena internet dapat digunakan oleh semua orang dalam waktu yang bersamaan.

Manfaat-manfaat lain akan ditemukan jika anda telah menggunakan website atau sekedar mencoba mencari tahu. Karena banyak manfaat-manfaat tersembunyi yang akan didapat setelahnya. Selanjutnya, pada bagian berikutnya akan dijelaskan beberapa unsur yang ada dalam website.

pxhere.com

Komponen dan Unsur yang Ada dalam Sebuah Website

Berikutnya akan dijelaskan beberapa komponen atau unsur yang ada dalam website. Tanpa kehadiran unsur ini, website tidak dapat digunakan dengan maksimal. Berikut beberapa unsur yang dimaksud,

  1. Web Hosting

Web hosting merupakan tempat atau lokasi penyimpanan database dari sebuah website. Kebanyakan pemilik website melakukan penyewaan jasa layanan yang menyediakan layanan untuk menempatkan informasi di internet. Contohnya, HTTP, DNS, hingga email yang digunakan. Terdapat beberapa penyedia jasa hosting yang dapat dikunjungi untuk mendapatkannya.

  1. Konten Website

Berikutnya dibutuhkan konten website untuk mengisi website tersebut. Dalam pembuatan konten, harus dibuat dengan baik dan menarik. Sehingga pengunjung website tertarik untuk terus mendatangi website yang dimilikki. Beberapa contoh website dengan konten yang menarik adalah youtube.com, facebook, ataaupun bersosial.com.

pxhere.com

  1. Domain

Unsur lainnya yang harus ada dalam website adalah domain yang dimilikki. Domain merupakan alamat dari website yang dimilikki. Domain bisa didapat dengan mudah, karena penyedia jasa website Jakarta juga memiliki layanan domain. Menariknya, layanan ini bisa didapatkan dengan murah. Karena banyak penyedia jasa yang memberikan layanan secara gratis.

  1. Database

Terakhir, perhatikan pula apakah anda memiliki database atau data serta media penyimpanannya. Keberadaan database wajib hukumnya, karena setiap informasi yang dibuat akan disimpan dalam media penyimpanan tersebut. Jadi, sudahkah website memiliki database yang dimaksud?

Bagian-bagian yang telah dijelaskan merupakan keseluruhan dari penjelasan tentang pengertian website. Jadi, kini sudah tidak perlu ada lagi pertanyaan terkait website. Namun jika masih memiliki pertanyaan, cobalah menghubungi jasa pembuatan website Jakarta. Karena jasa ini memiliki banyak informasi terkait.