Cegah Kolesterol Dengan Daun Sambiloto

 

 

Pada masa sekarang ini banyak penyakit yang terjadi karena tingginya tingkat kolesterol dalam tubuh. Kolesterol dalam tubuh memicu banyak penyakit lain yang juga berbahaya. Kolesterol dipicu oleh makanan – makanan berlemak tinggi, gorengan , makanan berminyak dan makanan – makanan lain yang juga banyak mengandung lemak jenuh. Yang paling beresiko terkena kolestrol tinggi adalah orang tua. Sistem imun orang tua tidak bisa lagi dibandingkan dengan anak – anak muda. Hormon pada orang tua pun telah berubah. Perubahan tersebut juga dipengaruhi oleh faktor usia. Usia menjadi salah satu hal krusial dimana kesehatan menjadi sangat mahal dan penyakit sering kali menghampiri.

Kolesterol dapat memicu penyakit jantung, penyebab diabetes dan penyakit – penyakit lain yang berbahaya. Penyakit – penyakit tersebut diakibatkan karena tingkat kolesterol tinggi pada tubuh. Untuk mencegah kolesterol tinggi masyarakat dapat melakukan pola hidup sehat. Memakan makanan yang bergizi dan sehat serta olahraga yang teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain hak tersebut masyarakat dapat mengkonsumsi bahan – bahan herbal yang alami dan tidak ada efek samping. Salah satu bahan tersebut adalah daun sambiloto. Hampir seluruh lapisan masyarakat mengenal bahan herbal ini. Daun sambiloto terkenal akan khasiatnya untuk mengobati banyak penyakit. Ternyata daun sambilloto juga sangat ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

Daun sambiloto tersebar hampir di seluruh dunia. Kemudahan dalam pertumbuhannya membuat tanaman ini dapat tumbuh hampir disemua medan tropis. Hal tersebut memudahkan masyarakat untuk memanfaatkan daun sambiloto tersebut. daun sambiloto memiliki kandungan yang baik untuk memperlancar peredaran darah dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Kandungan tersebut merupakan senyawa aktif yang akan bereaksi dengan kondisi tubuh sang pemakai. Cara menggunakan daun sambiloto sangat mudah, cukup dengan merebus beberapa lembar daun tersebut dengan air lalu didihkan. Gunakan 1 – 2 gelas air untuk 10 lembar daun sambiloto. Setelah mendidih dinginkan air tersebut dan minum setiap hari. Penggunaan yang teratur dapat mencegah kadar kolesterol tinggi dalam darah dan membuat tubuh menjadi lebih sehat.