Pelajaran Sejarah: Materi Sejarah Indonesia

stocksnap.io

Indonesia merupakan negara yang sangat fokus terhadap pendidikan para pemuda sebagai calon generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, tidak heran jika pemerintah menggalakkan wajib pendidikan 12 tahun. Namun, mirisnya tidak semua anak-anak mendapat kesempatan untuk mengenyam pendidikan.

Sejak tingkat sekolah menengah, setiap anak-anak akan diberikan berbagai macam mata pelajaran yang mau tidak mau harus dikuasai. Mata pelajaran tersebut menjadi indikator kelulusan pada saat kelas tiga nanti. Salah satu mata pelajaran yang jarang disukai dan dirasa sulit oleh sebagian murid adalah pelajaran sejarah.

Berbicara mengenai mata pelajaran ini tentu tidak akan terlepas dari sejarah bangsa Indonesia itu sendiri. Ya, satu dari sekian banyak materi yang diajarkan oleh guru sejarah adalah mengenai sejarah bangsa Indonesia. Tentu saja Indonesia mengalami proses yang sangat panjang hingga mampu berdiri saat ini.

Sejarah bangsa Indonesia bermula dari zaman prasejarah dimana manusia-manusia purba ditemukan. Secara umum, sejarah bangsa Indonesia dibagi ke dalam lima zaman, yakni zaman prakolonial, zaman munculnya kerajaan Hindu-Buddha dan juga Islam, zaman kolonial, zaman penjajahan oleh bangsa Eropa, dan zaman kemerdekaan hingga saat ini.

Zaman Prasejarah

Ada banyak sekali fosil manusia-manusia purba yang ditemukan di Indonesia. Bahkan Indonesia menjadi satu-satunya negara yang memiliki museum fosil manusia terlengkap di dunia. Dari penemuan fosil manusia purba inilah, para ahli dapat mengenai karakteristik manusia purba pada zaman dahulu dan juga bagaimana cara mereka mampu bertahan hidup.

Zaman Munculnya Kerajaan Hindu-Buddha dan Islam

  1. Kerajaan Hindu-Buddha

Pada abad ke-4 berdiri kerajaan Hindu-Buddha pertama di Jawa Barat, yakni Kerajaan Tarumanegara dan selanjutnya berdiri Kerajaan Sunda hingga abad ke-16. Selanjutnya pada abad ke-7 sampai abad ke-14, berdiri Kerajaan Sriwijaya yang bercorak Buddha di Sumatera. Kerajaan ini sangat berkembang pesat dan juga Berjaya.

Setelah itu, beridri Kerajaan Majapahit di Jawa Timur pada abad ke-14. Kerajaan Majapahit ini sangat terkenal pada masanya, terutama pati yang bernama Gajah Mada yang berhasil mendapatkan kekuasaan yang sangatlah luas. Gajah Mada ini juga masuk ke dalam kebudayaan Jawa dan diceritakan pada cerita pewayangan.

  1. Kerajaan Islam

Pada tahun 839 M, lahirlah kerajaan Islam bernama Kesultana Perlak yang juga memasukan institusi politik berdasarkan hukum Islam. Kemudian muncul juga kesultanan-kesultanan lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Kesultanan Islam ini lahir menggantikan kerajaan Hindu-Buddha pada saat itu.

Zaman Kolonial

Pada zaman kolonial ini, bangsa Indonesia dikuasai oleh Portugis yang pada saat itu ingin menguasai perdagangan rempah-rempah yang dilakukan dari Asia ke Eropa. Kemudian setelahPortugis berhasil menguasai Malaka, selanjutnya mereka menuju Maluku dan dipimpin oleh Antonio de Abreu. Maluku ini merupakan tempat pusatnya rempah-rempah.

Zaman Awal Kemerdekaan

Meskipun sudah resmi menjadi negara yang merdeka, namun bukan berarti perjuangan Indonesia telah berakhir. Justru setelah melakukan proklamasi, Indonesia menghadapi tantangan baru yang tidak kalah sulitnya. Selain itu, kondisi pemerintahan yang belum stabil membuat banyak pihak melakukan pertentangan.

Bahkan tidak hanya itu saja, bangsa Indonesia juga beberapa kali mengganti konstitusi, yakni undang-undang. Pada mulanya bangsa Indonesia menggunakan Undang-Undang Dasar 1945, kemudian berganti lagi menjadi Undang-Undang Dasar Sementara 1950, dan kembali lagi menggunakan Undang-Undang Dasar 1945.

Kondisi perpolitikan Indonesia pada zaman awal kemerdekaan juga dapat dikatakan tidak stabil. Pergantian kabinet yang terjadi berulang-berulang akibat banyak pergolakan dan pertentangan yang terjadi pada internal kabinet tersebut. Selain itu, beberapa kabinet bahkan hanya berdiri sesaat dan kemudian digulingkan oleh pemerintah.

Di era yang serba teknologi sekarang ini, tentu saja mengakses berbagai macam informasi menjadi hal yang sangat mudah, termasuk mencari informasi tentang mata pelajaran sejarah. Salah satu website yang kini banyak diakses oleh pengguna internet adalah edutore.com. Website ini menyediakan berbagai macam fitur yang berkaitan dengan pendidikan.

Beberapa fitur yang paling sering digunakan antara lain adalah latihan soal, artikel, dan juga pencarian bimbel ataupun kursus. Jadi, website ini sangat tepat bagi Anda yang ingin mempelajari mata pelajaran tertentu. Berbagai artikel mengenai dunia pendidikan juga tersedia di website ini.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak pelajar yang mengakses website pendidikan ini. Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mencari dan membeli buku mata pelajaran tertentu atau buku-buku lain di website ini melalui fitur pencarian yang telah tersedia. Anda bisa mencari buku dari penerbit favorit di bagian fitur penerbit.

Jika Anda mengulik lebih detail pada website ini, maka Anda dapat mengecek fitur voucher untuk mendapatkan potongan harga pada pembelian buku tertentu. Website ini menjadi website pendidikan yang sangat menyenangkan karena banyak pelajar yang bisa belajar gratis melalui website ini.

Banyak sekali pelajar yang telah diuntungkan dari adanya website ini. Apalagi bagi mereka yang sangat senang mempelajari hal-hal baru, baik itu mengenai mata pelajaran yang ada di sekolah maupun informasi hal lainnya tentang pendidikan. Jadi, bagi Anda yang tertarik silahkan kunjungi website multifungsi tersebut. Anda pasti akan menyukainya dan sangat bermanfaat.