Berbagai Hal Penting Mengenai Rumah Type 36 yang Harus Diketahui

August 13, 2019

Rumah type 36 pastinya sudah sering Anda dengar karena memang tipe ini sering dijadikan tipe rumah dalam perumahan-prumahan yang ada. Walaupun rumah ini masuk dalam rumah kategori kecil, nyatanya banyak orang memilihnya.  Pengertian dari rumah bertipe 36 sendiri merupakan rumah yang mempunyai 36 meter persegi untuk luas bangunannya.  Pada tipe rumah yang satu ini bisa dijadikan konstruksi ulang 2 atau lebih lantainya agar menambah flesibilitas ruang yang memang dibutuhkan.  Nah, apabila Anda ingin mengenal lebih dalam mengenai rumah bertipe 36 ini simak terlebih dahulu berbagai hal penting yang harus diketahui. Hal-Hal penting yang harus diketahui tersebut adalah berbagai keunggulan dan spesifikasinya. Dijamin Anda bisa memutuskan dengan baik akan memilih rumah bertipe 36 ini atau tidak setelah mengetahui kedua hal penting tersebut.

Keunggulan Rumah Type 36

Meskipun memang tergolong dalam rumah kecil tetapi rumah bertipe 36 ini tetap mempunyai keunggulan yang memukau. Maka dari itulah Anda tidak perlu berkecil hati apabila hendak membuat ataupun membeli rumah dengan tipe ini. Adapun berbagai keunggulan rumah bertipe 36 yang harus Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Cocok untuk Pasangan yang Baru Menikah Atau yang Sudah Punya Satu Anak

Keunggulan pertama yang dipunyai rumah bertipe 36 ini adalah cocok untuk pasangan suami istri yang baru menikah ataupun yang sudah mempunyai anak satu. Pasalnya bagi pasangan yang baru menikah dan mempunyai satu anak tentunya tidak perlu rumah yang terlalu lebar sehingga rumah bertipe 36 ini cocok dijadikan tempat untuk tinggal.  Walaupun memang ukuran rumah tersebut kecil tetapi bila yang meninggali baru pasangan suami istri beserta satu anak tentunya akan terlihat luas.

pxhere.com

  1. Harganya Terjangkau

Tentunya karena rumah bertipe 36 ini tergolong kecil ukurannya membuat harganya tidak terlalu mahal. Bagi pasangan yang baru menikah dan masih membangun perekonomian tentunya sangatlah cocok untuk memilih tipe rumah tersebut. Biasanya orang dengan ekonomi menengah ke bawah akan lebih memilih membeli ataupun menyewa rumah type 36 tersebut.

  1. Tidak Memerlukan Banyak Prabot

Ketika Anda mempunyai rumah bertipe 36 tentunya tidak perlu kebingungan mengisi prabot didalamnya. Penyebabnya adalah rumah ini tidak perlu perabot yang banyak ataupun yang ukuranya besar. Cukup dengan sedikit prabot yang ukurannya tidak terlalu besar saja rumah Anda sudah bisa terlihat terisi. Malahan jangan sampai mengisi rumah bertipe 36 ini dengan banyak prabot yang berukuran besar karena akan membuat rumah tampak sempit dan sesak.

  1. Tidak Sulit Membersihkannya

Anda tidak akan mengalami kesulitan yang besar dalam membersihkan rumah bertipe 36. Selain karena ukurannya yang kecil juga ruangannya yang tidak banyak. Tenaga dan waktu tentunya akan terhemat dengan banyak ketika hendak membersihkan rumah.  Biasanya orang yang menyukai hidup minimalis dan jarang berada di rumah akan lebih memilih rumah bertipe 36 tersebut sebagai tempat tinggal agar tidak repot membersihkannya.

pxhere.com

Spesifikasi Rumah Bertipe 36

Informasi berikutnya yang harus Anda ketahui setelah menyimak berbagai keunggulan dari rumah bertipe 36 adalah spesifikasinya. Informasi ini penting untuk diketahui karena memang membantu untuk menilainya secara lebih mendalam. Berikut adalah spesifikasi dari rumah bertipe 36 yang harus disimak dengan baik:

  1. Kebutuhan Lahannya

Oleh karena rumah bertipe 36 ini ukurannya kecil tentunya lahan yang dibutuhkan juga tidak banyak.  Idealnya rumah bertipe tersebut dibangun dengan luas area yang sebesar 100 meter persegi atau 1 are.  Selain itu bisa juga pada lahan berukuran 6 x 12 rumah type 36 ini dibangun karena masih dalam taraf yang ideal.  Apabila dibangun pada luas lahan tersebut,  rumah bisa mempunyai halaman yang cukup luas.

  1. Denah Rumah

Spesifikasi rumah bertipe 36 untuk denahnya sendiri tidak banyak ruang yang mampu diperoleh. Setiap ruangannya pun juga berukuran kecil. Pada rumah bertipe 36 ini Anda bisa memperoleh dua kamar tidur yang berukuran maksimal 3 x 3 meter. Sementara itu Anda juga bisa memperoleh  satu garasi, satu ruang keluarga yang tergabung dengan dapur dan toilet. Pastikan Anda tidak menempatkan banyak dinding pemisah pada rumah bertipe 36 ini karena hanya mengurangi luas rumah yang ada.  Anda bisa membuat rumah bertipe 36 ini dengan dua lantai walaupun umumnya hanya satu lantai saja. Guna mencari denah atau tata letak yang tepat untuk tipe rumah tersebut Anda bisa mengunjungi situs casanesia.com.

pxhere.com

  1. Harga Rumah

Seperti yang sudah disebutkan, rumah bertipe 36 ini harganya sangatlah terjangkau.  Harga saat ini apabila yang menjadi acuan adalah harga konstruksi maka per meter persegi rumah tersebut harganya sebesar 2,5 juta.  Totalnya apabila dijumlahkan semuanya berkisar 90 juta yang belum termasuk lahan dari rumah bertipe 36 tersebut.  Apabila Anda tinggal di kota besar misalnya Tanggerang, Jakarta dan Bekasi, rumah tersebut akan mempunyai harga berkisar 180 – 400 juta rupiah.

  1. Lantai dan Dinding

Untuk lantai dari rumah bertipe 36 ini bisa menggunakan granit ataupun keramik. Ukurannya disarankan yang 60 x 60 cm. Sementara itu untuk dindingnya Anda bisa menggunakan batako, beton ataupun dari batu bata plester.