Mengenai  Galaxy Samsung J1 yang Harus Diketahui

January 26, 2019

Pastinya masyarakat luas sudah tidak asing lagi dengan ponsel galaxy samsung J1. Pasalnya memang ponsel ini laris manis dan begitu populer tak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia. Samsung Galaxy J1 ini sendiri merupakan produk ponsel pintar android yang dikembangkan oleh perusahaan asal Korea Selatan yakni Samsung Electronics. Samsung mengeluarkan ponsel tersebut pada Februari 2015 silam.  Perlu Anda ketahui bahwa Samsung Galaxy J1 ini masuk dalam series Galaxy J yang dipunyai Samsung. Pendahulunya tentunya ada Samsung Galaxy J dan juga Samsung Galaxy Ace 4. Setelah Samsung Galaxy J1 ini dirilis, terdapat beberapa penerusnya yang semakin unggul dan  harus Anda ketahui.  Penerus dari ponsel ini  ada enam yang semunya mempunyai fitur yang lebih maju tentunya. Sebelum membahas mengenai penerus dari Samsung Galaxy J1 ini, sebaliknya Anda mengetahui mengenai spesifikasi dari ponsel tersebut. Maka dari itulah simaklah informasi mengenai spesifikasi Samsung Galaxy J1 beserta ponsel penerusnya.

www.pexels.com

Spesifikasi Umum Samsung J1

Hal pertama yang harus Anda ketahui mengenai Samsung J1 ini adalah tentang spesifikasi umumnya. Mulai dari perangkat lunak yang ada didalamnya hingga perangkat kerasnya. Berikut adalah penjelasan dari spesifikasi umum Samsung Galaxy J1 yang harus diketahui:

  1. Ukuran, Bentuk dan Berat

Pada Samsung Galaxy J1 ini mempunyai ukuran 5,08 inch x 2,69 inch x 0,35 inch. Berdasarkan ukuran ini memang didapat disimpulkan bahwa memang ponsel ini mempunyai ukuran yang kecil terlebih bila dibandingkan dengan ponsel keluaran 2018 yang mempunyai ukuran besar. Maka dari itulah bagi orang yang mempunyai jari berukuran besar akan sulit untuk mengetik menggunakan Samsung Galaxy J1 karena ukurannya yang kecil tersebut. Sementara itu untuk bentuknya terbilang sudah tidak kekinian lagi. Pasalnya tren di tahun 2018 ini ponsel terdiri dari layar penuh tanpa ada tombol fisik home lagi, padahal Samsung Galaxy J1 masih mempunyainya. Hal ini tentunya tidak mengherankan memingat ponsel tersebut keluar pada tahun 2015 dimana pada masa tersebut model dan bentuk ponsel masih menggunakan tombol fisik home. Lalu untuk soal berat dari Samsung Galaxy J1 ini sendiri tidak terlalu berat. Massa atau beratnya hanya 122 G alias 4,3 ons saja.

  1. Sistem Operasi

Spesifikasi berikutnya yang harus Anda ketahui mengenai Samsung Galaxy J1 ini adalah soal sistem operasinya.  Spesifikasi ini masuk pada pembahasan perangkat lunak yang sangatlah penting. Pasalnya sistem operasi menentukan fitur-fitur dan juga aplikasi yang bisa digunakan dalam Samsung Galaxy J1 ini. Nah, dalam ponsel tersebut memungkinkan 4 sistem operasi yakni Android 5.1.1, Android 6.0.1, Marshmallow dan Lolipop. Anda tinggal mengecek pembaruan perangkat untuk berganti sistem operasi apabila menggunakan Samsung Galaxy J1 ini.

  1. CPU, GPU, Memory dan Penyimpanan

Pembahasan berikutnya mengenai spesifikasi Samsung Galaxy J1 ini adalah mengenai CPU, GPU, Memory dan Penyimpanannya.  Untuk CPU, ponsel ini mempunyai dual-core 1,2 GHZ Cortex-A7. Sementara itu untuk GPU-nya Mali-400 dengan memory yang mempunyai RAM 512 MB disertai dengan penyimapanan 4 GB. Dengan penyimpanan dan memori ini tentunya bisa disimpulkan bahwa tidak bisa  menyimpanan data terlalu banyak. Pasalnya memang apabila dinilai penyimanan dan memori pada Samsung Galaxy J1 ini terbilang kecil apalagi bila dibandingkan ponsel keluaran 2018. Maka dari itulah banyak  yang mengalami masalah penyimpanan bila menggunakan ponsel ini dalam waktu yang lama.

  1. Baterai

Baterai yang digunakan pada Samsung Galaxy J1 ini adalah baterai Li-lon 1850 mAh. Baterai tersebut masih merupakan baterai lepas. Keuntungan dari penggunaan baterai lepas pada Samsung Galaxy J1 ini menyebabkan kemudahan ketika terjadi hang atau eror. Dengan kapasitas baterai tersebut, ponsel ini dapat digunakan untuk waktu  berbicara hingga 10 jam (3G). Pengunannya akan lebih lama lagi apabila hanya digunakan untuk memutar musik yang mana bisa bertahan hingga mencapai 40 jam lamanya.

  1. Tampilan Layar

Jenis layar yang digunakan pada Samsung Galaxy J1 ini sudah merupakan layar sentuh super AMOLED yang dilengkapi dengan 16 juta warna. Tak hanya itu saja, untuk memudahkan Anda mengatur navigasi pada ponsel ini terdapat sifat layar yang multitouch.  Untuk masalah rasio layar ke tubuh sendiri Samsung Galaxy J1 mempunyai   59,8 % besarnya (4,3 in, 35,6 cm2). Ditambah lagi, kepadatan untuk tampilan layar Samsung Galaxy J1 ini 217 ppi yang mana sama dengan 480   x 300 piksel berasio 5:3.

  1. Kamera

Ponsel Samsung Galaxy J1 ini mempunyai kamera depan 2 MP dan kamera belakang 5 MP. Dengan kamera ini tentunya gambar yang dihasilkan tidak terlalu bagus apabila dibandingkan dengan ponsel yang mempunyai  resolusi kamera lebih besar, contohnya  resolusi 16 MP.  Ada beberapa fitur yang terdapat pada kamera Samsung Galaxy J1 ini diantaranya lampu LED, fokus yang secara otomatif, pendeteksi wajah, sentuhan fokus, dan masih banyak lagi. Untuk videonya sendiri 720p @ 30 fps dengan menggunakan kamera Samsung Galaxy J1 ini.

www.pexels.com

Penerus Samsung Galaxy J1

Seperti yang telah disampaikan bahwa Samsung J1 ini mempunyai pendahulu dan penerusnya. Pada saat ini akan dibahas mengenai ponsel penerusnya.  Untuk sejarah penerus Samsung Galaxy J1 ini sendiri dimulai ketika diumumkannya  ponsel  tersebut pada  Januari tahun 2015  dan baru dikeluarkan pada bulan Februari. Lalu pada masih di tahun 2015, tepatnya di bulan Oktober, Samsung merilis penerus pertama dari Samsung Galaxy J1. Ponsel tersebut adalah Samsung Galaxy J1 Ace. Tak menunggu lama, hanya terpaut sebulan setelah perilisan ponsel tersebut kembali keluar ponsel baru lagi. Ponsel penerus Samsung Galaxy J1 selanjutnya ini adalah Samsung Galaxy J1 Nxt.  Satu bulan berselang lagi kembali dirilis Samsung Galaxy J1 mini.  Berselang lumayan lama yakni 4 bulan setelah itu, Samsung merilis edisi Samsung Galaxy J1 Ace Neo. Pada November  2015, kembali dirlis Samsung Galaxy J1 Nxt prime yang mendapatkan sambutan baik dari masyarakat sehingga laris manis di toko-toko. Penerus terakhir ini dikeluarkan pada Desember 2016 silam oleh Samsung. Ponsel tersebut diberi nama Samsung Galaxy J1 Mini Prime.  Itulah tadi sejarah singkat mengenai penerus ponsel Samsung Galaxy J1 yang dharus diketahui. Berikut adalah penjelasan satu persatunya:

  1. Samsung Galaxy J1 Ace

Samsung Galaxy J1 Ace  bisa didapatkan dengan harga yang lumayan murah yakni dibawah 1,5 juta saja.  Ponsel ini mempunyai fitur dual SIM yang membuat Anda bisa menggunakan sekaligus dua provider. Tak hanya itu saja,  Samsung Galaxy J1 Ace juga telah terdapat jaringan 4G dan 3G yang juga dilengkapi dengan EDGE dan GPRS. Berkat adanya hal tersebut membuat Samsung Galaxy J1 ini mampu membuat Anda  ketika mengakses jaringan internet mengganti jaringan 3G maupun 4G. Dalam segi layarnya sendiri, sama seperti Samsung Galaxy J1, ponsel ini juga menggunakan layar Super ALMOLED yang mampu menciptakan beragam warna dengan jumlah total 16 juta. Secara garis besar memang tidak  terlalu banyak perbedaan antara Samsung Galaxy J1 dengan Ace tetapi memang terdapat beberapa fitur tambahan yang lebih unggul dibandingkan J1.

  1. Samsung Galaxy J1 Nxt

Samsung Galaxy J1 Nxt ini merupakan salah satu produk Samsung yang diperuntukkan bagi para konsumen yang ingin produk ponsel murah tetapi tetap berkualitas. Untuk mendapatkan Samsung Galaxy J1 Nxt ini, Anda hanya perlu menyiapkan uang kurang lebih sebesar 1,3 juta saja. Terdapat beberapa kelebihan dari produk ponsel ini yang mana diantaranya adalah harganya yang murah dan terjangkau, adanya  Dual SIM,  sistem andorid yang sudah Lolipop, internal memory sebesar 8 GB disertai dengan  kapasitas slot micro SD sebsar 128 GB dan masih banyak lagi. Selain terdapat kelebihan tentunya terdapat pula beberapa kekurangan pada Samsung Galaxy J1 Nxt ini.  Salah satu yang paling menjadi kekhawatiran adalah belum terdapatnya proteksi layar pada ponsel ini. Akibat dari hal  tersebut adalah rawannya layar dan ponsel rusak sekaligus. Selain itu kekurangan berikutnya Samsung Galaxy J1 Nxt ini adalah support 4G LTE yang belum ada. Dengan kekurangan yang satu ini, hanya bisa menggunakan jaringan maksimal 3G yang menyebabkan kepuasan berselancar di internet kurang tercapai. Baterai dari Samsung Galaxy J1 Txt ini juga menjadi kekurangan pada ponsel tersebut. Pasalnya baterainya sangatlah kecil alias minimalis sehingga mudah habis ketiga digunakan.

www.pexels.com

  1. Samsung Galaxy J1 Mini

Produk ponsel Samsung J1 mini ini menjadi salah satu ponsel keluaran Samsung paling murah karena harganya dibawah 1 juta yakni hanya berkisar 700 ribu rupiah saja.  Ponsel ini sering dibandingkan dengan Samsung Galaxy A5 2017. Salah satu perbandingan yang akan dimenangkan oleh Samsung Galaxy J1  mini ini adalah masalah harga karena harga Samsung A5 2017 ini jauh lebih mahal dari ponsel tersebut. Desain dari ponsel ini sendiri sangatlah stylish dan bisa dibilang cukup keren.  Dengan ukuran layar yang dipunyai hanya TFT 4.0 inch membuat Samsung Galaxy J1 Mini ini lumayan nyaman ketika Anda menggenggamnya.  Kelebihan lain dari ponsel ini adalah terdapatnya 8 GB kapasitas internal memori yang membuat Anda bisa menyimpan cukup banyak aplikasi ataupun file didalamnya.  Tak hanya itu saja kamera utama pada Samsung Galaxy J1 beresolusi 5 MP yang berkemampuan untuk melakukan perekamanan video dengan kualitas HD dilengkapi dengan LED flash serta autofokus. Sementara itu untuk kekurangannya sendiri yang paling menonjol dari Samsung Galaxy J1 mini ini adalah kamera depannya yang hanya VGA. Dengan resolusi tersebut membuat kualitas foto yang dihasilkan terbilang kurang memuaskan. RAM-nya pun hanya sebesar 768 MB saja sehingga akan kurang puas ketika menggunakan ponsel ini.  Sama seperti Samsung Galaxy J1 Nxt, ponsel ini juga tidak ada support jaringan 4G LTE. Maka dari itulah pengguna dari Samsung Galaxy J1 Mini ini tidak akan mendapatkan pengaksesan internet yang  super cepat.

  1. Samsung Galaxy J1 Ace Neo

Satu lagi ponsel buatan Samsung yang dibuat untuk menggebrak pasar ponsel pintar kelas menengah kebawah yakni Samsung Galaxy J1 Ace Neo. Guna mendapatkan ponsel tersebut, Anda hanya tinggal merogoh kocek sekitar 1,2 jt saja. Ponsel ini cukup menarik karena terdapatnya dukungan jaringan 4G LTE tidak seperti Samsung Galaxy J1 sebelumnya. Untuk itulah banyak konsumen kalangan menengah kebawah yang memilih produk ponsel tersebut.  Anda bisa menggunakan ponsel ini selama 24 jam penuh dengan syarat pemakaian normal karena baterainya yang lumayan besar yakni 1900 mAh. Layar yang digunakan Samsung Galaxy J1 Ace Neo ini juga telah menggunakan Super AMOLED yang mampu memberikan kualitas warna dengan lebih tajam dan tidak kasar di mata. Namun tetap terdapat beberapa kekurangan dari Samsung Galaxy J1 Ace Neo ini salah satunya adalah resolusi kamera depannya yang hanya sebesar 2 MP saja. Selain itu tidak adanya LED Flash pada kamera ini  juga cukup disayangkan para konsumen karena banyak kompetitornya yang telah menggunakannya.

  1. Samsung Galaxy J1 Nxt Prime

Samsung Galaxy J1 Nxt prime bisa Anda dapatkan dengan harga 1,1 jutaan saja.  Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa menikmati banyak sekali fitur menarik yang ada didalam ponsel ini. Diantaranya adalah dual SIM, sistem operasi yang sudah Marshmallow sehingga terasa lebih fresh dan enak ketika digunakan dan masih banyak lagi. Layar yang sudah compact dengan desain yang cukup stylish juga menambah nilai plus pada Samsung Galaxy J1 Nxt Prime ini.  Untuk masalah kejernihan layar memang ponsel tersebut lumayan kalah dengan produk Samsung Galaxy J1 lainnya. Pasalnya layarnya medium saja sehingga  hanya terdapat 262 ribu warna yang ada didalamnya. Namun, layar Samsung Galaxy J1 Nxt Prime ini terbilang lumayan memuaskan karena telah didukung multitouch. Hanya saja kembali terdapat kekurangan kembali yang cukup mengecewakan yakni adalah layar permukaan pada ponsel ini belum mempunyai anti gores. Akibatnya layar menjadi mudah tergores ketika digunakan oleh konsumen.

  1. Samsung Galaxy J1 Mini Prime

Kemasan yang digunakan pada Samsung Galaxy J1 Mini Prime ini menggunakan bahan plastik sehingga ringan dan nyaman ketika digunakan.  Walaupun menggunakan bahan plastik tetapi tampilan desain dari ponsel ini tidak boleh diragukan sebab tetap stylish dan memukau. Salah satu hal yang menarik dari Samsung Galaxy J1 mini prime ini adalah sudah adanya support untuk jaringan 4G LTE sehingga pengunaannya bisa mendapatkan akses untuk internet yang super duper cepat. Tentunya bagi para konsumsen yang membutuhkan ponsel berharga terjangkau dengan didukung koneksi jaringan terbaik akan sangatlah pas untuk memilih ponsel ini.  Sistem operasi yang digunakan pun sudah Lolipop sehingga beberapa fitur menarik bisa didapatkan pengunanya.  Namun ada beberap kelemahan dari Samsung Galaxy J1 mini prime yang membuat orang berfikir dua kali untuk membelinya yakni salah satunya adalah kamera depan yang hanya beresolusi VGA saja. Bagi orang yang menyukai swafoto tentunya akan tidak puas dengan kualitas kamera ponsel ini. Belum adanya perlindungan anti gores pada layarnya pun menjadi kekurangan yang patut dipertimbangkan ketika membelinya.

www.pexels.com

 

Sekian itulah tadi merupakan  spesifikasi dari Samsung J1 beserta penerusnya yang harus Anda ketahui. Mulai dari spesifikasi ponsel tersebut tentunya akan membantu dalam menilai apakah memang ponsel ini cocok untuk digunakan atau tidak. Sementara untuk penerusnya mulai dari Samsung Galaxy J1 Ace, Nxt, Mini, Ace Neo, Nxt Prime dan Mini Prime mempunyai kelebihannya sendiri-sendiri  dan mampu dibandingkan satu sama lainnya atupun dibandingkan dengan Samsung Galaxy J1 sendiri. Maka dari itulah Anda bisa mencermati satu-satu manakah yang cocok untuk digunakan.