Sejarah Handphone: Awal Kemunculan, Perkembangan dan Revolusinya

Handphone atau telepon genggam sangat dekat dengan kehidupan masyarakat saat ini karena hampir seluruh waktu mereka dihabiskan untuk menggunakan telepon genggam, baik itu berjelajah di internet maupun berkomunikasi dengan relasi. Tanpa mereka sadari, smartphone canggih, ringan dan elegan yang mereka gunakan saat ini telah melewati berbagai fase dan perkembangan sampai akhirnya menjadi sebuah ponsel yang menawan.

sejarah handphone terbilang cukup panjang karena handphone berevolusi dari bentuk yang berubah-ubah bahkan bisa dibilang penampakan ponsel terdahulu sangat jauh berbeda dengan sekarang. Jika anda pengguna setia smartphone, tidak ada salahnya mempelajari sejarah perkembangan ponsel yang sedang anda gunakan untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

www.pexels.com

Sejarah Handphone di Awal Kemunculannya

Adalah Martin Cooper, sang penemu dan penggagas munculnya handphone. Cooper merupakan salah seorang karyawan di perusahaan Motorola dimana ponsel karyanya dirilis pada tahun 1983. Uniknya, ponsel pertama dari Cooper tersebut memiliki bentuk yang cukup besar serta bobot yang cukup berat yaitu 2 kg.

Tidak hanya itu saja, ponsel pertama yang muncul pun hanya dibekali dengan jaringan 1G serta daya tahan baterai yang sangat singkat, hanya 20 menit saja. Meskipun demikian munculnya ponsel pertama tersebut membuat banyak orang kagum dan tercengang. Pasalnya, dahulu mereka hanya berkomunikasi dengan telepon nirkabel yang terpasang di mobil. Hadirnya ponsel buatan Cooper yang mudah dibawa kemana-mana tentunya menarik perhatian masyarakat. Tidak heran jika ponsel buatan Cooper dibandrol dengan harga yang cukup mahal yaitu 39 juta rupiah.

www.pexels.com

Perkembangan Sejarah Handphone dari Masa ke Masa

Bobot hanpdhone yang cukup berat serta jaringan yang sangat terbatas membuat ponsel pertama di dunia memerlukan banyak sekali perubahan. Ponsel mulai berkembang di tahun 90an dimana jaringan 1G berubah menjadi 2G dengan jangkauan lebih luas. Di Amerika jaringan 2G menggunakan teknologi CDMA sedangkan di Eropa menggunakan teknologi Gsm. Jaringan 2G pada ponsel di kala itu tidak hanya memperluas daya cakup komunikasi namun juga terdapat perubahan pada generasi sinyal dari analog menjadi digital. Penggunaan sinyal analog membuat ponsel generasi kedua bisa digunakan untuk melakukan panggilan tunggu, mengirim pesan serta pesan suara.

Selain beberapa perubahan yang ada pada sinyalnya, ponsel di era 90-an juga memiliki bobot serta ukuran yang lebih kecil karena baterai yang dipakai pun lebih kecil. Dengan banyaknya perubahan tersebut tentunya ponsel di era 90-an sudah lebih nyaman digunakan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Sejarah Handphone pun berlanjut ke generasi ketiga dimana ponsel 2G berkembang lagi menjadi ponsel dengan jaringan 3G. Jaringan 3G terbilang cukup canggih dan jauh berbeda dengan jaringan sebelumnya karena di jaringan ini pengguna ponsel mulai bisa berjelajah di internet. Menariknya lagi, jaringan 3G mampu membuat ponsel memiliki fungsi yang hampir sama dengan pc karena adanya sistem operasi yang mulai disisipkan ke dalamnya. Ada beberapa sistem operasi yang digunakan pada saat itu yaitu android, windows dan symbian.

Generasi keempat atau generasi ponsel yang ada sekarang ini adalah generasi ponsel 4G dengan jangkauan jaringan yang tentunya lebih luas. Untuk saat ini 4G merupakan jaringan ponsel terbaik dan tercepat dan memungkinkan untuk melakuan hal canggih seperti convert pulsa. Mengirim data maupun multimedia bisa dilakukan dengan lebih mudah dalam waktu yang singkat. Aktivitas dalam menggunakan ponsel pun menjadi lebih beragam tidak hanya sekedar berkomunikasi atau berjelajah internet saja namun juga bisa digunakan untuk menjangkau berbagai teknologi yang berbeda.

  • Motorola

Nama motorola tidak bisa dipisahkan dari gelombang panjang sejarah handphone karena bagaimanapun juga Motorola merupakan tempat dimana sang penggagas ponsel pernah bekerja. Kerjasama diantara keduanya pun kemudian menghadirkan sebuah telepon genggam dambaan setiap orang yang bisa dibawa kemana-mana tanpa terhubung dengan kabel.

  • Nokia

Motorola menjadi perusahaan pertama yang mengeluarkan produk handphone meskipun hingga tahun 90an handphone besutan Motorola masih sangat sederhana hanya bisa dipakai untuk melakukan komunikasi telepon saja. Baru di tahun 1992 Motorola mulai memproduksi ponsel yang bisa digunakan untuk mengirim pesan sms. Sayangnya kejayaan motorola tidak berlangsung lama karena hadirlah Nokia sebagai rival beratnya yang juga mengeluarkan produk-produk handphone berkualitas di masanya.

Tidak hanya hadir dengan desain yang lebih menarik, ponsel dari perusahaan asal Finlandia itupun dilengkapi dengan teknologi Wireless Aplication Protocol agar pengguna dapat menggunakan internet. Salah satu ponsel nokia terlaris yang mendunia bahkan sangat populer di indonesia adalah Nokia 3210. Anda tentunya tidak asing dengan ponsel sederhana tersebut yang pada masanya pernah begitu berjaya hingga produk tersebut terjual sampai 160 juta unit.

www.pexels.com
  • Sharp

Meskipun nokia begitu fenomenal, perusahaan tersebut kalah cepat dengan Sharp dalam memunculkan ponsel yang dilengkapi fitur kamera. Tidak bisa dihapus dalam sejarah handphone bahwa Sharp J-Sh04 merupakan handphone berkamera pertama di dunia dan dirilis pada tahun 2000.

  • Blackberry

Berawal dari munculnya ponsel berkamera, handphone mulai dilengkapi dengan fitur-fitur yang menarik dan muncullah beberapa nama baru di jagad telepon genggam salah satunya Blackberry. Tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan ponsel yang memiliki tombol keyboard QWERTY ala pc ini. Sama seperti Nokia, Blackberry pun pernah berjaya karena adanya aplikasi chat menarik yaitu Blackberry Messenger yang dahulu hanya bisa dipakai di ponsel Blackberry saja. Sayangnya, kepopuleran ponsel blackberry terpaksa terhenti karena masyarakat lebih tertarik dengan fitur ponsel android yang beragam.

Munculnya vendor-vendor baru membuat para pemain lama seperti motorola kembali mengeluarkan produk unggulannya. Tidak sia-sia, salah satu ponsel Motorola di seri Razr mampu menembus angka penjualan hingga 50 juta unit pada tahun 2006.

  • Iphone

Ramainya pasar ponsel canggih berteknologi tinggi memunculkan ponsel legendaris karya Steve Jobs, Iphone. Salah satu keunikan Iphone adalah sistem androidnya yang tidak sama dengan yang lain karena Iphone memiliki sistem android sendiri yang dibuat oleh Apple, yaitu IOS.

Sejarah pun mencatat bahwa Iphone merupakan salah satu ponsel dengan bandrol harga yang mahal namun memiliki peminat yang cukup banyak terutama di Indonesia. Meskipun harganya fantastis, Iphone mampu bertahan di kancah industri telepon genggam bahkan selalu memunculkan generasi ponsel yang lebih canggih dari masa ke masa.

www.pexels.com

Dari sejarah handphone diatas, jelas bahwa ponsel genggam yang saat ini kita gunakan telah melewati fase yang begitu panjang dan rumit dari ponsel besar dan tebal dengan berat mencapai 2 kg menjadi ponsel tipis yang bobotnya hanya beberapa ratus gram saja. Seiring berkembangnya teknologi pada ponsel pun memunculkan berbagai aplikasi baru sehingga ponsel tidak hanya sebatas sebagai alat komunikasi saja namun juga bisa digunakan sebagai alat untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Dengan mempelajari sejarah handphone tersebut, anda pun tahu bahwa sebagai pengguna ponsel kita patut bersyukur bahwa ponsel yang ada saat ini mampu memenuhi segala aktivitas yang sehari-hari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *