16 Kewajiban Suami dan Istri Setelah Menikah yang Harus Diperhatikan

January 31, 2019

Menikah adalah tujuan hidup yang harus diraih semua orang supaya bisa memperoleh keturunan dalam keluarganya sekaligus menjalankan ibadah sesuai perintah Allah SWT. Apabila seseorang melanggar ketentuannya maka ia akan menerima dosa karena tidak ingin mengikuti salah satu kewajiban dalam agama Islam yang harus dipatuhi tersebut. Bahkan, tidak bisa dipungkiri bahwa setelah berstatus sebagai suami istri maka Allah SWT akan memudahkan kehidupan rumah tangga dari berbagai macam aspek untuk anda dan pasangan.

Namun, tidak sedikit dari mereka yang baru saja menikah masih salah kaprah dalam menyikapi konteks rumah tangga karena salah satu diantara keduanya terlalu dominan karena otoriter kepada pasangannya sendiri. Jika anda sudah mengenakan baju pengantin muslim di pelaminan maka anda beserta suami atau istri harus mengetahui segalanya tentang berbagai macam kewajiban setelah menikah dalam mahligai rumah tangga yang harus diperhatikan dengan seksama supaya bisa menyempurnakan satu sama lain sebagai suami istri setiap hari.

www.pexels.com

8 Kewajiban Perempuan Setelah Menikah yang Perlu Diketahui

Jika anda telah berstatus sebagai istri dari sosok pria yang merupakan suami maka harus memperhatikan beberapa kewajiban yang sesuai dengan konteks agama Islam seperti ulasan di bawah ini, antara lain :

  1. Menjaga Kerukunan Rumah Tangga

Istri memiliki peran penting untuk menjaga kerukunan rumah tangga setelah menikah beserta suaminya. Hal yang harus dilakukan dari sudut pandang wanita adalah menjaga hubungan antar seluruh anggota keluarga supaya bisa terjalin erat dan terhindar dari maksiat yang tidak diinginkan satu sama lain, serta menghindari fitnah yang merugikan dirinya sendiri maupun sang suami yang bukan sekadar berisiko pertengkaran setiap hari melainkan perceraian yang mengancam masa depan buah hati dan sangat dilarang dalam agama Islam.

  1. Menghormati Mertua

Kewajiban seorang wanita yang telah berumah tangga adalah harus menjaga sekaligus menghormati mertua alias kedua orang tua suaminya setelah menikah. Anda tidak perlu merasa khawatir apabila suami anda setelah merajut tali kasih dengan anda sebagai pasangan halal masih mengutamakan orang tuanya karena sesuai agama Islam yang mutlak, sedangkan anda sebagai istri harus bisa menunjukkan kualitas diri sebagai wanita sholehah dengan mengambil hati mertua supaya bisa membahagiakan mereka secara langsung atau tidak.

  1. Menghargai Suami

Suami adalah pemimpin rumah tangga yang harus dihormati dan dihargai seluruh anggota keluarga usai menikah. Maka dari itu, tugas sederhana nan bermakna yang harus anda lakukan sebagai istri adalah menaruh rasa hormat padanya dengan tidak pernah mengabaikan semua hal yang dituntut untuk kehidupan keluarga yang lebih bahagia dan harmonis. Jika seorang istri tidak pernah mengikuti semua perintah suami bahkan tidak menghormatinya sama sekali maka ia menerima dosa besar karena kurang menghargai pasangannya sendiri.

  1. Meningkatkan Kesabaran Bagi Suami

Anda harus memahami bahwa suami bukan seseorang yang sempurna dan tidak pernah berbuat kesalahan. Ia pun merupakan seseorang yang pernah melakukan kesalahan serta berujung dosa sehingga kewajiban seorang wanita setelah menikah adalah meningkatkan kesabaran terhadap segalanya yang menjadi kelebihan maupun kekurangan suami sebagai godaan untuk menguji mental dan sikap anda sebagai istri, serta jaminan yang akan didapatkan bagi anda yang mampu menjalaninya adalah pahala yang sangat besar.

www.pexels.com

  1. Memohon Izin pada Suami

Jika anda telah menikah maka tentu saja mempunyai tuntutan khusus yang tidak boleh diabaikan begitu saja, yakni menerima izin dari suami untuk berbagai macam hal karena seorang wanita yang telah berstatus sebagai istri harus bisa mendapatkannya sehingga tidak menimbulkan dosa karena sang suami tidak mengetahui sesuatu yang dilakukannya. Izin yang dimaksud tentu saja berlaku secara umum seperti keluar rumah maupun kegiatan lainnya yang wajib diketahui suami sebelum sang istri melakukannya.

  1. Mempertahankan Kesetiaan Bagi Suami

Wanita mempunyai tugas penting lainnya yang harus diperhatikan setelah menikah, yaitu mempertahankan kesetiaan terhadap suami sehingga tali pernikahan akan selalu terjaga dan semakin erat tanpa godaan apapun yang selalu menerpa. Oleh sebab itu, sang istri tidak boleh durhaka atau selalu mengabaikan segalanya yang dibutuhkan suami karena mengancam keutuhan rumah tangga yang telah dibina sejak mengucapkan janji suci, serta mengancam kebahagiaan buah hati yang masih membutuhkan kedua orang tuanya.

  1. Menjaga Perilaku Bagi Suami

Istri harus bisa mengungkapkan segala sesuatu yang dibutuhkan atau diinginkan kepada suami dengan baik dan benar. Selain itu, hal ini juga harus disampaikan dengan tutur kata yang lembut dan sopan karena kewajiban wanita seusai menikah adalah menjaga perilaku atau sikap terhadap suami sebagai bentuk hormat kepada pemimpin rumah tangga. Suami juga perlu melakukan hal senada yaitu menjawab kebutuhan sang istri dengan bahasa yang lembut sehingga kasih sayang dan kerukunan rumah tangga jauh lebih erat.

  1. Menjalankan Perintah Agama

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu kewajiban setelah menikah yang tetap dilakukan seorang wanita adalah menjalankan perintah agamanya masing-masing. Bagi anda yang beragama Islam maka tidak boleh lalai terhadap ajaran yang dilakukan Nabi Muhammad SAW sebagai perintah dari Allah SWT dan wajib dilakukan secara rutin seperti sholat dan sedekah. Tak hanya itu, anda juga wajib menjalani ibadah lainnya seperti puasa, zakat dan sebagainya supaya menerapkan kaidah Islam dalam kehidupan rumah tangga.

www.pexels.com

8 Kewajiban Laki-laki Setelah Menikah yang Sangat Penting

Berikut ini adalah kewajiban seorang pria sesuai menikah yang sangat penting untuk dipahami dan diterapkan dalam kehidupan rumah tangga agar dapat menciptakan keluarga yang lebih bahagia, yaitu :

  1. Menjaga Keutuhan Rumah Tangga

Pria memiliki peran penting dalam kehidupan rumah tangga karena wajib melindungi dan menjaga keutuhan keluarga. Anda juga bisa melakukannya hanya dengan menerapkan ilmu agama yang baik kepada istri dan anak-anak supaya mereka bisa memahami posisi suami sekaligus ayah karena berpengaruh besar dalam kerukukan rumah tangga, sedangkan seorang pria yang sama sekali tidak mampu menjaga kebahagiaan keluarga biasanya rentan mengalami masalah dengan pasangan yang tidak pernah usai.

  1. Menghargai Orang Tua

Walaupun anda sudah mempunyai seorang istri dan anak-anak bukan berarti orang tua harus diabaikan begitu saja. Padahal, kewajiban yang tidak boleh diabaikan laki-laki setelah menikah adalah tetap menghargai dan berbakti kepada orang tuanya, terutama sang ibu karena berandil besar terhadap kebahagiaan serta kesejahteraan kehidupan keluarga intinya di masa depan. Anda juga berhak dan perlu memperhatikan orang tua usai menikah karena kesenangan mereka adalah tanggung jawab anda sebagai anaknya.

  1. Menaruh Empati pada Istri

Keluarga yang bahagia dan sakinah berasal dari peran suami dan istri untuk anak-anaknya di masa yang akan datang, sedangkan salah satu langkah sederhana yang harus dilakukan seorang pria usai menikah adalah menaruh empati dan simpati kepada perempuan yang telah berstatus sebagai istri sahnya. Jika anda mampu memahami kelebihan sekaligus kekurangannya maka anda bukan hanya berstatus sebagai suami yang sholeh melainkan juga mampu mencegah beragam masalah yang tidak diinginkan dalam rumah tangga.

  1. Memberi Contoh yang Baik

Suami adalah pemimpin rumah tangga yang bertanggung jawab dalam segala aspek kepada keluarga setiap hari. Maka dari itu, peran penting seorang lelaki setelah menikah adalah wajib menjadi panutan dan memberi contoh yang baik bagi seluruh anggota keluarganya karena kebahagiaan keluarga selalu berasal dari cerminan sikap sang suami sekaligus ayah yang memiliki andil besar untuk menciptakan kehidupan keluarga yang sakinah dan tenteram, serta tidak boleh bertindak dan bertutur kata yang tidak patut diucapkan kepada siapapun.

www.pexels.com

  1. Memimpin Rumah Tangga

Bukan rahasia umum lagi bahwa seorang pria yang sudah menikah harus menjadi pemimpin rumah tangga yang baik untuk istri dan anak-anaknya kelak. Oleh sebab itu, aksi nyata yang bisa dilakukan tentang konteks satu ini adalah tidak pernah mengutamakan sikap otoriter kepada pasangan karena bagaimanapun seorang suami pasti memiliki kesalahan yang harus menerima saran dari istrinya. Tak bisa dipungkiri bahwa semakin harmonis hubungannya dengan sang istri maka sang suami mampu menjadi pemimpin rumah tangga yang bijak.

  1. Menerapkan Ilmu Agama

Seorang pria setelah menikah harus menerapkan ilmu agama ke dalam kehidupan rumah tangganya setiap hari supaya bisa menciptakan kebahagiaan dan kerukunan untuk selalu berada di jalan yang benar sesuai perintah Allah SWT. Pasalnya, apabila lelaki sekaligus suami tidak mampu mengajarkan ilmu agama yang baik dan benar kepada istri dan anak-anaknya maka jangan heran jika keretakan rumah tangga akan selalu terjadi karena ia tidak berhasil menjadi pemimpin rumah tangga yang jauh dari ajaran Allah SWT.

  1. Meningkatkan Kualitas Diri

Anda wajib meningkatkan kualitas diri supaya bisa memimpin rumah tangga sesuai perintah Allah SWT agar selalu berada dalam kebahagiaan dan ridha-Nya bersama istri dan anak-anak. Maka dari itu, hal sederhana yang bisa dilakukan adalah mengubah diri menjadi pribadi yang lebih baik dan selalu menjadi panutan untuk seluruh anggota keluarga. Jika anda mampu menerapkan poin satu ini maka kemungkinan besar kehidupan rumah tangga semakin bahagia dan selalu berada dalam lindungan dan rahmat Allah SWT setiap hari.

  1. Meringankan Beban Istri

Tidak salah bagi seorang pria setelah menikah untuk meringankan beban istri dalam hal-hal sederhana yang bisa dilakukan setiap hari. Tak hanya itu, suami juga wajib memantau perkembangan buah hati mereka karena tidak selamanya sang istri selalu terjun langsung untuk mendidik dan memperhatikan cara belajarnya karena sibuk dengan pekerjaan rumah tangga. Hal ini juga membuat hubungan antara ayah dan anak semakin dekat serta membantu tugas satu sama lain sehingga kehangatan keluarga selalu terjaga.

Usai mengucap janji suci dengan mengenakan baju pengantin muslim maka anda dan pasangan telah berstatus sebagai suami istri. Tidak mustahil bahwa kehidupan rumah tangga yang bahagia sampai maut memisahkan hanya bisa diwujudkan dengan menerapkan beberapa kewajiban penting seperti di atas yang perlu diperhatikan setiap pasangan yang sudah menikah. Apabila anda dan pasangan mampu mencermati dan menjalankan peran masing-masing maka kehidupan rumah tangga yang selalu memperoleh kebahagiaan yang hakiki hingga generasi penerus nanti.