Fungsi Dan Tips Memilih Tas Ransel Untuk Anak

August 3, 2019

 

Bila membicarakan tas ransel atau tas punggung, pasti yang pertama kali terpikirkan adalah sebuah tas punggung yang praktis dan memiliki banyak fungsi. Tas ini adalah salah satu jenis tas yang banyak disukai dari berbagai kalangan termasuk anak-anak karena tersedia dalam berbagai bentuk, warna dan juga ada yang bergambar. Dengan gambar yang lucu-lucu dari berbagai karakter kartun dan juga warna yang menarik, anak-anak sangat senang memakainya ke sekolah. Lagipula anak-anak yang sudah bersekolah diwajibkan untuk menggunakan tas untuk menyimpan buku-buku dan alat tulisnya. Dengan tas punggung, anak-anak bisa menyimpan barang-barangnya dengan baik dan tidak tertukar dengan milik temannya. Selain itu dengan tas punggung, anak-anak bisa lebih nyaman menggunakannya daripada tas selempang karena berat tas tidak terpusat pada satu tempat seperti tas selempang.

Fungsi Tas Anak

Fungsi tas ransel untuk anak-anak sebenarnya tidak hanya untuk pergi sekolah saja, masih ada banyak aktivitas lain yang membutuhkan tas punggung. Berikut adalah fungsi tas selain untuk ke sekolah:

pexels.com

  • Traveling

Ketika akan bepergian, tidak hanya orang dewasa saja yang membutuhkan tas punggung untuk menyimpan barang-barangnya. Anak-anak juga membutuhkan tas punggung untuk menyimpan barang-barang kebutuhannya seperti mainan kesayangan, camilan, minuman dan juga tisu. Tentu tidak semua barang-barang penting yang pasti dibutuhkan si kecil dapat disimpan di dalam koper. Agar orang tua dapat mengambilkan barang-barangnya dengan lebih cepat, lebih baik menyimpannya di tas punggungnya. Tas punggung yang didesain untuk anak-anak tentu berbeda dengan tas punggung dewasa, selain dari ukurannya, tas anak-anak memiliki bentuk yang lebih sederhana dan memiliki berbagai macam gambar dan warna. Selain itu, dengan memberikan tas punggung berisi barang-barangnya sendiri, si kecil dilatih untuk bertanggung jawab.

  • Kegiatan di luar rumah

Di jaman yang serba modern dan sudah maju seperti sekarang, sedari kecil anak-anak sudah diikutkan berbagai macam les, mulai dari les musik, olahraga dan ekstrakurikuler lainnya. Dengan tas punggung, anak-anak bisa menyimpan barang-barangnya dengan baik. Bisa dibilang bahwa tas punggu menjadi alternatif yang tepat untuk menyimpan barangnya tanpa perlu merasa terlalu lelah saat membawanya, tidak seperti ketika membawa tas seminar yang harus dibawa kemana-mana dengan tangan.

  • Gaya

Tas punggung juga bisa menjadi sebuah aksesoris yang bisa membuat penampilan anak menjadi terlihat imut. Tentunya sebagai orang tua anda tidak ingin memberikan tas orang dewasa yang tidak sesuai dengan umurnya, desain yang polos, warna yang gelap dan ukuran yang terlalu besar sangat tidak cocok untuk dipakai oleh anak-anak. Sangat penting untuk memilihkan tas punggung yang sesuai dengan umur anak-anak.

pexels.com

Memilih Tas Anak Untuk Sekolah

Saat ini anak-anak sudah mulai masuk sekolah sejak PAUD alias saat anak masih berumur 3 tahun. Tidak sedikit orang tua yang menyekolahkan anak mereka sejak kecil, namun sayangnya anak-anak yang sudah sekolah padahal ia masih ingin bermain, anda bisa memberikan tas punggung yang lucu dan pastinya memberikan tas punggung yang sesuai dengan kebutuhannya agar ia selalu bersemangat ketika akan berangkat ke sekolah. Setelah mengetahui fungsi dari tas punggung atau tas ransel anak-anak, anda pasti sudah paham pentingnya memilihkan tas punggung yang tepat untuk anak. Agar anda tidak salah dalam memilih tas punggung yang sesuai, berikut adalah tipsnya:

  • Memberikan tas punggung sesuai dengan usianya

Tas punggung untuk anak-anak memiliki ukuran yang berbeda-beda sehingga anda harus menyesuaikan ukuran tasnya dengan usia atau tinggi tubuhnya. Jangan sampai tas yang ia bawa lebih besar daripada tubuhnya. Kalau anak-anak membawa tas yang lebih besar dari tubuhnya, otomatis ia akan membawa barang-barang lebih banyak, dan hal tersebut tidak baik untuk anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan. Mengapa begitu? Beban yang terlalu berat dapat menghambat perkembangan tubuh anak anda.

  • Memberikan tas punggung dengan gambar kartun yang paling disenanginya

Anak-anak yang sering menonton televisi pasti senang dengan karakter kartun tertentu yang disenangi oleh anak-anak. Jadi ketika jam pulang telah tiba namun suami tidak mau membantu suami, maka aku di atas karena jalanan yang sangat ramai. Dengan memberikan tas punggung yang sesuai dengan keinginan anak juga membuat anak-anak lebih bersemangat bersekolah dan bisa pamer pada teman-temannya bahwa tas yang akan dibelinya

pexels.com

  • Bahan Tas

Bahan yang digunakan untuk tas anak juga penting dalam memilih tas karena yang namanya anak-anak pasti lebih banyak bergerak dan akan kotor. Maka dari itu memberikan tas punggung yang terbuat dari polyester merupakan hal yang tepat. Polyester tidak hanya ringan sehingga tidak akan memberatkan punggung si kecil, namun polyester juga mudah dibersihkan serta tahan terhadap air.

Kira-kira seperti itulah beberapa tips yang bisa anda coba terapkan ketika akan memberikan tas punggung pertama untuk si kecil. Walaupun anda tidak perlu mengikuti semua tips yang telah dijelaskan, namun setidaknya diharapkan dengan tips-tips di atas dapat membantu anda dalam memilih tas punggung untuk si kecil. Selamat mencari tas punggung untuk si kecil!