Program Loyalti Dari Telkomsel: Telkomsel Poin

Ketika anda ingin mengganti nomor handphone anda dan bertanya kepada teman-teman atau keluarga anda, kira-kira operator mana yang paling bagus? Pasti kebanyakan akan menjawab Telkomsel. Kinerja Telkomsel sudah diakui oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Tidak heran karena memang berdasarkan kinerja keuangan Telkomsel berupa Laba Bersih periode 2004 hingga 2015. Telkomsel menjadi yang paling atas bahkan di atas Indosat dan juga XL. Bayangkan saja, selama 11 tahun Telkomsel tidak pernah mencatat adanya kerugian dalam bisnis yang dijalankannya.

Padahal pada bisnis yang sama, operator lain juga mengalami ancaman serta keuntungan yang sama seperti Telkomsel. Dari sebuah penelitian disebutkan bila faktor internal sebuah perusahaan bertanggung jawab lebih dari 50% kinerja perusahaan tersebut. Faktor internal sendiri merupakan sebuah aset, manajemen atau sistem yang digunakan untuk mengelola bisnis, kompetensi dari setiap sumber daya manusia dan juga proses bisnis dari perusahaan tersebut. Hanya saja faktor internal bukanlah faktor tunggal yang membuat sebuah perusahaan memiliki keunggulan kompetisi. Oleh karena itu bisa jadi Telkomsel memiliki faktor lainnya yang membuat bisnisnya terus berkembang dan mendapatkan kepercayaan yang besar dari masyarakatnya. Hal ini disebut juga sebagai casual ambiguity.

www.pexels.com

Salah satu model strategi kompetisi yang sering digunakan untuk menentukan sumber daya manakah yang utama untuk mendapatkan keunggulan kompetisi adalah VRIO Framework. VRIO sendiri merupakan singkatan dari Valuable atau bernilai, Rare atau langka, Imitate atau sulit ditiru, Organize atau kemampuan dalam mengorganisasi sumber daya yang dimiliki. Apabila sebuah perusahaan memiliki sumber daya yang bernilai dan juga langka namun ternyata mudah ditiru, maka keunggulan kompetisi yang dimiliki perusahaan tersebut hanya bersifat sementara saja.

Sebuah perusahaan yang memiliki 3 dari 4 faktor dalam VRIO saja belum tentu memiliki keunggulan kompetisi yang baik. Misalnya saja memiliki sumber daya yang bernilai, langka dan juga sulit ditiru, namun ternyata perusahaan tersebut tidak memiliki kemampuan mengorganisasi yang bagus, maka dari itu perusahaan tersebut belum bisa mencapai keunggulan kompetisi yang baik, kemampuannya untuk mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki belum maksimal.

Keunggulan yang dimiliki oleh Telkomsel dan tidak dimiliki oleh kompetitor atau operator lainnya adalah pertama luas jaringan Telkomsel yang mampu menjangkau hingga ke daerah-daerah terpencil di Indonesia. Contohnya saja total jumlah BTS yang dimiliki Telkomsel pada tahun 2015 sebesar 103,289 sedangkan operator lainnya hanya sebesar 57% nya Telkomsel dan bahkan ada yang lebih rendah lagi. Kedua adalah program-program yang dibuat oleh Telkomsel untuk para pelanggan setianya yang mampu membuat pelanggan-pelanggannya merasa diuntungkan ketika menggunakan Telkomsel. Misalnya saja program loyalty yang dimiliki oleh Telkomsel, yaitu Telkomsel poin. Semakin lama anda menggunakan Telkomsel, semakin banyak pula poin yang anda miliki. Poin-poin yang sudah terkumpul nantinya bisa ditukarkan dengan berbagai macam produk yang dijamin pasti menguntungkan pelanggan-pelanggan setia Telkomsel. Hal-hal inilah yang membuat operator lainnya sulit bersaing dengan Telkomsel.

www.pexels.com

Keuntungan Telkomsel poin

Telkomsel poin merupakan salah satu program Telkomsel yang diberikan kepada para pelanggannya yang mana poin tersebut bisa ditukarkan dengan berbagai penawaran yang menarik yang informasi lengkapnya ada di Kuotabro.Com. Tak jarang para pengguna Telkomsel berlomba-lomba untuk mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya agar bisa menikmati keuntungan yang diberikan oleh Telkomsel. Misalnya saja anda bisa menukarkan 1 poin dengan diskon 25%, kemudian 10 poin dapat ditukarkan dengan diskon sebesar 100 ribu rupiah untuk pembelian tiket pesawat dan juga 400 poin yang dapat ditukar dengan voucher 50 ribu di café-café tertentu. Tidak hanya dapat ditukarkan dengan voucher ataupun diskon, poin juga bisa anda tukarkan dengan paket telpon, paket sms termasuk paket internet. Terdengar menggiurkan bukan? Program poin dari Telkomsel memang sengaja dibuat untuk memanjakan para pengguna setia Telkomsel. Berikut penjelasan lebih lengkapnya keuntungan apa saja yang bisa anda dapatkan dengan mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya:

  • Potongan harga

Anda bisa menukarkan poin yang sudah anda kumpulkan dengan berbagai jenis voucher di tempat-tempat yang sudah bekerja sama dengan Telkomsel. Voucher tersebut tidak hanya berupa voucher makan di restoran, café atau tempat makan/ nongkrong lainnya namun juga termasuk voucher untuk nonton film di  bioskop.

  • Redeem produk

Berbeda dengan voucher, redeem produk disini maksudnya adalah anda bisa menukarkan poin yang anda miliki dengan produk langsung. Ada banyak sekali produk-produk yang bisa anda tukarkan dengan poin dari Telkomsel, misalnya saja minuman, makanan ataupun barang. Hal ini sangat membantu terutama ketika di tanggal-tanggal tua alias di akhir bulan ketika gaji sudah mulai menipis. Proses penukaran poinnya pun terbilang cukup gampang, belum lagi ada banyak merchant yang bekerja sama dengan Telkomsel.

  • Donasi

Jika anda tidak terlalu tertarik dengan voucher atau redeem produk apapun yang ditawarkan oleh Telkomsel padahal sudah mendekati akhir tahun, anda bisa menggunakan poin yang anda miliki untuk hal lain yang bermanfaat karena dapat membantu sesama, tentunya lebih bermanfaat daripada poin anda hangus secara sia-sia bukan. Anda bisa melakukan donasi dengan menukarkan poin yang anda miliki untuk merenovasi sekolah-sekolah yang ada di Indonesia terutama di wilayah Indonesia bagian timur seperti Papua, Kalimantan, Sulawesi dan Maluku. Perbaikan yang dilakukan mencakup banyak hal, misalnya saja seperti pengadaan modem (Wi-Fi), laptop, paket data termasuk perbaikan gedung sekolah dengan nilai maksimal sebesar 12 juta rupiah yang mana nilai tersebut tergantung dari peringkat sekolah tersebut.

 

Peringkat sekolah ditentukan dari total poin donasi yang didapatkan oleh masing-masing sekolah dari pelanggan Telkomsel yang sudah berdonasi. Seluruh pengguna Telkomsel dapat berpartisipasi, mulai dari pengguna prabayar hingga pasca bayar. Perlu anda catat bahwa program donasi untuk renovasi sekolah dari Telkomsel memiliki syarat dan juga ketentuan yang bisa berubah-ubah tanpa adanya pemberitahuan kepada pelanggan. Anda harus rajin mengecek syarat dan ketentuan terbaru yang berlaku apabila anda ingin melakukan donasi. Misalnya saja program donasi renovasi sekolah hanya berlangsung pada periode tertentu. Oleh sebab itulah untuk penukaran poin biasanya hanya bisa dilakukan di periode-periode tertentu. Format penukaran poinnya pun bisa berubah-ubah, misalnya saja pada tahun 2018 lalu format yang digunakan adalah dengan mengetik SEKOLAHKU dan mengirimnya ke 777. Mungkin saja program donasi renovasi sekolah di tahun 2019 bisa memiliki format penukaran poin yang berbeda lagi.

www.pexels.com

Cara Mendapatkan Telkomsel poin

Penasaran kira-kira ada produk apa saja dari Telkomsel poin? Daripada anda hanya mendengar keuntungan poin dari Telkomsel, tentu lebih baik apabila anda merasakan sendiri keuntungannya secara langsung, jadi anda tidak akan iri dengan teman anda yang sering jajan tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Tentunya hal pertama yang harus anda dapatkan apabila ingin bergabung dalam program loyalty dari Telkomsel yang satu ini, anda harus memiliki nomor Telkomsel. Ketika anda sudah memiliki nomor Telkomsel, maka secara otomatis anda akan bergabung dalam program ini. Hanya saja perlu anda ketahui bahwa ketentuan dalam program ini untuk pengguna kartu pasca bayar dan prabayar berbeda-beda. Oleh sebab itu anda harus mempertimbangkan baik-baik apakah anda ingin menggunakan Telkomsel prabayar seperti Simpati dan Kartu As atau Telkomsel pasca bayar seperti Kartu Halo.

Jumlah pulsa minimal yang harus digunakan untuk mendapatkan poin adalah sebesar 50 ribu rupiah dengan ketentuan setiap 5 ribu rupiah anda mendapatkan 2 poin yang berlaku untuk pengguna pasca bayar dan 1 poin untuk pengguna prabayar. Namun dalam pasca bayar terdapat 3 jenis pengguna yang mana masing-masingnya memiliki ketentuan yang berbeda-beda terkait poin. Bagi pengguna Red hanya mendapatkan 1 poin saja setiap 5 ribu rupiah, sedangkan pengguna Gold bisa mendapatkan 2 poin dan pengguna Priority mendapatkan 3 poin.

Tingkatan jenis pengguna dalam pasca bayar didasarkan dari jumlah tagihan bulanan para pengguna. Pengguna Red memiliki tagihan di atas 50 ribu rupiah, pengguna Gold di atas 150 ribu rupiah dan pengguna Priority di atas 1 juta rupiah.  Jadi ketika menggunakan pulsa sebesar 50 ribu rupiah dalam satu bulan, anda akan mendapatkan poin sejumlah 20 untuk pasca bayar dan 10 poin untuk prabayar (pengguna Red). Hal ini adalah salah satu cara bagaimana mendapatkan poin dari Telkomsel. Hanya saja cara yang satu ini kurang efektif dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mengumpulkan poin yang terbilang sedikit. Apabila anda ingin mendapatkan poin lebih banyak dengan cara yang lebih mudah, anda bisa mencoba cara di bawah ini.

  • Membeli pulsa ataupun paket data minimal 50 ribu rupiah melalui MKIOS. Pengguna pascabayar seperti Kartu Halo tentunya memiliki keuntungan yang lebih daripada pengguna prabayar seperti Simpati dan Kartu As karena pengguna prabayar tidak pernah melakukan pembelian pulsa. Ketika membeli pulsa atau paket data di MKIOS, pengguna Simpati dan Kartu As akan langsung mendapatkan kuota gratis Videomax serta poin sebesar 21. Tentunya jumlah Telkomsel poin yang didapatkan lebih menguntungkan daripada cara sebelumnya ditambah anda mendapatkan kuota gratis untuk nonton video.
  • Cara mendapatkan poin selanjutnya adalah dengan menunggu promo dari MKIOS. Kadang-kadang MKIOS mengeluarkan promo menarik. Dengan melakukan pembelian pulsa ataupun paket data, anda bisa mendapatkan jumlah poin yang lebih banyak daripada biasanya. Untuk jumlah poinnya bisa berbeda-beda tergantung dari promo yang diadakan, namun yang pasti anda bisa mendapatkan lebih dari 21 poin setiap pembelian pulsa atau paket data minimal 50 ribu rupiah.
  • Selanjutnya adalah dengan meminta poin dari teman atau keluarga anda yang tidak ingin menggunakan poin dari Telkomsel yang sudah mereka miliki. Anda tinggal melakukan transfer poin.

Cara-cara di atas bisa anda lakukan, namun dari semua cara yang ada apabila anda ingin mendapatkan poin tanpa perlu melakukan pembelian pulsa ataupun paket data, cara yang paling tepat adalah dengan transfer poin. Bayangkan saja, apabila anda mengeluarkan uang sebesar 50 ribu rupiah anda hanya mendapatkan 10 poin saja. Rasanya sangat berat bila harus mengumpulkan poin yang banyak. Apabila anda ingin mendapatkan 100 poin, anda harus mengeluarkan uang sebesar 500 ribu rupiah atau setengah juta rupiah, jumlah yang sangat fantastis bukan? Karena itulah tidak sedikit pengguna Telkomsel yang berpikir dua kali apabila ingin mengumpulkan poin dengan target tertentu.

Tidak heran apabila ada sebagian orang yang tidak mengumpulkan poin-poin dari Telkomsel, bahkan banyak orang yang memiliki poin banyak tanpa ia sadari karena memang tidak berniat mengumpulkannya. Biasanya orang-orang yang seperti ini adalah orang-orang yang lebih tua dari anda, misalnya saja orang tua anda. Anda bisa meminta orang tua anda yang menggunakan Telkomsel untuk memberikan poinnya untuk anda. Jika anda belum tahu bagaimana caranya melakukan transfer poin, berikut penjelasannya:

Mengirim SMS ke 777 dengan format tertentu.

  • Ketik : KIRIM(jumlah poin)<spasi>nomor handphone tujuan.

Contoh       : KIRIM50 0852467xxxxx

  • Ketik : POIN(jumlah poin)<spasi>nomor handphone tujuan.

Contoh       : POIN50 0852467xxxxx

Cukup mudah bukan untuk melakukan transfer poin dari Telkomsel? Untuk mengecek poin yang anda miliki setelah anda mendapatkan transfer poin, anda tinggal melihatnya di aplikasi dari Telkomsel yang bernama My Telkomsel. Anda bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di Google PlayStore ataupun AppStore.

www.pexels.com

Pastikan anda selalu rajin mengecek jumlah poin anda, apabila sudah cukup banyak maka anda bisa menukarkannya dengan voucher atau produk lainnya yang menarik. Hal tersebut karena Telkomsel Poin akan hangus setiap tanggal 31 desember. Apabila anda terlalu asyik mengumpulkan poin, tanpa sadar tahun sudah berganti dan poin anda hangus. Untuk mengecek poin yang anda miliki ada dua cara yang dapat digunakan, pertama adalah dengan mengirim sms POIN ke 777 saja, nanti anda akan mendapatkan sms balasan yang mengenai jumlah poin yang dimiliki, dan cara kedua seperti yang telah disebutkan di atas, yaitu dengan menggunakan aplikasi My Telkomsel. Untuk masuk ke aplikasi, anda tinggal masukkan nomor handphone anda.

Aplikasi My Telkomsel tidak hanya untuk mengecek jumlah poin yang anda miliki saja. Masih ada banyak sekali fitur yang bisa anda gunakan, jadi anda tidak perlu merasa rugi ketika menginstall My Telkomsel.

  • Mengetahui informasi profil lengkap anda, mulai dari nama pengguna, nomor handphone, sisa kuota mulai dari kuota internet, kuota sms, kuota telepon hingga bonus pulsa.
  • Melakukan pengisian pulsa tanpa harus ke konter. Pilihan metode pembayarannya pun ada banyak, mulai dari kartu kredit VISA dan MasterCard yang sudah dilengkapi dengan 3D Secure authentication sehingga keamanan bertransaksi secara online menjadi lebih aman, kartu debit dari berbagai macam bank seperti Bank Mega, BCA, Bank Mandiri, BNI, Bank Danamon, CIMB Niaga dan lain-lain hingga T-Cash. T-Cash merupakan layanan e-money atau uang elektronik dari Telkomsel, T-Cash berbeda dengan pulsa. Bahkan anda bisa menggunakan T-Cash untuk berbelanja.
  • Membeli paket internet, telepon ataupun paket sms. Ada berbagai jenis paket yang menjadi unggulan Telkomsel, paket tersebut adalah Gigamax HOOQ, Gigamax VIU, Flash dan Talkmania.
  • Menukarkan poin yang dimiliki, jadi hanya dengan satu kali pencet saja anda sudah bisa menukarkan poin anda dengan produk yang anda inginkan seperti voucher tiket atau voucher makanan/ minuman. Tidak perlu lagi melakukan cara yang ribet seperti mengirim sms ke 777 dengan format tertentu.
  • Mengirim pulsa dan membayar tagihan nomor pascabayar. Kalau anda ingin memberikan kejutan kepada orang tersayang anda, anda bisa mengirimkan pulsa ataupun membayarkan tagihan tanpa perlu takut ketahuan orang yang bersangkutan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *