Mencari Tanaman Bunga di Toko Bunga

Tanaman adalah salah satu sumber oksigen yang tentunya akan sangat bermanfaat pada kehidupan manusia. Pepohonan dan bunga-bunga bisa menjadi salah satu paru-paru dunia karena akan menghasilkan banyak oksigen sehingga kehidupan manusia di muka bumi bisa terus berlangsung. Selain sebagai sumber oksigen, tanaman juga bisa menjadi hiasan dan koleksi di rumah yang bertujuan untuk memperindah pemandangan yang ada di rumah.

Tanaman yang seperti ini disebut sebagai tanaman hias yang tentunya bisa dengan mudah dibeli secara online ataupun di toko-toko penjual tanaman.  Ada banyak jenis tanaman yang bisa dijadikan hiasan di rumah. Misalnya saja tanaman bunga hias, tanaman daun hias, tanaman akar hias, tanaman batang hias, dan tentunya tanaman buah hias. Dari kesemua jenis tanaman tersebut, jenis tanaman bunga hias menjadi idola. Keindahan dari bunga yang berwarna-warni dan aromanya yang harum akan menambah kesenangan dari siapa saja yang memilikinya. Sehingga tidak heran jika di toko bunga pasti akan banyak yang datang untuk membeli bunga-bunga hiasan yang siap dirawat di rumah.

Jika memang tertarik dengan tanaman bunga, maka dalam artikel ini akan membahas tentang jenis-jenis tanaman bunga yang bisa dirawat di rumah. Namun sebelumnya, lebih baik mengenal terlebih dahulu jenis-jenis tanaman hias yang pastinya indah dan bisa dirawat dengan mudah di rumah masing-masing.

  1. Tanaman bunga

Tanaman pertama yang pastinya menjadi banyak idola adalah bunga. Bunga adalah tanaman hiasan di rumah yang menjadi favorit banyak orang. Tanaman bunga ini akan sangat indah dan mencolok pada bagian bunganya. Bunga ini bisa bermacam-macam warnanya. Daun pada bunga biasanya akan sedikit saja dan akan memperindah bagian bunga yang mencolok tersebut. Tidak hanya itu, keharuman bunga ini juga merupakan salah satu kelebihan dari  tanaman yang satu ini. Datangnya lebah atau serangga lain pada bunga bisa menjadi daya tarik tersendiri dari tanaman yang satu ini.

  1. Tanaman akar

Selain ada tanaman bunga, ada juga tanaman akar yang pada bagian akarnya akan tumbuh lebih besar dan unik. Pertumbuhan akar inilah yang akan membuat daya tarik dari jenis tanaman yang satu ini. Tanaman yang akarnya unik dan indah ini biasanya harganya akan mahal. Semakin besar dan unik bentuk akarnya, maka biasanya harganya akan semakin mahal.

pexels.com
  1. Tanaman batang

Sama halnya dengan tanaman akar, tanaman batang ini juga akan memiliki bagian batang yang besar dan unik. Tanaman yang satu ini biasanya berbentuk besar dan hanya bisa ditanam di pekarangan rumah. Tidak di dalam pot atau digantung di dalam pot. Jadi jika membeli tanaman yang satu ini, diperlukan pekarangan yang sedikit luas agar pertumbuhan tanaman tidak terhambat.

  1. Tanaman daun

Tanaman yang satu ini sama terkenalnya dengan tanaman bunga. Tanaman yang satu ini biasanya memiliki bentuk yang unik pada bagian daunnya sehingga dapat menarik perhatian siapa saja yang melihatnya. Bentuk daun pada tanaman seperti ini biasanya berbentuk bulat, lonjong, menjari, sejajar, dan ada bentuk lainnya.

  1. Tanaman buah

Tanaman selanjutnya yang tak kalah menarik untuk dirawat adalah tanaman buah. Selain enak untuk dipandang saat musim berbuah, tanaman buah juga bisa dimakan buahnya sehingga mendapat beberapa keuntungan. Selain untuk hobi, buahnya bisa dimakan sendiri dan tentunya akan sangat lezat rasanya. Bahkan buah ini juga bisa dijual jika berbuah dalam jumlah yang banyak.

Dari penjelasan jenis-jenis tanaman hias tersebut, yang tentunya bisa dibeli di toko bunga atau toko-toko penjual tanaman, menjadikan tidak sabar untuk segera membelinya. Tetapi merawat tanaman bukanlah hal yang mudah. Diperlukan kesabaran dan juga ketekunan serta perhatian yang cukup sehingga pertumbuhan tanaman tidak terganggu. Jadi, jika belum bisa merawat tanaman dengan baik, lebih baik urungkan niat untuk merawat tanaman terlebih dahulu agar nantinya tanaman tidak cepat rusak dan mati.

pexels.com

Jenis-Jenis Tanaman Bunga Hias Yang Bisa Ditemukan di Toko Bunga

Perawatan tanaman yang berupa bunga bisa dibilang tidak mudah. Namun, ada beberapa jenis bunga yang perawatannya cukup mudah. Kenapa bisa dibilang cukup mudah? Hal ini dikarenakan beberapa jenis bunga tersebut hanya diperlukan tanah kosong atau pekarangan dan bisa juga ditanam di dalam pot yang berisikan tanah. Setelah ditanam dan rutin disiram, maka bunga tersebut bisa langsung tumbuh dengan subur dan tentunya akan sangat indah. Nah, lalu apakah semua bunga bisa ditanam dengan mudah? Untuk mengetahuinya, maka diperlukan informasi tentang jenis-jenis bunga yang biasanya digunakan sebagai tanaman hias. Jenis-jenis bunga ini juga mempermudah pilihan akan menanam bunga yang mana dan tahu bagaimana perawatannya.

  1. Bunga Melati

Bunga melati memang sudah sejak lama menjadi favorit bagi pecinta tanaman bunga. Bunga yang satu ini cukup mudah perawatannya. Hal ini dikarenakan bunga ini tidak banyak memerlukan perawatan khusus. Hanya memerlukan pemangkasan pada bagian ranting yang tumbuh tidak semestinya. Selain warna bunga melati yang indah dan beraneka ragam, bunga yang satu ini juga dikenal dengan keharumannya. Semerbak keharuman bunga melati ini identik dengan keanggunan wanita Indonesia sehingga ditetapkan sebagai salah satu bunga nasional bangsa Indonesia.

  1. Bunga Mawar

Bunga yang satu ini sangat terkenal karena merupakan salah satu simbol cinta. Bunga mawar juga terkenal lewat warna merahnya yang indah dan menyimbolkan keberanian dan juga warna putih yang menyimbolkan ketulusan rasa cinta. Sebenarnya, terdapat lebih dari seratus spesies bunga mawar yang warnanya pun sangat beragam dan memiliki banyak makna pada setiap warnanya. Memang, yang paling sering ditemui di toko bunga adalah bunga mawar dengan warna merah dan putih. Tetapi jika ingin merawat bunga mawar, bisa merawat bunga mawar dengan warna yang lain seperti warna merah muda, biru dan lain sebagainya. Perlu diketahui juga, bahwa bunga mawar ini memiliki aroma yang bermanfaat sebagai relaksasi penghilang rasa stres atau depresi. Selain itu jika sedang sakit kepala, aroma bunga mawar bisa menghilangkannya karena pada bunga mawar terdapat zat kimia yang bisa meringankan sakit kepala. Bagaimana? Sangat menarik ya untuk merawat bunga mawar. Selain menyegarkan mata, ternyata juga bisa menyegarkan pikiran bahkan bisa menyembuhkan salah satu penyakit yang dialami manusia, yaitu sakit kepala.

  1. Bunga kembang sepatu

Bunga yang satu ini sudah sangat terkenal di Indonesia. Bunga kembang sepatu juga mudah ditemui dimana saja karena memang bisa tumbuh dengan mudah. Pertumbuhan bunga kembang sepatu bisa dengan mudah tumbuh jika terkena paparan sinar matahari. Sehingga bunga yang satu ini memang sering ditemui di pinggir-pinggir jalan karena terkena langsung oleh paparan sinar matahari. Bunga kembang sepatu ini biasanya berwarna merah muda menyala yang warnanya akan sangat indah. Apalagi jika dilihat saat siang hari yang cerah, bunga yang satu ini akan terlihat sangat mencolok. Sebenarnya bunga yang satu ini bentuknya hampir sama dengan bunga yang lainnya, hanya saja penyebutannya adalah bunga kembang sepatu. Jika ingin merawatnya, disarankan untuk menanam bunga kembang sepatu di dalam pot bunga, agar bisa mengatur pertumbuhannya. Pengaturan pertumbuhan bunga kembang sepatu sangatlah penting karena bunga yang satu ini bisa tumbuh dengan ukuran yang besar.

  1. Bunga Anggrek

Bunga yang satu ini juga tidak kalah terkenalnya dengan bunga mawar atau bunga melati. Ya, bunga anggrek adalah salah satu bunga di tanah air yang sangat mempesona. Tak heran jika bunga yang satu ini memiliki julukan bunga puspa pesona. Bunga anggrek bisa tumbuh secara liar dan bisa ditanam serta dirawat dengan mudah. Biasanya media tanam bunga yang satu ini menggunakan pot gantung. Dengan menggunakan pot gantung, tentu akan mengatasi masalah bagi siapa saja yang tidak memiliki pekarangan rumah yang luas. Perlu diketahui juga, bunga yang satu ini juga memiliki beragam jenis atau spesies yang jumlahnya sangat banyak. Bahkan ada beberapa spesies bunga anggrek yang terhitung langka sehingga dilarang untuk diperjual belikan.

pexels.com
  1. Bunga Alamanda

Bunga alamanda adalah bunga yang bisa dibilang cukup populer di Indonesia. Salah satu spesies atau jenis bunga alamanda yang terkenal di Indonesia adalah bunga alamanda cathartica. Bunga yang satu ini juga terkenal dengan nama bunga terompet emas atau bunga lonceng. Metode penanaman bunga alamanda juga terhitung mudah karena tidak memerlukan perawatan khusus. Hidup bunga alamanda yang bergerombol membuat bunga yang satu ini subur dan cepat pertumbuhannya. Jika ingin merawat bunga alamanda, disarankan untuk menanamnya di dalam pot agar mudah dipindahkan. Warna kuning pada bunga alamanda ini akan sangat cocok jika dijadikan hiasan di dalam rumah.

  1. Bunga Geranium

Bunga geranium adalah bunga yang pertumbuhan cepat. Bunga yang satu ini tidak jauh berbeda dengan bunga alamanda karena cara hidupnya yang bergerombol sehingga akan cepat tumbuh dengan subur. Jika ingin menanam bunga yang satu ini, maka lebih baik menanamnya dalam pot gantung sehingga nantinya tidak banyak memakan tempat. Warna bunga yang merah muda dan putih akan sangat cantik dan indah jika dipadu-padankan dengan dedaunan hijau agar tambah indah untuk dipandang. Perawatan bunga yang satu ini juga terbilang mudah karena tidak memerlukan banyak perawatan khusus.

  1. Bunga Bougenville

Bunga yang satu ini paling sering dijumpai di rumah para pecinta bunga. Bagaimana tidak, warna bunga bougenville yang ungu jelas akan menambah kesan eksotis bagi setiap rumah yang memilikinya. Bunga yang satu ini berasal dari amerika selatan dan cocok hidup di daerah tropis. Sehingga jika ingin membudidayakannya di Indonesia, bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang menjanjikan. Tentunya bunga yang satu ini bisa diletakkan di bagian teras atau halaman rumah.

  1. Bunga Amarilis

Bunga yang satu ini memiliki berbagai macam warna. Warna bunga amarilis yang beragam, tentu akan membuat pemandangan menjadi indah bagi siapa saja yang melihat. Bunga ini cukup mudah untuk ditanam karena bisa tumbuh dengan mudah. Pertumbuhan bunga amarilis bisa dengan mudah jika terkena paparan sinar matahari secara langsung. Selain sebagai tanaman hias, bunga yang satu ini sangat ampuh untuk mengusir nyamuk yang berada di rumah. Sehingga disarankan untuk menanam bunga amarilis di dalam pot agar bisa dengan mudah dipindahkan di sudut-sudut rumah yang biasanya menjadi sarang nyamuk.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis bunga yang tentunya tidak akan cukup jika disebutkan satu persatu dalam artikel ini. Namun setelah mengetahui beberapa jenis bunga tersebut, tentunya tidak sabar untuk segera menanam bunga hias di rumah masing-masing. Akan tetapi sebelum menanam bunga hias di rumah, akan lebih baik jika mengetahui bagaimana cara perawatan bunga hias yang baik dan benar. Sehingga pertumbuhan bunga bisa tumbuh dengan subur dan tidak akan ada gangguan atau penyakit yang menyerang bunga hias yang dirawat.

pexels.com

Mengetahui Perawatan Bunga Hias Di Rumah

Merawat bunga hias yang dibeli di toko bunga langganan tentu tidak akan lengkap jika tidak tahu cara perawatannya. Cara perawatan bunga hias ini tentu akan sangat penting karena jika salah dalam merawatnya, bisa berakibat fatal pada bunga hias yang ditanam di rumah. Untuk itu, dalam artikel ini akan berbagi tentang bagaimana cara untuk merawat bunga hias di rumah yang tentunya mudah dipahami dan mudah dilakukan. Berikut cara-cara yang dapat dilakukan untuk merawat tanaman bunga hias di rumah.

  1. Penyiraman tanaman

Hal pertama dalam perawatan  tanaman hias adalah dengan penyiraman. Penyiraman ini sangat penting bagi sebuah tanaman. Tak terkecuali tanaman bunga hias. Tanaman bunga hias ini memerlukan perhatian khusus. Hal ini disebabkan oleh tanaman bunga hias memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Misalnya saja ada tanaman bunga hias yang suka dengan air dan yang tidak terlalu suka dengan air. Jika tanaman bunga hias ini suka dengan air, maka penyiraman bisa dilakukan pada pagi dan sore hari. Dua kali pada pagi hari dan dua kali pada sore hari. Jadi, semua harus benar-benar diperhatikan dengan baik. Nah jika tanaman bunga tidak terlalu suka dengan air, maka bisa dilakukan penyiraman satu kali dalam dua minggu. Kapasitas banyak dan sedikitnya air juga perlu diperhatikan. Jangan terlalu banyak air karena jika demikian, justru tanaman bunga hias bisa mati karena terlalu banyak air di dalam pot. Perlu diketahui juga untuk tidak melakukan penyiraman tanaman bunga hias pada siang hari karena hal ini bisa merusak proses fotosintesis. Jadi, jangan sembarangan melakukan penyiraman pada tanaman bunga hias yang dimiliki.

  1. Kebersihan tanaman

Kebersihan pada tanaman bunga hias sangat penting untuk kelangsungan hidupnya. Hal ini tentu menyangkut bagian-bagian setiap tanaman bunga hias dan juga sekitarnya. Perhatikan kebersihan setiap bagian tumbuhan agar tidak cepat mati dan terkena penyakit. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan penyiangan. Namun penyiangan juga tidak boleh sembarangan dilakukan. Penyiangan pada tanaman bunga hias memerlukan beberapa perhatian. Misalnya saja penyiangan hanya boleh dilakukan pada bagian tanaman bunga hias yang sudah layu. Contohnya jika daun mulai layu, maka bisa segera melakukan penyiangan. Selain itu saat proses pencabutan, perhatikan dengan baik dan benar agar proses pencabutan tidak merusak tanaman. Hal yang paling jelas adalah perhatikan dengan seksama kebersihan sekitar tanaman bunga hias, seperti potnya, adakah gulma atau rumput liar di sekitarnya. Jika memang ada, maka lebih baik segera dicabut agar tidak merusak tanaman bunga hias yang sedang dirawat.

  1. Perhatikan kelembaban tanaman

Hal ketiga yang perlu diperhatikan saat merawat tanaman bunga hias adalah dengan menjaga kelembaban tanaman tersebut. Perhatikan dengan teliti kondisi tanah dan udara yang ada di sekitar tanaman hias saat proses penyiraman. Jika kondisi udara sekitar tanaman bunga hias kering dan panas, maka akan lebih baik jika segera memindahkannya ke tempat yang lebih sejuk. Sehingga kelembaban tanaman bunga hias yang dirawat akan tetap terjaga. Pemindahan tanaman bunga hias juga perlu dilakukan jika keadaan udara terlalu lembab dan kekurangan sinar matahari, sehingga proses pemindahan bisa dilakukan ke tempat terbuka seperti taman atau teras rumah. Nah jika malas memindahkan tanaman bunga hias, maka bisa menyemprotkan air dingin ke tanaman bunga hias yang dirawat jika kondisi udara terlalu panas. Bagaimana? Bisa dibilang susah-susah gampang bukan?

  1. Pencegahan datangnya hama

Hama adalah salah satu hal yang dapat merusak tanaman bunga hias yang sedang dirawat. Tentunya adanya hama ini bisa menyebabkan kematian pada tanaman bunga hias yang sedang dirawat. Hal ini tentu tidak diinginkan oleh siapa saja yang menjadi pecinta tanaman hias. Oleh sebab itu, ada baiknya untuk mengetahui jenis-jenis hama agar bisa mengetahui cara menanggulanginya. Walaupun biasanya di toko-toko bunga terdapat pestisida pembasmi hama, tentunya mengetahui jenis hamanya akan lebih bisa mengetahui cara penanganan yang tepat. Biasanya hama yang paling sering menyerang tanaman bunga hias adalah hama ulat dan serangga. Jika demikian, maka penanggulangan tercepat adalah bisa langsung menghilangkan hama tersebut dengan memotong bagian tumbuhan yang terkena hama. Jika sudah sangat parah, maka dianjurkan untuk menggunakan pestisida pembasmi hama.

  1. Pemberian pupuk pada tanaman

Cara selanjutnya untuk merawat tanaman bunga hias adalah dengan pemberian pupuk secara rutin. Pemberian pupuk ini bisa dilakukan dalam dua minggu sekali. Biasanya akan lebih bagus hasilnya jika pemberian pupuk dilakukan pada pertengahan bulan. Cara yang paling baik untuk memberi pupuk pada tanaman bunga hias adalah melubangi dengan ukuran kecil pada bagian tanahnya. Selanjutnya tinggal taburi pupuk yang sudah dipersiapkan. Akan lebih baik jika pupuk yang dipilih adalah jenis pupuk organik sehingga tidak menimbulkan banyak efek samping bagi tanaman bunga hias yang dirawat.

  1. Pemangkasan tanaman

Cara perawatan selanjutnya adalah pemangkasan. Pemangkasan ini sangat disarankan untuk menggunakan gunting tanaman yang baik. Jangan asal menggunakan gunting karena bisa merusak tanaman. Pemangkasan ini bisa dilakukan secara rutin pada bagian tanaman yang sudah terlihat layu atau tua. Pemangkasan ini juga sangat baik untuk mencegah penyakit-penyakit yang biasanya menyerang tanaman seperti penyakit yang disebabkan virus, jamur ataupun bakteri. Selain itu, pemangkasan ini juga berguna untuk kerapian dari tanaman bunga hias yang dirawat. Sehingga penampilan dari tanaman bunga hias menjadi lebih indah dan cantik. Bagaimana? Pemangkasan ini sangat berguna bukan untuk keindahan dan kesehatan tanaman bunga hias yang sedang dirawat? Hanya saja terkadang pecinta tanaman bunga hias malas untuk melakukan pemangkasan sehingga tanaman menjadi rusak bahkan mati.

Nah bagaimana? Jika sudah siap merawat tanaman bunga hias di rumah, maka pilih dulu bunga mana yang akan ditanam dan dirawat. Selanjutnya baca dengan baik cara-cara perawatannya. Kemudian tinggal siapkan yang perlu disiapkan seperti pot, tanah, pupuk dan alat-alat penanaman. Misalnya saja alat menyiram tanaman, gunting tanaman dan jangan lupa membeli pupuk untuk kesuburan dan kesehatan tanaman bunga hias yang akan ditanam. Jadi jika ingin merawat tanaman bunga hias, jangan asal beli dan membawanya pulang ke rumah tanpa mengetahui cara merawatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *