Keunggulan dan Fakta Universitas Negeri Jakarta

April 10, 2019

Universitas Negeri Jakarta atau yang lebih kita kenal sebagai UNJ adalah salah satu kampus negeri terbaik yang ada di Indonesia. Terlekat di ibu kota Indonesia, yaitu DKI Jakarta, kampus ini telah menjadi kampus pilihan banyak calon mahasiswa baru karena kualitas dan prestasinya. Sebagai sebuah kampus yang dulunya dikenal dengan sebutan IKIP (Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan), namun karena adanya mandat untuk memperluas dan mengembangkan ilmu pendidikan maka kemudian diresmikanlah Universitas Negerti Jakarta. Untuk mengetahui sejarh singkat mengenai kampus UNJ ini, anda dapat melihat sumber aslinya langsung melalui situs website resmi Universitas Negeri Jakarta.

Termasuk ke dalam kampus terbaik yang pernah disebutkan di inibagus.com, Universitas Negeri Jakarta ini adalah kampus pendidikan terkenal yang telah mencetak para pengajar-pengajar profesional. Semua jenis pendidikan dapat anda temukan di Universitas Negeri Jakarta ini. Dapat dibilang sebagai kampus yang memiliki pendidikan terlengkap, kampus ini di antaranya mengajarkan berbagai pendidikan seperti calon guru tari, guru kesenian, guru TK, guru PAUD, guru SD, dan masih banyak lagi yang lain.

Bagi kalian yang memiliki cita-cita sebagai guru maupun tenaga pengajar profesional, memilih kampus Universitas Negeri Jakarta adalah salah satu pilihan yang sangat tepat. Selain dikenal karena kualitas kampusnya yang luar biasa, UNJ ini sendiri juga menawarkan program beasiswa. Apabila selama ini anda memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan ke taraf yang lebih tinggi, yaitu perguruan tinggi, anda bisa mencoba mengambil jalur prestasi. Selain akan mendapat keringanan biaya perkuliahan, memilih jalur prestasi juga akan memberi anda tabungan sejumlah uang. Selain jalur prestasi, ada juga jalur lain yang bisa anda coba.

Jalur umum bisa anda coba dengan melakukan pendaftaran menjadi calon mahasiswa baru terlebih dahulu. Setelah mengetahui cara masuk ke dalam kampus ini, berikutnya anda juga perlu mengetahui beberapa hal menarik yang ada di kampus ini. Beberapa hal tersebut merupakan fakta yang menjadi daya tarik mengapa banyak calon mahasiswa baru yang memilih Universitas Negeri Jakarta.

www.pexels.com

Fakta Universitas Negeri Jakarta

Setelah mengetahui sejarah dari Universitas Negeri Jakarta, berikutnya anda juga perlu mengetahui beberapa fakta mengenai kampus satu ini. Adapun beberapa fakta tersebut di antaranya seperti:

  1. Gelora Rawamangan Veledrome

Ketika anda masuk ke dalam kampus UNJ, anda akan menemukan Gelora Rawamangun Veledrome. Gedung yang digunakan sebagai pusat olahraga ini terdiri dari gedung bulutangkis, gedung futsal, gedung squash, kolam renang, lapangan tenis dan masih banyak lagi yang lain. GOR ini adalah salah satu gedung olahraga yang dinilai berstandar Internasional di Asia Tenggara

  1. Sport Science Universitas Negeri Jakarta

Salah satu fasilitas yang bisa ditemukan di kampus UNJ adalah sport sciene. Seperti yang telah diketahui, sport sciene adalah sebuah fasilitas yang mambu membantu meningkatkan prestasi olahraga yang terbagi ke dalam beberapa bidang keilmuan. Adapun bidang keilmuan tersebut meliputi kepelatihan fisik, kedokteran, fisioterapi rehabilitasi, relaksasi, gizi, psikologis, dan bagian peneliti.

  1. Merupakan Kampus Biasa Namun Termasuk ke Dalam Sekolah yang Luar Biasa

Perlu anda ketahui, hingga saat ini kampus UNJ telah berhasil membangun sekolah yang bonafit dan terkenal. Adapun sekolah tersebut yaitu Labschool yang terdiri dari tingkat SD, SMP hingg SMA.

  1. Fasilitas WIFI

Salah satu yang cukup penting bagi mahasiswa adalah jaringan internet. Selain digunakan sebagai media berkomunasi dengan dosen dan rekan kampus, internet sendiri mampu menunjang proses pembelajaraan mahasiswa. Hingga saat ini juga, Universitas Negeri Jakarta telah menyediakan fasilitas WIFI di setiap area kampus. Dengan adanya fasilitas ini juga, anda dan mahasiswa yang lain tidak perlu cemas ketika mengalami gangguan sinyal.

www.pexels.com

  1. Prestasi dari Future Leader

Apabila anda tertarik untuk masuk ke dalam kampus ini, tentu anda perlu mengetahui slogan kampus Universitas Negeri Jakarta itu sendiri. Berslogan Building Future Leader, setiap mahasiswa UNJY pada umumnya tidak sedikit yang telah berhasil menoreh prestasi. Banyaknya prestasi tersebut tentu berasal dari berbagai bidang, di antaranya seperti juara 3 dalam Kontes Mobil Hemat Energi 2007, perolehan 118 medali pada POMNAS XV 2017, serta menjadi juara umum yang ke lima belas kali berturut-turut di Pekan Olahraga Nasional (POMNas).

  1. E-Journal dan E-Learning

Yang tidak kalah Universitas Negeri Jakarta dengan universitas negeri yang lain yaitu sama-sama memiliki portal jurnal online. Selain dapat diakses melalui situs website, portal jurnal online juga berbasis Android yang dapat diakses melalui aplikasi Google Playstore. Selain memiliki portal jurnal online, UNJ juga memiliki E-Learning yang biasa digunakan sebagai bahan pembelajaran di lingkungan masing-masing program studi.

  1. University Training Center atau yang Disingkat UTC

Saat ini Universitas Negeri Jakarta tengah membangun gedung University Training Center. Gedung yang memiliki delapan lantai ini, apabila selesai dibangung dapat digunakan sebagai pusat training dan laboratorium Prodi Pariwisata.

Selain digunakan sebagai pusat training, gedung University Training Center ini juga akan diperuntukkan sebagai ruang kelas, penginapan, dan ruang pertemuan.

  1. Ruang Inspirasi

Bagi kalian yang sering merasa bosan dan suntuk setelah melakukan aktivitas perkuliahan, di Universitas Negeri Jakarta ini ada yang namanya Taman Teletubbies dan Pendopo. Taman Teletubbies adalah taman rerumputan yang memiliki ukuran cukup luas dengan pasokan udara yang segar dan berada di bagian belakang tugu Universitas Negeri Jakarta. Di tempat ini, tidak sedikit mahasiwa yang menghabiskan waktu luangnya untuk bersantai menunggu jam kuliah atau istirahat dengan teman-temannya.

Selain Taman Teletubbies, ada juga pendopo. Pendopo ini biasanya digunakan oleh mahasiswa sebagai tempat mencari inspirasi ide, musik, dan lain sebagainya. Apabila anda adalah salah seorang anak muda yang senang melakukan aktivitas berkumpul, anda bisa melakukan perkumpulan dengan sahabat-sahabat anda di pendopo ini.

www.pexels.com

Wadah Ekspresi di Universitas Negeri Jakarta

Melalui kampus ini, anda akan mendapatkan banyak sekali fasilitas untuk berekspresi. Seperti yang kita ketahui, apabila inspirasi muncul maka langkah yang perlu dilakukan yaitu dengan mengespresikan inspirasi atau ide tersebut. Melalui kampu Universitas Negeri Jakarta ini, anda akan menemukan beberapa ruang untuk berekspresi, di antaranya seperti Terbuk atau Teater Terbuka, Terrace Café, Butik Hits UNJ, serta Hair Salon UNJ. Terbuk atau yang memiliki kepanjangan dari Teater Terbuka adalah ruang di mana mahasiswa dapat menampilkan beberapa seni pertunjukkan. Beberapa pertunjukkan atau event yang sering diselenggarakan di antaranya seperti pertunjukkan seni, drama, bahkan demo Unit Kegiatan Mahasiswa. Sesuai dengan namanya, Terbuk ini bersifat outdoor.

Untuk ruang Terrace Café, di sini adalah ruang laboratorium dari jurusan Tata Boga. Melalui fasilitas ini, para mahasiswa prodi Tata Boga dapat menjual menu makanan buatannya sendiri. Seperti biasanya, fasilitas Terrace Café ini selalu ramai dikunjungi para pengunjung karena setiap harinya menyajikan menu yang berbeda-beda.