Universitas Negeri Malang

January 31, 2019

Salah satu kampus terfavorit di Malang adalah Universitas Negeri Malang. Meski setiap kampus memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Tapi, kampus ini memiliki tempat yang istimewa khususnya  bagi mereka yang memiliki hasrat untuk menikmati keindahan Alam. Hasrat untuk menyatu dengan eksotika pesona Alam. Poinnya adalah kampus yang terletak di Malang ini akan mengantarkan mahasiswanya mencinta Malang dengan utuh, tulus dan istimewa. Anda pasti bertambah bingung? Kalau benar Anda bingung, izinkan saya mengupas secara perlahan dan bertahap apa sebenarya kelebihan dan kekurangan dari Kampus ini.

Mengenal Kampus Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang atau populer dengan singkatan UM adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang mana berlokasi di daerah Malang. Selain di Malang juga terdapat di wilayah Blitar. Meski terdapat dua kampus, akan tetapi masih berada di wilayah Jawa Timur. Universitas ini menurut sejarawan dan catatan dokumen resmi berdiri atau didirikan pada tanggal 18 Oktober 1954. Pada awal berdirinya universitas ini bernama Perguruan Tinggi Pendidikan Guru atau disingkat dengan PTPG. Menurut data yang terhimpun, PTPG ini merupakan kampus pendidikan guru tertua di Indonesia. Pada saat tulisan ini ditulis rektor UM adalah Prof. Dr. H. Ah. Rofiudin, M.Pd.

www.pexels.com

Agar perkenalan dengan Universitas Negeri Malang menjadi lebih sempurna saya akan memulainya dari sejarah awal berdirinya. Universitas atau kampus ini awalnya adalah perguruan tinggi Pendidikan Guru atau disingkat dengan PTPG Malang. Kampus PTPG ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia yaitu Prof. Mr. Mohammad Yamin pada tanggal 18 Oktober 1954 yang mana SKnya bernomor 38742/Kab tanggal 1 September 1954. Pada peresmian kampus PTPG Malang ini bertindak dan yang diamanahi sebagai rektor adalah Prof. Sutan Adam Bachtiar.

PTPG Malang pada mulanya memiliki lima jurusan pelopor diantaranya Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Sejarah dan Budaya, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Pasti Alam (Ilmu Pengetahuan Alam). Pada masa ini perkuliahan dilaksanakan di gedung SMA Tugu yang mana sekarang adalah SMA Negeri 1, SMA Negeri 3 dan SMA Negeri 4 Malang. Setelah berjalan beberapa waktu, tepatnya pada tanggal 20 Juni 1955, PTPG akhirnya memiliki gedung sendiri. Adapun gedung PTPG bekas dari Hotel Splendid yang berlokasi di Jalan Tumapel No. 1 Malang. Tapi, hal ini tidak berlangsung lama, karena pada tanggal 10 November 1954 didirikan suatu universitas baru di Jawa Timur yaitu Universitas Airlangga atau populer disebut dengan UNAIR yang terletak di kota Surabaya. Adapun, efek dari beridirinya UNAIR ini yang mana sesuai dengan PP Nomor 71/1958, PTPG secara formal berganti status sebagai fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan FKIP UNAIR. Selanjutnya pada tahun 1958, berkas jasa Wali Kota Malang pada saat itu, yaitu Sarjono yang mengusulkan adanya sebidang tanah untuk FKIP UNAIR ini. Hasilnya, lembaga ini mendapatkan sebidang tanah untuk membangun kampus yang berlokasi di jalan Semarang no. 5 Malang. Pada masa awal ini, lembaga ini membutuhkan bantuan dari luar negeri agar sarana dan prasarana pendidikan menjadi lebih lengkap. Bantuan ini akhirnya cair diantaranya dari Ford Foundation yang mengucurkan sumbangan berupa beasiswa (scholarship) dosen ke luar negeri. Selain itu bantuannya juga disertakan dengan fasilitas laboratorium dan juga literature buku untuk perpustakaan lembaga ini. Tidak hanya itu, bantuan juga didapatkan dari pemerintah Jepang yang mana ikut serta mengucurkan sumbangan melaui Colombo Plan. Selain itu, Bentoel juga tidak mau ketinggalan yang mana juga ikut berpartisipasi lewat pemilikinya yaitu Sie Twam Tjing yang memberikan  bantuan berupa kafetaria modern paa masa itu.

Selang beberapa tahun berikutnya, tepatnya pada tanggal 3 Januari 1963 terbitlah Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Nomor 35/1964 yang menetapkan bahwa IKIP Malang (awalnya cabang dari UNAIR) memiliki Cabang sebagai berikut:

  1. Surabaya yang mana berasal dari cabang FKIP Universitas Airlangga
  2. Madiun yang berasal dari Cabang FKIP Universitas Airlangga
  3. Singaraja yang mana berasal dari FKIP Universitas Udayana
  4. Kupang dan Ende yang berasal dari FKIP Universitas Nusa Cendana

Selanjutnya, pada tanggal 20 Mei 1964 berlokasi di Gedung SKMAN Malang, dilangsungkan upacara peresmian IKIP Malang yang mana ini secara tidak langsung memberi isyarat bahwa terpisahnya lembaga tersebut dari UNAIR atau Universitas Airlangga. Pada peresmian ini ditetapkan ada beberapa fakultas diantaranya:

  1. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
  2. Fakultas Keguruan Sastra dan Seni (FKSS)
  3. Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS)
  4. Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE)

Ada satu fakultas lagi yang hadir setelah peresmian IKIP Malang yaitu fakultas Keguruan Teknik atau disingkat FKT. Pada masa berikutnya, nama dan istilah fakultas disesuaikan dengan standar nasional tepatnya pada tahun 1982. Adapun komposisi penamaannya sebagai berikut:

  1. FIP tidak mengalami perubahan
  2. FKSS menjadi Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni atau FBS
  3. FKIS menjadi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau FPMIPA
  4. FKT berubah menjadi Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan atau FPTK

Singkat cerita pada tanggal 24 Maret tahun 1968 fakultas cabang IKIP Malang diserahterimakan kepada Induknya yang baru.

  1. IKIP Malang Cabang JEmber diserahkan kepada Universitas Jember.
  2. IKIP Malang Cabang Singaraja diserahkan kepada Universitas Udayana
  3. IKIP Malang Cabang Kupang dan Ende diserahkan kepada Universitas Nusa Cendana
  4. IKIP Malang Cabang Surabaya berdiri sendiri menjadi IKIP Surabaya

Langsung meloncat ke tahun 1999 yaitu berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 93 Tahun 1999, IKIP Malang berubah dan menjadi UM atau Universitas Negeri Malang. Surat keputusan ini berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 143/DIKTI/Kep/2000 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 30 Tahun 2012 tentang organisasi dan Tata Kerja Universitas Negeri Malang.

Universitas Neger Malang yang populer juga dengan sebutan dan singkatan UM ini pada masa sekarang memiliki delapan fakultas dan program pascasarjana yang mencakup:

  1. Fakultas Ilmu Pendidikan atau FIP
  2. Fakultas Sastra atau FS
  3. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau FMIPA
  4. Fakultas Ekonomi atau FE
  5. Fakultas Teknik atau FT
  6. Fakultas Ilmu Olahraga atau FIK
  7. Fakultas Ilmu Sosial atau FIS
  8. Fakultas Ilmu Pendidian Psikologi atau FPPsi
  9. Program Pascasarjana.

Nah, demikianlah sekilas perkenalan dan sejarah Universitas Negeri Malang. Bagi Anda yang ingin berkenalan lebih dalam, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk ikut bagian dalam Paket Wisata Malang.

www.pexels.com

Alasan Memilih Universitas Negeri Malang

Kenapa Univesitas Negeri Malang layak dijadikan sebagai kampus tujuan di Malang. Berikut ulasannya.

  1. UM Kampus yang Nyaman

Alasan pertama memilih Univesitas Negeri Malang karena UM kampus yang nyaman. Kampus yang berada di kota yang terkenal dengan apelnya ini menjadi pilihan banyak calon mahasiswa untuk tempat mereka mengejar cita-cita di masa depan kelak. Suasana kota yang tentram serta cuacanya yang sejuk membuat para mahasiswanya nyaman belajar di kampus ini. Suasana kampus Universitas Negeri Malang yang sangat asri dijamin membuat kamu tidak sabar untuk buru-buru menjadi mahasiswa UM. Lokasi kampus UM yang berdekatan dengan Universitas Brawijaya membuat lingkungan belajar menjadi sangat kondusif bagi para mahasiswa karena mereka dapat berinteraksi dan bertukar ilmu dengan sesama mahasiswa dari universitas yang berbeda.

  1. Banyak Pilihan

Alasn berikutnya memilih Universitas Negeri Malang adalah karena kampus ini menyedikan banyak pilihan. Misalnya, Anda yang bercita-cita menjadi guru, maka kampus ini merupakan pilihan yang tepat. Namun, tentu tidak hanya bagi yang bercita-cita menjadi guru, ada juga banyak jurusan lain yang disediakan oleh kampus ini. Intinya banyak sekali pilihan dan varian untuk menjadi seperti yang Anda impi dan cita-citakan. Kualitas yang bagus untuk semua jurusan dan tentu lulusan yang berkualitas.

  1. KKN dan Skripsi

Berikutnya, kampus UM dikenal dengan julukan “The Learning University” yang diusungnya ini, tidak main-main dengan kualitas pendidikannya. Kampus ini tidak hanya berpusat pada kuliah-kuliah yang dilaksanakan di dalam ruang kelas saja, tetapi juga praktik lapangan. Kegiatan perkuliahan mahasiswa di kampus UM ini dilakukan dalam beberapa bentuk, yaitu kuliah teori, praktikum atau kerja lapangan, dan gabungan beberapa bentuk kuliah tersebut.

Bagi kamu yang nantinya memilih jurusan pendidikan, kamu wajib mengikuti Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Di program ini, kamu akan belajar langsung di lapangan atau sekolah. Kamu akan belajar mengajar, membimbing siswa, serta mempelajari sistem pengelolaan sekolah secara langsung.  Selain itu, untuk program S1, kamu juga diwajibkan mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) dimana kamu akan mendapatkan pengalaman yang sangat berharga. Kamu akan terjun langsung ke masyarakat untuk membantu mereka di beberapa aspek.

Kamu yang sudah belajar teori di dalam kampus, bisa membantu memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi oleh masyarakat dengan kemampuan yang sudah kamu miliki. Mereka yang sudah merasakan KKN mungkin sepakatmasa-masa KKN adalah masa yang menyenangkan dan membuat hati tak pernah lelah untuk selalu mengabdi.

Nah, hal lain yang harus kamu lakukan untuk bisa lulus adalah mengerjakan tugas akhir. Bagi kamu yang mengambil program D3 kamu wajib membuat karya tulis ilmiah yang bernama TA (Tugas Akhir). Sementara kamu yang nanti mengambil program S1, tidak lain dan tidak bukan tentuk kamu harus menyusun skripsi. Banyak yang bilang kalau ini adalah masa-masa sulit. Tapi setelah kamu selesai menyusun tugas akhir ini, rasa lelah yang kamu rasakan terbayar sudah. Kamu dapat berbangga hati karena telah menyelesaikan karya tulis ilmiah kamu dengan keringat sendiri. Manis bukan, Quipperian?

www.pexels.com

  1. Faslitas Kampus

Alasan selanjutnya, kenapa kamu wajib untuk memilih kampus ini adalah fasilitas kampus yang disediakan bagi para mahasiswanya. Kampus Universitas Negeri Malang memiliki berbagai fasilitas yang memadai bagi kegiatan perkuliahan mahasiswanya. Selain untuk kegiatan perkuliahan, kampus UM juga menyediakan fasilitas pendukung lainnya, sehingga kebutuhan para mahasiswanya terpenuhi.

Jika kamu suka berolahraga, tersedia banyak sekali fasilitas olahraga, mulai dari lapangan indoor dan outdoor, stadion, kolam renang, dan juga fitness center untuk kamu jajal satu per satu. Wah, fasilitas olahraganya lengkap sekali ya. Itu baru fasilitas olahraganya, fasilitas lainnya? Tak perlu kamu ragukan lagi. Fasilitas gedung dan ruang perkuliahan tentunya sangat layak untuk kegiatan perkuliahan kamu.

Nah, itulah ulasan saya, mengapa kampus ini saya asumsikan sebagai tempat yang istimewa khususnya  bagi mereka yang memiliki hasrat untuk menikmati keindahan Alam. Hasrat untuk menyatu dengan eksotika pesona Alam. Karena kampusnya yang asri dan yang tidak kalah petingnya Anda bisa berwisata dengan leluasa di objek wisata Malang dengan memakai Paket Wisata Malang.