Wc Umum Antara Kebutuhan Dan Dilema

March 24, 2019

Fasilitas umum sering diburu oleh para pengguna jalanan saat membutuhkannya. Beberapa orang membutuhkannya. Fasilitas umum tersebut biasanya akan tersedia di beberapa tempat umum. Wc umum biasanya sengaja tersedia di beberapa tempat umum. Alasannya adalah tempat umum tersebut banyak dilalui banyak orang. Seperti misalnya di terminal bus atau di kawasan wisata. Keberadaannya sangat diperlukan untuk memastikan para pengunjung tempat wisata merasa nyaman karena hajatnya terpenuhi dengan baik. Beberapa orang merasa sangat tidak ingin memenuhi hajatnya di toilet umum karena adanya beberapa alasan tertentu. Alasan itulah yang membuat orang enggan memilih menggunakan toilet di tempat umum.

pexels.com

Alasan Orang Enggan Menggunakan WC Umum

Toilet umum kebanyakan orang enggan untuk menggunakannya. Alasannya cukup bervariasi. Beberapa alasan  tersebut membuat pemilik tempat umum harus memperbaiki bagaimana bentuk dari toilet umum yang disediakan.

  • Alasan yang paling klise adalah toilet tersebut sangat kurang dalam hal kebersihannya. Terlebih di dalam toilet yang ada di sebuah rumah makan. Meskipun di sebuah rumah makan yang cukup bersih namun tidak menjamin sama sekali bahwa toilet yang disediakan benar-benar bersih dan layak untuk digunakan. Toilet memang menjadi sarang penyakit yang tidak dapat dipungkiri lagi apabila toilet tersebut kurang terjaga kebersihannya. Alhasil, banyak yang memilih ada baiknya menghindari membuang hajat di toilet umum.
  • Memiliki aroma yang kurang sedap. Aroma khas toilet umum cenderung lebih sering membuat banyak orang tidak ingin berlama-lama bahkan menghindar menggunakannya. Meskipun merupakan kebutuhan, jika toilet yang akan dijadikan tempat memenuhi kebutuhan khusus tersebut kurang nyaman serta kurang memenuhi persyaratan yang akan terjadi adalah keengganan untuk memanfaatkannya. Bagaimana tidak memiliki aroma kurang sedap. Sebab banyak orang membuang hajatnya di toilet umum dengan aroma sisa buang makanan yang berbeda. Belum lagi dengan tingkat kebersihan masing-masing orang yang menggunakan toilet tersebut juga berbeda. Selain itu, tidak jarang toilet umum tersebut menjadi berbau kurang sedap karena jarang dibersihkan.
  • Toilet umum tidak pernah dibersihkan dan kurang terawat. Sebagian besar Wc umum memiliki kendala yang kurang lebih sama. Yakni kurang terawat baik secara fasilitas maupun secara kebersihannya. Sebagian besar kalangan enggan menggunakan toilet umum karena kebanyakan terjadi kerusakan pada fasilitasnya. Kerusakan fasilitas inilah yang teramat sayang terjadi dan menjadi alasan terbesar orang enggan untuk menggunakan toilet umum. Meskipun demikian, jarang ada pihak pengelola yang berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan perbaikan untuk memastikan bahwa toilet umum yang dimilikinya layak untuk digunakan. Tidak jarang juga toilet umum tidak memiliki fasilitas air bersih yang memadahi. Oleh karenanya menjadi bahan pertimbangan utama bagi kebanyakan orang untuk tidak menggunakan toilet umum sama sekali.

pexels.com

Idealisme Toilet Umum Yang Diharapkan

Kebanyakan orang memiliki banyak sekali ekspektasi perihal toilet umum yang akan digunakannya. Kejadian yang paling sering ada di masyarakat adalah kenyataan masyarakat akan toilet umum tidak semanis ekspektasi yang ada di lapangan. Beberapa ekspektasi yang manis tidak selalu disertai dengan bayangan kenyataan yang dihadapi di lapangan. Beberapa hal ekspektasi yang tidak seperti kenyataan perihal Wc umum sering bersimpangan:

  • Ukuran toilet umum yang memadahi. Kebanyakan ukuran toilet yang berada di beberapa fasilitas umum memiliki ukuran yang sangat kecil. Belum lagi dengan keberadaan fasilitas air bersih yang kurang baik. Ukuran toilet umum yang sangat kecil inilah yang membuat orang enggan memakainya.
  • Penerangan yang memadahi. Beberapa toilet yang berada di fasilitas umum sepertinya memang minim akan cahaya penerangan. Minimnya cahaya penerangan dari toilet membuat kesan buruk akan toilet umum menjadi sering menjadi mimpi buruk bahkan momok bagi sebagian besar kalangan masyarakat. Kesan menjadi super jorok terbersit ketika melihat penerangan di dalam toilet umum kurang baik. Padahal apabila sebuah toilet memiliki penerangan yang memadahi, tentunya membuat penampakan toilet menjadi lebih jelas dan tidak seram. Jadi sebagian kalangan lebih memilih menggunakan toilet umum pada saat penerangan di dalamnya sudah cukup maksimal.

pexels.com

Bagaimana Mencari Serta Memilih Toilet Umum Yang Baik

Menentukan untuk mampir di toilet umum  bisa menjadi alternatif jika memang sedang dalam perjalanan yang cukup jauh. Guna menjaga kesehatan, sangat disarankan untuk melihat-lihat terlebih dahulu bagaimana kondisi Wc umum yang akan digunakan:

  • Trik pertama sekaligus wajib dilakukan pada saat akan mampir ke toilet umum adalah mengetahui dan memastikan bahwa pintu toilet yang akan digunakan aman. Keamanan yang dimaksud adalah dapat menutup dengan sempurna. Apabila pintu toilet tidak bisa menutup sempurna maka keamanan anda sebaga pengguna kurang terjamin. Jika menemukan pintu kurang kuat segera mengantrilah di bilik toilet lainnya guna memastikan keamanan anda selama menggunakan toilet umum.
  • Pengecekan selanjutnya sebelum menggunakan toilet umum adalah pastikan bahwa flush atau keran air berfungsi dengan baik. Sebelum masuk dan menutup pintu bilik toilet maka akan lebih baik jika anda mengecek apakah berfungsi. Jika tidak berfungsi bisa jadi akan menjadi kendala saat anda selesai menggunakannya namun anda tidak dapat menyiramnya. Tentu akan menjadi mimpi buruk untuk pengguna berikutnya. Selain itu juga akan menimbulkan aroma buruk saat berada di toilet. Jika tidak berfungsi dengan baik lebih baik anda pindah saja ke bilik lainnya yang keran air maupun flush berfungsi. Jangan pernah ragu untuk bertanya pada pengguna sebelumnya.
  • Hal penting lainnya jika menggunakan Wc umum adalah memastikan bahwa airnya cukup bersih dan juga tersedia gayung di dalam baknya. Sebisa mungkin jangan gunakan air yang sudah berada di dalam bak untuk memastikan kebersihannya. Nyalakan air dan  tampung air di dalam gayung sebelum anda menyiramnya maupun untuk membersihkan diri anda sebelum keluar dari toilet umum. Sebab tidak jarang justru penyakit yang berasal dari bakteri di dalam air yang terdapat di dalam air di bak. Tentu saja anda harus memastikan diri anda tidak terkena bahaya penyakit meskipun menggunakan toilet umum.

Selain hal-hal penting di atas, memang pengguna juga bisa membawa selalu cairan antiseptik maupun tisue steril untuk memastikan tubuh anda bersih dari bakteri atau kuman yang terdapat di dalam kamar mandi umum tersebut. Jangan sampai pula toilet yang anda gunakan tidak dapat disiram setelah digunakan karena macet. Apabila ternyata  toilet tersebut sulit untuk disiram itu artinya memiliki masalah di dalam toilet. Jika hal itu terjadi ada baiknya jika menggunakan jasa sedot wc malang yang memastikan masalah dengan toilet bisa teratasi dengan baik. Fasilitas toilet umum yang bersih memastikan bahwa pengunjung tidak tertular penyakit berbahaya saat sudah menggunakan toilet tersebut untuk memenuhi hajatnya sendiri. Jadi sudah tidak perlu ragu jika ingin menggunakan toilet umum sebab sudah mengetahui caranya.